Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Gondok Obat Herbal Gondok

Apa Obat Herbal Gondok Terbaik?

Meski harus diakui penyakit Gondok bukan lagi penyakit umum yang banyak di derita masyarakat modern, tak lantas bisa dianggap kini kita sudah sepenuhnya terbebas dari penyakit yang menyerang area leher ini. Tak banyak informasi terkait penyakit ini sehingga kebanyakan pasien tidak tahu pasti bagaimana mengatasi penyakit ini, termasuk bagaimana menemukan obat herbal Gondok sebagai alternatif terbaik keluhan ini.

Pada sebagian kasus, malah ditemukan penyakit gondok menyisakan efek pembesaran yang permanen pada area leher. Tentu saja keluhan ini akan menganggu penampilan pasien untuk jangka panjang. Belum lagi dengan efek-efek negatif yang bisa muncul dari sisi kesehatan bagi pasien dengan penyakit Gondok.

Apa Sebenarnya Penyebab Penyakit Gondok?


Penyakit Gondok adalah sejenis penyakit dengan gejala utama berupa pembengkakan di area leher.  Sebenarnya pemicu utama dari penyakit Gondok adalah pembesaran pada area kelenjar tiroid. Yakni kelenjar yang memproduksi dua hormon penting bagi tubuh, hormon Tiroksin dan triodotironin. Kedua hormon yang secara awam hanya dikenal dengan nama hormon tiroid ini memiliki peran besar terhadap kondisi metabolisme, pembakaran lemak menjadi energi dan masalah imunitas.

Penyakit gondok memiliki kaitan erat dengan produksi hormon tiroid, meski tidak sepenuhnya selalu berasal dari ketidaknormalan produksi hormon tiroid. Menurut Mayo Clinic terdapat beberapa faktor utama yang menjadi penyebab penyakit Gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid. Dan faktor-faktor penyebab itu adalah:

  • Kekurangan Asupan Yodium
    Yodium adalah sejenis mineral yang bisa Anda dapatkan dari garam laut. Dalam jumlah terbatas, kelenjar tiroid membutuhkan asupan yodium paling banyak, karena yodium menjadi semacam bahan baku bagi kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon tiroid. Ketika tubuh kekurangan asupan yodium, maka kelenjar akan memperbesar ukurannya untuk memaksimalkan kemampuannya menyerap yodium dalam darah dan pembesaran ini akan berakibat permanen dalam jangka panjang.
  • Masalah produksi hormon tiroid
    Karena kondisi abnormal, kelenjar tiroid bisa memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.  Kelebihan hormon akan membuat kelenjar tiroid mengembang, merusak elastisitas sel hingga ukurannya melar. Kondisi kekurangan produksi hormon juga bisa mendorong kelenjar membengkak dan menciptakan masalah serupa.
  • Munculnya nodul pada kelenjar tiroid
    Nodul sebenarnya sejenis benjolan pada kelenjar. Dalam kondisi ringan, nodul adalah pembengkakan kecil akibat efek reaksi imun yang bisa hilang dengan segera. Namun kadang nodul bisa bertahan lama, bahkan pada kasus lebih berat akan berubah menjadi sekumpulan nodul atau malah menjelma menjadi tumor.
  • Peradangan
    Khusus kasus satu ini lebih terkait dengan penyakit gondong. Ketika kelenjar tiroid terserang sejenis virus yang menyebabkan terjadinya infeksi pada area kelenjar dan tonsil sehingga membuat kelenjar membengkak.

Ketika Penyakit Gondok Menyerang Anda

Penyakit satu ini memang kerap menimbulkan masalah yang cukup kompleks. Tak hanya masalah pembengkakan ini akan merusak penampilan Anda secara fisik. Tetapi karena penyakit pembengkakan ini bisa memicu beragam keluhan dan ketidakstabilan bagi kesehatan Anda. Setidaknya, pembengkakan yang besar bisa menyebabkan pita suara, area tenggorokan, dan kerongkongan Anda tersumbat. Anda bisa jadi susah bicara, menelan, dan bernafas.

Ketika Anda mengalami pembengkakan kelenjar karena masalah hormonal, maka jelas Anda akan merasakan efek yang cukup signifikan pada kondisi metabolisme dan imunitas. Hormon tiroid yang terlalu rendah akan membuat tubuh Anda kurang aktif, terlihat lesu, dan kadang menyebabkan kegemukan serta diabetes. Sedangkan pada kondisi hormon tiroid yang terlalu tinggi, maka tubuh Anda jadi terlalu aktif, gelisah, dan pada kondisi berat bisa memicu munculnya penyakit jantung.

Apakah Obat Herbal Gondok Yang Tepat?


Untuk menemukan cara menyembuhkan Gondok, Anda memerlukan bahan yang memiliki sifat meredakan peradangan, karena biasanya efek dari pembengkakan pada jaringan halus adalah munculnya gurat luka halus yang bila dibiarkan akan menciptakan kerusakan permanen pada sel. Akan lebih baik lagi bila di dalamnya terdapat kandungan antibiotik alami.

Tetapi sebelum itu, Anda butuh bahan bersifat antioksidan aktif yang mampu meredakan masalah toksinitas yang kerap menjadi sumber masalah timbulnya situasi abnormal pada tubuh. Termasuk masalah ketidaknormalan kelenjar pituitari, ketidaknormalan pertumbuhan sel pada kelenjar tiroid yang memicu munculnya nodul sampai tumor.

Dan bicara soal obat herbal Gondok yang sesuai dengan kriteria di atas, Anda bisa mencoba menilik salah satu tanaman khas dari tanah Asia, yakni Mengkudu atau buah Noni. Buah dengan bentuk khas disertai rasa dan aroma yang boleh dikatakan tidak menarik.

Meski aroma tajamnya cukup mengganggu, ternyata ada sederet kandungan dalam buah Noni yang sesuai dengan kriteria obat herbal Gondok di atas. Beberapa kandungan khas Noni yang masuk kriteria di atas antara lain.

  • Terpenoid
    Sejenis senyawa khusus yang terdapat dalam buah Noni. Yang istimewa dari senyawa unik ini adalah kemampuannya dalam menormalkan sel-sel dalam tubuh. Efeknya sangat signifikan terhadap sel abnormal dan kondisi hormonal yang tidak berjalan sebagaimana fungsinya.
  • Scolopetin
    Senyawa lain dalam Noni yang efektif meredakan peradangan, menurunkan masalah infeksi dan antibiotik alami.
  • Xeronine
    Senyawa antioksidan aktif yang sangat efektif menormalkan sel tubuh, mengembalikan imunitas dan berfungsi sebagai anti kanker.

Dari beberapa senyawa di atas, Anda bisa melihat bahwa ternyata tidak sulit kan menemukan obat herbal Gondok dari alam, bukan? Karena buah alami yang biasa tumbuh di sekitar rumah juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal Gondok yang mujarab.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register