Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Ilustrasi Obat Herbal Radang Tenggorokan Ilustrasi Obat Herbal Radang Tenggorokan

Apa Obat Herbal Radang Tenggorokan Terbaik?

Di musim pancaroba, beberapa penyakit memang kerap mengancam, mulai dari jenis penyakit yang tergolong skala ringan sampai yang bisa saja mematikan. Dan salah satu penyakit yang sudah pasti akrab di telinga Anda dalah radang tenggorokan.

Rasa nyeri pada area tenggorokan disertai gejala batuk, pilek dan demam memang dengan mudah menyerang Anda ketika udara mulai mudah berganti antara panas dan dingin disertai iklim kering khas karena hujan yang jarang muncul.

Kadang mereka yang mengalami keluhan radang tenggorokan merasa enggan menemui dokter dan memandang sepele keluhan ini sampai kondisi menjadi sangat berat dan akhirnya terpaksa mendapat perawatan intensif. Beberapa memilih menjalankan pengobatan dengan obat herbal radang tenggorokan untuk memberi pertolongan awal sebelum keluhan menjadi terlalu berat.

Memahami Radang Tenggorokan


Penyakit radang tenggorokan terjadi karena paparan virus atau bakteri. Gejalanya sedikit banyak menyerupai serangan flu biasa, seperti pilek, batuk, demam dan gejala nyeri sendi ringan. namun fokus serangan muncul pada rasa nyeri pada tenggorokan terutama ketika bicara dan menelan. Bila Anda lihat area tenggorokan akan menampakan rona kemerahan sampai muncul titik-titik putih untuk kondisi yang sudah berat.

Kadang penyakit ini juga membuat suara hilang atau suara serak berat karena adanya lapisan lendir tebal yang menutup tenggorokan termasuk area pita suara. Pada umumnya akan disertai pula dengan gejala pembengkakan amandel.

Biasanya dokter akan mengatasi penyakit dengan memberikan terapi obat anti biotik, obat anti peradangan ringan, sejenis obat flu serta obat anti nyeri dan demam seperti parasetamol. Kadang beberapa orang memilih mengkonsumsi permen khusus anti iritasi tenggorokan yang membantu melegakan rasa serak dan gatal efek iritasi ringan.

Hanya saja bila penyakit ini disebabkan oleh serangan virus, sebenarnya pengobatan dengan anti biotik tak akan mampu banyak membantu. Virus baru bisa diatasi secara natural dengan serangan dari dalam melalui imunitas yang terbentuk. Itu sebabnya kemudian beberapa kasus serangan radang tenggorokan bisa diatasi dengan cepat hanya dengan beberapa pengobatan sederhana menggunakan obat herbal radang tenggorokan.

Apa Saja Obat Herbal Radang Tenggorokan?


Beberapa obat herbal radang tenggorokan bisa dengan mudah Anda temukan dan bisa membantu meredakan gejala sekaligus membantu mengatasi serangan virus dengan cepat. Adapun obat herbal radang tenggorokan itu antara lain :

  • Teh Chamomile

    Efek teh chamomile yang hangat sekaligus bersifat menyejukan akan membantu memberi efek dingin pada tenggorokan sehingga mampu meringankan gejala nyeri dan gatal. Di sisi lain ada vitamin C dosis tinggi, efek anti biotik alami dan sifat peningkat daya tahan tubuh yang akan membantu meningkatkan kemampuan perlawanan terhadap virus penyebab radang.

  • Lemon Jahe dan Madu

    Rebus 4 ruas jahe dengan air 2 gelas sampai tersisa 1 gelas, peras jeruk lemon satu buah hingga habis dan masukan 2 sendok makan madu asli. Minum 2 kali sehari dengan dibagi menjadi dua porsi. Perpaduan efek hangat yang membantu melegakan tenggorokan, efek vitamin C dan senyawa asam dalam lemon yang membentuk perlawanan alami terhadap serangan virus dan bakteri serta efek madu yang membantu meningkatkan imunitas dan melegakan nyeri sendi akan membantu mengatasi keluhan radang tenggorokan lebih tuntas.

  • Noni Juice

    Buah mengkudu atau noni memang beraroma tajam, tetapi Noni juice yang Anda padukan dengan sedikit madu dan perasan jeruk nipis untuk menyamarkan aroma tak sedapnya akan membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh berkat perpaduan scolopetin dan vitamin C di dalamnya. Juga terdapat sifat anti radang, anti bakteri dan anti virus kuat yang baik untuk mempercepat penyembuhan.

  • Bawang Putih

    Potong bawang putih ukuran sedang menjadi potongan kecil-kecil lalu telan dengan air putih. Ulangi setidaknya 2 – 3 kali sehari. Dalam bawang putih terdapat senyawa minyak atsiri yang baik untuk meningkatkan daya perlawanan terhadap bakteri dan virus. Sifat anti radangnya sangat kuat sehingga dapat mempercepat penyembuhan keluhan radang tenggorokan 2 -3 kali lebih baik.

  • Air Garam

    Larutkan setengah sendok makan garam dalam 100 cc air hangat. Gunakan untuk berkumur, dan tekankan untuk memaparkannya pada bagian peradangan di area tenggorokan. Lakukan sesering mungkin dan lihat hasilnya setelah beberapa kali terapi. Air garam akan emmbantu mencairkan lendir yang melapisi tenggorokan, membantu meredakan gatal dan memacu peningkatan daya tahan tubuh.

  • Jeruk Nipis, Kecap dan Lada halus

    Ambil 2 sendok makan kecap, taburi dengan lada secukupnya dan berikan perasan ½ jeruk nipis. Lakukan berulang setidaknya 3 -4 kali sehari. Kecap memiliki khasiat sebagai anti inflamasi yang ampuh berpadu dengan lada yang panas akan membantu meredakan efek gatal dan panas pada tenggorokan. Jeruk nipis akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu mengangkat lapisan lendir yang melapisi tenggorokan.

  • Uap Minyak Kayu Putih dan Sirih

    Panaskan air dan masukan beberapa lembar daun sirih. Tambahkan minyak kayu putih murni ke dalam air setelah rampung dididihkan. Gunakan handuk untuk membantu membendung uap dan paparkan pada area mulut dan hidung. Penguapan ini bisa Anda kerjakan 2 kali. Sirih mengandung banyak anti biotik alami yang membantu meredakan serangan bakteri dan virus, sedang aroma kayu putih akan membantu melegakan tenggorokan.

  • Kencur

    Beberapa orang akan memilih cara mudah dengan mengunyah sebongkah kecil kencur beberapa kali dalam sehari. Kencur memiliki sifat anti biotic, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi lendir kental dan membantu melegakan tenggorokan. Kencur juga sangat efektif mengembalikan suara yang hilang dengan cepat karena radang tenggorokan.

Itu tadi 8 jenis obat herbal radang tenggorokan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi keluhan gatal, nyeri dan panas serta efek flu berat lain yang menyertai keluhan radang tenggorokan. Selama radang belum terlalu berat, Anda bisa mengatasi keluhan ini dengan lebih efektif.

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram