Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf layanan telepon tidak tersedia saat ini berhubung banyaknya permintaan. Terima kasih untuk pengertiannya.
Ilustrasi Obat Herbal Nyeri Haid Ilustrasi Obat Herbal Nyeri Haid

Apa Obat Herbal Nyeri Haid Terbaik?

Banyak wanita yang mengeluhkan nyeri haid ketika hari-hari awal mereka mengalami periode menstruasi. Kadang rasa nyeri bisa sangat mengganggu dan menyiksa, bahkan beberapa orang mengaku sampai pingsan lemas karena nyeri hebat yang mereka rasakan.

Adakah obat herbal nyeri haid yang mampu mengatasi keluhan ini dengan manjur? Bisakah kondisi ini dihindari? Itulah yang banyak menjadi pertanyaan para wanita. Mengingat kebanyakan penderita nyeri haid hanya mengatasi rasa nyeri yang mereka rasakan dengan obat anti nyeri macam parasetamol, antalgin, asam mefenamat atau ponstan dan ibuprofen.

Yang menjadi masalah semua obat anti nyeri ini sebenarnya bukan obat yang bebas resiko. Obat-obatan tersebut memiliki nilai residu yang relatif tinggi dan berbahaya. Penggunaan dalam dosis berlebihan dan dengan kontinuitas tinggi akan sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati. Bukankah lebih baik mengatasinya dengan bahan herbal yang alami dan natural ketimbang dengan obat medis yang beresiko untuk jangka panjang?

Namun sebelum bisa memahami lebih baik apa obat herbal nyeri haid yang manjur, sebaiknya kita memahami terlebih dulu kenapa seorang wanita harus mengalami serangan nyeri haid dan apa penyebabnya. Pemahaman ini akan memudahkan Anda memahami bagaimana mengatasi keluhan dengan jitu.

Memahami Lebih Baik Penyebab Nyeri Haid


Pada dasarnya, nyeri haid kala menstruasi berasal dari kontraksi pada dinding rahim karena proses peluruhan dinding endometrium alias dinding berlapis darah. Kontraksi ini diperlukan untuk membantu dinding ini lebih cepat luruh dan mengalir keluar berbentuk darah haid.

Secara alami, rahim akan melapisi dindingnya dengan sel dinding khusus bernama endometrium. Sel ini menjadi tempat perlekatan sel telur yang sudah dibuahi dan memiliki kemampuan mengalirkan sari makanan dan oksigen ke arah sel telur yang melekat. Setelah masa subur terlewati, otomatis sel endometrium ini akan luruh dalam darah haid. Dan proses pelepasan inilah yang kadang membutuhkan kontraksi rahim yang menyakitkan.

Pada wanita muda yang baru datang bulan, rasa nyeri yang muncul bisa lebih hebat. Ini karena rahim wanita pada usia ini cenderung lebih kecil bila Anda bandingkan dengan ukuran rahim wanita yang sudah pernah hamil. Hal ini dijelaskan oleh seorang pakar ginekologi internasional dr Vannesa Cullins dari Planned Parenthood Federation of America.

Biasanya rasa nyeri menimbulkan rasa seolah otot perut berdenyut disertai linu hebat di area panggul. Kadang kontraksi sendiri menimbulkan kram perut yang cukup menyiksa karena aliran darah menuju dinding rahim terganggu. Ketika aliran darah tidak lancar, maka otot mengalami ketegangan yang membuat otot rahim dan penyangga rahim menjadi tegang.

Sejauh gejala nyeri haid masih dalam skala demikian, sebenarnya tak ada yang perlu Anda khawatirkan. Biasanya keluhan akan hilang atau setidaknya berkurang ketika seorang wanita sudah pernah mengalami kehamilan.

Namun bila rasa sakit menjadi sangat hebat, tak teratasi bahkan kadang masih bisa muncul sementara Anda sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri bisa jadi Anda mengalami masalah kandungan seperti kista atau miom. Kadang rasa nyeri juga bisa muncul sepanjang masa haid dan ini juga tanda sitasu tidak normal yang harus Anda waspadai.

Obat Herbal Nyeri Haid

untuk Mengendalikan Nyeri Haid


Anda bisa meredakan nyeri haid dengan obat anti nyeri sebagaimana kami sampaikan di atas. Bila kondisi nyeri haid yang Anda alami dalam skala normal, seharusnya semua jenis obat pereda nyeri tersebut akan cukup manjur mengatasinya. Meski sebenarnya kurang disarankan mengkonsumsinya dalam jangka panjang karena beresiko terhadap hati dan ginjal.

Namun Anda juga bisa meredakan nyeri haid ini dengan beberapa terapi obat herbal nyeri haid. Dan beberapa obat herbal nyeri haid tersebut antara lain :

  • Ramuan kunyit
    Kandungan curcuminoid dalam kunyit memang cukup efektif dalam mengangkat sel-sel asing dalam tubuh sekaligus sebagai detoksifikasi. Sifatnya yang demikian aktif bahkan membuat kunyit akan menyerap habis kandungan dari obat medis, sehingga sebaiknya tidak Anda konsumsi bersamaan dengan obat medis apapun. Namun dengan mengkonsumsi air rebusan kunyit, peluruhan dinding andometrium menjadi lebih mudah dan bersih. Ini membuat dinding rahim tidak terlalu perlu berkontraksi sehingga membuat Anda tak perlu merasakan nyeri haid.
  • Noni juice
    Buah noni atau mengkudu mengandung banyak sifat anti kanker dan anti toksin seperti flavonoid dan xeronyne dengan sifat keaktifan yang berbeda tipis dari kunyit. Keunggulannya, justru karena dalam buah noni terdapat sifat astringent yang baik meredakan efek panas dalam perut karena kontraksi rahim. Selain itu sifat anti inflamasinya yang aktif juga membantu meredakan nyeri, sehingga rasa nyeri yang tersisa dari kontraksi yang sudah tidak berat itu bisa sepenuhnya bisa lenyap.
  • Air asam jawa
    Dalam air rebusan asam jawa terdapat kandungan potassium yang tinggi, potassium ini sangat baik untuk membantu mempercepat peluruhan sel endometrium dan membantu meredakan kontraksi pada otot rahim. Asam jawa juga memberi efek astringent yang baik untuk meredakan efek panas dalam perut selama masa haid.
  • Juice berry
    Beberapa jenis berry seperti strawberry, raspberry dan blueberry memiliki kandungan potassium, selenium, vitamin C dan anti oksidan yang sangat tinggi. Perpaduan bahan ini sangat baik untuk mempercepat proses peluruhan sel endometrium pada dinding rahim dan membantu meredakan ketegangan otot pada rahim pada masa haid.

Itulah empat macam obat herbal nyeri haid yang bisa membantu Anda mengatasi keluhan nyeri haid sekaligus membantu melancarkan haid. Obat herbal nyeri haid ini rendah residu dan tidak memberi efek samping selama dikonsumsi sewajarnya. Bahkan obat herbal nyeri haid ini akan membantu Anda mengurangi resiko tumbuhnya kista dan miom hingga kanker pada dinding rahim.

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram