Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Keputihan Obat Herbal Keputihan

Apa Obat Herbal Keputihan Terbaik?

Keputihan adalah kondisi dimana saluran lubang vagina mengeluarkan cairan dengan warna bening hingga putih yang melapisi dinding vagina. Biasanya kemunculannya bukan karena penyakit tetapi sebagai reaksi tubuh terhadap serangan benda asing atau masalah pada area vagina dan rahim.

Pada artikel kali ini akan mengulas mengenai keputihan, melihat beberapa faktor penyebabnya dan beberapa teknik untuk mengatasinya, terutama dari sisi alternatif tradisional dengan obat herbal keputihan.

Karena terbukti hampir seluruh wanita pernah mengalami keputihan dalam hidupnya, baik dalam skala ringan dan datang secara periodik saja sampai yang muncul dalam porsi berat. Bahkan kadang ibu hamil juga mengalami masalah keputihan ini.

Memahami Keputihan Lebih Dalam


Sebenarnya keputihan tak ubahnya dengan reaksi kelenjar di area tenggorokan yang memproduksi lendir ketika terjadi serangan flu atau peradangantenggorokan. Lendir pada lubang vagina ini memiliki fungsi perlindungan yang sama dengan lendir di area tenggorokan. Keduanya merupakan produksi sistem imunitas tubuh untuk melawan benda asing dan peradangan.

Keputihan ini bentuk perlawanan terhadap kerusakan sel dan serangan bakteri. Biasanya berawal dari warna bening dan karena bercampur dengan materi sel mati dan bakteri non aktif, maka warnanya berubah sesuai dengan kandungannya. Kadang bisa menjadi sangat keruh, menjadi putih susu, kekuningan, kecoklatan, sampai kehijauan tergantung patogen yang terkandung di dalamnya.

Bila keputihan muncul dalam warna bening keputihan, beraroma tidak tajam, dan tanpa rasa gatal atau perih, sebenarnya itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Cukup tingkatkan kebersihan supaya tidak ada endapan keputihan dalam area bibir vagina.

Namun ketika lendir ini berwana aneh seperti keruh, kecoklatan, mengandung darah, hijau atau kekuningan, mengeluarkan aroma tajam, berbuih atau juga terasa gatal dan perih, sebaiknya Anda periksa ke dokter sesegera mungkin. Ada kemungkinan keputihan ini sudah terkontaminasi patogen berbahaya yang menandakan adanya infeksi pada area genital. Atau terjadi masalah dalam rahim seperti kista, endometriosis, miom, bahkan kanker.

Beberapa faktor penyebab keputihan antara lain adalah :

  • Infeksi bakteri
    Pada dasarnya memang terdapat bakteri khusus di vagina yang menjaga tingkat keasaman vagina. Namun kadang jumlah biota dalam vagina tidak berimbang sehingga memicu infeksi dan akhirnya terjadi keputihan.
  • Penyakit herpes
    Herpes bisa menyerang area genital dan kadang muncul tidak hanya pada sisi luar vagina tetapi juga pada area dalam vagina. Dan ketika ini terjadi maka otomatis vagina akan melapisi dirinya dengan lapisan lendir kental yang bercampur dengan virus dan sel lapisan dinding yang rusak.
  • Terserang penyakit menular
    Bakteri dan virus bisa saja muncul dari serangan luar, ketika masuk bakteri, virus dan parasit yang berasal dari luar dan menyerang pertahanan area vagina. Keputihan parah bisa terjadi dan semakin buruk apabila kuman ini sudah menginfeksi kawasan vagina dan menyerang area dalam rahim. Serangan HPV, penyakit Ghonorhoe, sampai munculnya ragi pada area vagina juga bisa memicu munculnya keputihan abnormal.
  • Penggunaan alat kontrasepsi
    Bila Anda menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD, kadang vagina Anda akan lebih mudah mengalami keputihan karena reaksi alami tubuh terhadap munculnya benda asing pada area vagina.
  • Masalah hormonal
    Ketidakseimbangan hormonal dimana kadar testosteron tubuh melebihi seharusnya, juga bisa memicu keputihan. Ini merupakan efek dari tingginya kadar asam dalam area lubang vagina karena hormon.

Mengatasi Keputihan dengan Obat Herbal Keputihan


Secara umum, dokter akan meresepkan obat antibiotik dan antitoksin khusus untuk mengatasi ketidakseimbangan pada area vagina yang menyebabkan munculnya keputihan. Beberapa kadang disertai obat oral khusus yang berfungsi membantu mengelupas sel-sel kulit mati dalam area vagina serta mengangkat bakteri dan jamursecara oral.

Ini karena 70% keluhan keputihan muncul dari masalah serangan bakteri dan jamuryang menganggu keseimbangan keasaman dari lubang vagina. Kadang beberapa bakteri dan jamur juga melepas sejenis senyawa yang memberi efek racun terhadap vagina.

Namun secara tradisional, terdapat beberapa cara untuk mengatasi keluhan keputihan dengan beberapa obat herbal keputihan berikut.

  • Kunyit
    Baik itu kunyitkuning, kunyit putih, dan kunyit temu mangga, ketiganya memiliki manfaat serupa untuk mengatasi keluhan keputihan berkat kandungan senyawa aktifnya dalam mengatasi keputihan. Senyawa berupa curcuminoid yang memiliki khasiat baik termasuk dalam mengatasi sekresi berlebihan lendir pada area vagina, mengembalikan kembali keseimbangan alkali area vagina dan menjadi antibiotik alami yang mencegah pertumbuhan biota yang tidak normal pada lubang vagina.
  • Daun Sirih
    Sifat uniknya sebagai antibiotik alami memang terbukti ampuh mengatasi ketidak normalan pertumbuhan biota dalam area vagina. Sifat senyawa kavikol dan seskuiterpen memiliki kemampuan antioksidan yang baik mengatasi ketidaknormalan kimiawi dalam area vagina juga mengembalikan produksi lendir pada porsi wajar.
  • Akar bayam
    Ternyata ada kandungan antibakteri unik dalam akar bayam. Antibakteri ini sangat ampuh untuk mengatasi keluhan keputihan, mengembalikan keseimbangan biota dan keasaman dalam lubang vagina. Akar bayam juga baik untuk mengatasi ketidakseimbangan hormonal.
  • Bawang putih
    Meski kadang bisa menimbulkan rasa perih bila kondisi area vagina sudah terinfeksi dalam taraf berat, tetapi bawang putih mengandung minyak atsiri dan senyawa saltivine sangat ampuh mengembalikan keseimbangan biota dan keasaman dalam vagina dan menormalkan produksi lendir.
  • Noni juice
    Meminum Noni juicesecara rutin akan membantu menyerap racun dalam tubuh, termasuk pada area genital. Juga membantu mengembalikan keseimbangan biota area genital. Meminum herbal ini secara rutin akan sangat ampuh mengatasi keputihan secara bertahap. Buah Noni juga baik untuk mengembalikan keseimbangan hormonal.

Inilah beberapa obat herbal keputihan yang bisa Anda jajal untuk mengatasi keputihan yang Anda alami. Sertai dengan meningkatkan kebersihan di area genital dan meningkatkan konsumsi sayuran untuk mengatasi ketidakseimbangan hormonal.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register