Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Bisul Obat Herbal Bisul

Apa Obat Herbal Bisul Terbaik?

Obat herbal bisul termasuk jenis alternatif yang banyak dicari, mengingat banyak orang sering mengalami bisulan. Ini sebenarnya penyakit ringan dengan bentuk seperti luka membengkak berwarna ruam merah dan puncak berbentuk runcing bernanah.

Bisul bisa menimbulkan rasa nyeri disertai demam yang mengganggu. Jadi wajar saja kalau orang bersedia melakukan pengobatan apapun asalkan bisa menyingkirkan bisul dari kulit mereka. Apalagi beberapa orang bisa mengalami bisul di beberapa tempat sekaligus.

Untuk itulah pada kesempatan ini kita akan diulas mengenai bisul dan obat herbal bisul sebagai cara alternatif yang efektif mengobati bisul. Artikel ini pun menilik lebih dalam mengenai penyebab bisul dan alasan kenapa penyakit ini selalu muncul.

Mengenal Bisul Lebih Dalam


Bisul sebenarnya adalah akibat infeksi bakteri pada pori-pori kulit yang kotor. Cara kerjanya menyerupai pembentukan jerawat—ketika pori-pori tubuh tersumbat kotoran lalu masuk bakteri Staphylococcus aureus ke dalam pori-pori dan menginfeksi di dalamnya.

Efek dari infeksi ini adalah pembengkakan permukaan kulit akibat pembesaran kelenjar keringat. Kemudian tubuh dengan cepat mengirimkan banyak sel darah putihke tempat infeksi itu. Namun karena ada interaksi antara bakteri dan sel darah putih, terbentuklah nanah yang menumpuk di area bisul dan membuat bisul semakin keras sehingga akhirnya membentuk “mata”.

Biasanya masalah bisul rampung ketika mata nanah ini pecah. Peradanganakan mengering seiring waktu tepat setelah mata pecah. Hanya saja kalau pada periode ini Anda salah dalam perawatan, bisa jadi malah bakteri menyebar ke sisi lain kulit dan menimbulkan bisul baru.

Di sisi lain, mereka yang terlalu banyak makan protein akan lebih mudah terkena bisul. Protein mudah membentuk residu yang memicu darah terkontaminasi oleh residu atau toksin, selain menyebabkan darah mengental karena terlalu banyak muatan.

Akhirnya aliran darah ke kulit jadi tidak lancar, ditambah lagi toksin yang menganggu kesehatan kulit termasuk imunitas di permukaan kulit. Itu sebabnya kadang mereka yang sering bisulan disebut memiliki darah kotor. Ini adalah istilah awam untuk darah yang mengandung banyak toksin.

Di sisi lain, mereka yang kerap mengalami bisul juga bisa mengalami gangguan pada kadar gula dalam darahnya. Masalah diabetesakan membuat darah juga mengental sehingga sulit mensuplai setiap bagian tubuh hingga merata. Juga adanya penurunan imunitas yang tajam termasuk di permukaan kulit.

Sementara itu, selain masalah gula dan protein, rupanya toksin dan pengentalan darah juga bisa muncul karena adanya penurunan fungsi dari saluran pembuangan seperti pada pencernaan dan pada area hati dan ginjal.

Jadi ada beberapa masalah yang mungkin muncul sebagai latar belakang munculnya bisul selain sekadar kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Karena memang sampai sekarang kasus tertinggi dari penderita bisul adalah mereka yang kerap beraktivitas dan hidup dalam lingkungan kotor.

Cara Mengatasi Bisul dengan Obat Herbal Bisul


Pada dasarnya, untuk mengatasi bisul tersedia obat salep yang dioleskan pada area bisul untuk mendorong bisul cepat matang dan mengering. Pengobatan ini akan membantu mempercepat penyembuhan setidaknya 2 kali lipat, karena pada dasarnya bisul bisa sembuh tanpa perlu Anda obati meski bisa memakan waktu sampai 2 minggu.

Kebanyakan orang memang memilih mendiamkan bisul sampai bermata dan memencetnya. Padahal justru air yang keluar dari dalam bisul ini mengandung banyak bakteri berbahaya yang menyebabkan munculnya bisul baru. Cara terbaik ialah diobati hingga mengering dan akhirnya layu.

Ada cara-cara tradisional untuk membantu Anda mengatasi ini. Secara tradisional juga terdapat beberapa obat herbal bisul yang dikenal sangat manjur mengatasi bisul secara oral. Dan beberapa obat herbal bisul yang berasal dari bahan alami antara lain :

  • Dengan daun cabe
    Cukup ambil sedikit daun cabe, tumbuk halus dan ambil airnya. Gunakan air untuk dioleskan pada area bisul sesering mungkin sampai bisul mengering.
  • Dengan daun asam jawadan kunyit
    Tumbuk halus 1 daun asam jawadan ½ ruas kunyit, oleskan ramuan pada area bisul secara rutin dan balut dengan kain kassa. Ulangi sampai bisul kering.
  • Dengan biji bunga matahari
    Biji bunga mataharibasah disangrai sampai kering, lalu tumbuk bersama minyak wijen. Oleskan tumbukan itu pada area bisul. Anda bisa menutupnya dengan kassa bila khawatir bisul menjadi kotor. Lakukan beberapa kali sampai bisul kering.
  • Daun belimbingmanis
    Daun belimbingmanis ditumbuk halus bersama air cucian beras pertama (bisa pula dengan tajin cair), lalu oleskan pada area bisul. Biarkan mengering sebelum beraktivitas.
  • Dengan daun sirih
    Daun sirihmuda ditumbuk halus lalu peras airnya dan teteskan pada area bisul setiap beberapa jam sekali. Lihat dalam satu hari efeknya terhadap bisul.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, kadang bisul muncul bukan sekadar karena masalah kebersihan lingkungan dan kulit, tetapi juga karena tumpukan toksin dalam darah. Untuk itu, Anda pun harus memperhatikan kondisi kesehatan dan kebersihan bagian dalam tubuh.

Salah satu cara terbaik merawat kebersihan dan kesehatan ialah dengan meminum Noni juiceyang mengandung senyawa antioksidan tinggi seperti flavonoid dan xeronine. Keduanya ampuh membersihkan darah dan organ tubuh dari toksin. Terdapat pula sifat diuretik dan pelancar pencernaan yang baik untuk mengatasi masalah pembuangan kotoran tubuh.

Terdapat kandungan alkanoid yang baik untuk membantu menurunkan intensitas gula serta menetralkan asam basa dalam darah sehingga baik untuk kulit. Juga terdapat sifat anti radang dan anti bakteri yang aktif membantu menurunkan peradangan.

Jadi untuk hasil optimal dalam pengobatan bisul, tambahkan Noni juicesebagai obat herbal bisul Anda. Dan Anda pun bisa menuntaskan pengobatan bisul sampai ke akar masalahnya sekaligus mencegah bisul muncul kembali.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register