Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Ilustrasi Obat Herbal Kurap Ilustrasi Obat Herbal Kurap

Apa Obat Herbal Kurap Terbaik?

Penyakit kurap adalah satu dari empat jenis penakit kulit umum yang disebabkan oleh serangan infeksi jamur. Khusus untuk kurap, jenis jamuryang biasa menjadi penyebab adalah jenis Trichophyton atau Epidermophyton.

Bagaimana seseorang bisa terjangkit penyakit kurap? Bagaimana mengenalinya dan bagaimana mengatasinya dengan cara yang mudah di rumah, seperti dengan obat herbal kurap? Beberapa pertanyaan di atas akan kami ungkap dalam pembahasan kali ini. Di sini kami akan menguak lebih dalam soal kurap dan cara sederhana dan alami untuk mengatasinya.

Penyakit kurap biasanya terjangkit pada seseorang karena kontak fisik. Ketika terjadi interaksi langsung kulit yang terinfeksi kurap dengan kulit yang sehat. Kadang kurap juga bisa muncul pada binatang dan akan menular begitu tersentuh pada kulit manusia yang sehat.

Namun beberapa interaksi dengan perantara seperti menggunakan handuk yang sama, mengenakan pakaian bekas seseorang yang sudah terkontaminasi jamur penyebab kurap dan hal-hal serupa dengannya bisa pula menjadi penyebab penularan. Pasalnya semua hal yang sudah tersentuh langsung dengan infeksi otomatis sudah terkontaminasi dengan jamur dan kadang tak sepenuhnya hilang walau sudah dicuci.

Kadang ketika kondisi tubuh sedang sehat dan daya tahan tubuh cukup baik untuk melakukan perlawanan terhadap serangan jamur, kontak dengan jamur Trichophyton atau Epidermophyton tak selalu mampu menciptakan kondisi kurap.

Pada beberapa kasus juga dikatakan mereka dengan kondisi gula darah yang relatif tinggi juga lebih mudah mengalami kurap dan penyakit kulit lain seperti kadas atau panu. Ada pula beberapa asumsi klinis mengenai kerentanan golongan darah O terhadap keluhan kurap, kadas dan kutu air.

Mengenali Awal Munculnya Kurap


Lalu bagaimana beda kurap dengan berbagai keluhan penyakit kulit lain? Sebenarnya relatif mudah karena pada kenyataannya setiap jenis penyakit kulit memiliki karakter dan bentuk infeksi yang berbeda, termasuk pula bentuk infeksi kurap..

Khusus untuk kurap, bentuk infeksi menyerupai ruam kemerahan seperti lingkaran berbentuk acak dengan tepi cincin kemerahan yang merona. Kadang ruam membentuk sedikit penebalan, terutama bila sudah semakin memberat. Ruam menimbulkan rasa gatal sekaligus panas, sehingga mendorong penderitanya untuk terus menggaruk.

Tidak banyak disadari justru dengan proses garukan inilah jamur menyebar dan infeksi meluas. Bahkan sisa jamur bisa tersisa pada kuku di tangan, menginfeksi jaringan kulit di bawah kuku atau menyebarkan jamur pada area lain yang sempat tersentuh oleh kuku.

Ketika kurap mulai menginfeksi kuku, kuku akan tampak menebal dengan rona merah dan kesan sedikit keriput pada kulit dalam kuku. Serangan kurap akan memudahkan kuku lepas dan mengelupas. Menyisakan ruam yang bisa berakhir menjadi koreng.

Bila kurap tak cepat diatasi, kadang kurap akan menimbulkan pembengkakan jaringan sekitar cincin dengan munculnya lentingan-lentingan pada area cincin yang berisi air. Bila sudah cukup berat, air ini bisa berubah menjadi nanah yang beroma tajam.

Kurap bisa muncul di banyak tempat, tetapi lebih sering muncul pada area kulit terbuka di dekat tangan dan kaki, lipatan dan lokasi tersembunyi seperti pada kisaran ketiak, selangkangan, lipatan paha sampai lipatan payudara. Interaksi lipatan yang lembab dan kadang berkeringat dengan infeksi kurap akan menimbulkan infeksi yang lebih berat.

Obat Herbal Kurap yang Mujarab


Biasanya secara medis kurap diatasi dengan obat oles anti jamur yang dipadukan dengan obat anti jamur minum. Dengan perpaduan obat tersebut, jamur akan menipis dan mongering sampai akhirnya hilang sepenuhnya.

Cara lain adalah dengan oba herbal kurap dengan memanfaatkan aneka jenis bahan herbal yang leboh alami dan bebas efek samping. Apa saja obat herbal kurap yang mujarab dan terbukti berkhasiat?

  • Daun tembakau

    Rebus sekilas daun tembakau muda dan tumbuk halus daun tembakau muda tersebut untuk kemudian Anda ambil sari nya dengan cara diperas. Oleskan sari daun tembakau muda ini ke area yang terserang infeksi kurap dan diamkan sampai mongering. Lakukan berulang sampai kurap mengering.

  • Garam dan Cuka

    Campur setengah sendok teh garam bersama 2 sendok makan cuka beras. Aduk merata dan oleskan campuran ini pada infeksi kurap pada kulit. Lalu biarkan area yang terinfeksi ini terbuka dan jangan terlipat atau lembab untuk sementara. Lakukan berulang setidaknya 2 kali sehari untuk bisa membuat kurap kering dan jamur hilang sepenuhnya.

  • Lengkuas

    Memarkan 3 ruas besar lengkuas, memarkan sampai cukup pipih dan rebus dalam air sebanyak 200 cc sampai air tersisa separuh. Dinginkan dan oleskan pada area yang terserang infeksi kurap dan keringkan dengan memastikan infeksi tetap terbuka dan tidak terlipat. Lakukan berulang 3 kali sehari untuk membantu mematikan jaringan jamur pada infeksi.

  • Sereh

    Ambil 2 batang daun sereh segar dan memarkan sampai cukup pipih. Rebus dalam air sebanyak 400 cc sampai tersisa 100 cc. Lalu oleskan area terinfeksi tersebut dengan air rebusan dan diamkan sampai mongering. Lakukan berulang setidaknya 2 – 3 kali sehari, dan lihat bagaimana kurap akan mongering setelah terapi rutin beberapa hari.

  • Bawang putih

    Haluskan bawang putih dan ambil getah atau sarinya lalu oleskan pada area yang terinfeksi jamur. Lakukan berulang 2 kali sehari. Hanya gunakan air sarinya saja karena daging bawang putih akan sangat perih dan bisa menyebabkan inflamasibila Anda berikan secara langsung.

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari 5 obat herbal kurap di atas, Anda bisa tambahkan minuman juice buah yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dan salah satu juice yang direkomendasikan adalah Noni juice.

Noni juiceadalah pilihan terbaik pendamping obat herbal kurap untuk membantu meningkatkan daya lawan tubuh terhadap serangan jamur dari dalam tubuh dan membantu meredakan inflamasidari dalam dengan khasiat senyawa di dalamnya seperti flavonoid, xeronyne, scolopetin dan terpenoid.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register