Apa Obat Herbal Bell’s Palsy Terbaik?


By Cindy Wijaya

Penyakit Bell’s Palsy mungkin tak asing lagi bagi Anda. Belakangan memang beberapa figure public diberitakan mengidap penyakit ini dan banyak diberitakan di berbagai tayangan layar kaca. Tetapi mungkin namanya yang berbeda membuat begitu banyak tanda tanya mengenai penyakit yang kerap disalah artikan dengan stroke ini. Termasuk pertanyaan mengenai adakah obat herbal Bell’s palsy yang bisa Anda jadikan solusi alternatif?

Apa Itu Bell’s Palsy?

Bell’s palsy adalah masalah kelumpuhan sementara pada otot-otot wajah. Masalah ini diduga berkaitan dengan kerusakan saraf dan bisa diatasi dengan pengobatan medis maupun pengobatan alternatif, seperti dengan obat herbal Bell’s palsy. Sering kali masalah ini dapat membaik dengan sendirinya, tetapi pengobatan dapat membantu gejala-gejalanya hilang lebih cepat.

Seperti Apa Gejala-Gejala Bell’s Palsy?

Gejala-gejala biasanya muncul tiba-tiba dan mencapai puncaknya sekitar 48 jam setelah mereka muncul. Sering kali hanya satu sisi wajah yang lumpuh.

Tingkat keparahan kondisinya dapat bervariasi, mulai dari kelemahan otot yang ringan hingga kelumpuhan total. Berikut adalah sejumlah gejala umum dari Bell’s palsy:

  • Kelemahan ringan hingga kelumpuhan total di satu sisi wajah, terjadi dalam beberapa jam hingga beberapa hari.
  • Wajah terkulai dan kesulitan membubat ekspresi wajah, misalnya menutup mata atau tersenyum.
  • Mengeluarkan air liur.
  • Menjadi lebih sensitif terhadap suara di sisi yang terkena.
  • Sakit kepala.
  • Kehilangan rasa.
  • Perubahan jumlah air mata dan air liur yang dihasilkan.

Meski kebanyakan hanya memengaruhi satu sisi wajah, Bell’s palsy kadang juga dapat memengaruhi saraf di kedua sisi wajah.

Sebaiknya Segera ke Dokter Jika…

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami kelumpuhan apapun, karena bisa jadi itu tanda-tanda stroke. Bell’s palsy tidak disebabkan oleh stroke, tetapi memiliki gejala yang mirip.

Sebaiknya periksa ke dokter jika Anda mengalami kelemahan di wajah atau wajah terkulai untuk memastikan penyebabnya dan seberapa parah masalahnya.

Apa Penyebab Bell’s Palsy?

Bell’s palsy sering dikaitkan dengan infeksi virus, meski penyebab pastinya belum diketahui. Virus yang telah dikaitkan dengan Bell’s palsu antara lain virus yang menyebabkan:

  • Herpes di mulut, kulit, dan alat kelamin (herpes simpleks)
  • Cacar air dan cacar ular (herpes zoster)
  • Demam kelenjar (Epstein-Barr)
  • Infeksi sitomegalovirus
  • Penyakit pernapasan (adenovirus)
  • Campak Jerman (rubela)
  • Gondongan (virus gondongan)
  • Flu (influenza B)
  • Penyakit kaki, tangan dan mulut (virus Coxsackie)

Saraf yang mengontrol otot-otot wajah Anda melewati lorong sempit tulang dalam perjalanannya ke wajah. Pada Bell’s palsy, saraf itu mengalami peradangan dan bengkak—biasanya terkait dengan infeksi virus. Selain otot wajah, saraf itu juga memengaruhi air mata, air liur, perasa, dan tulang kecil di tengah telinga.

Apa Obat Herbal Bell’s Palsy Terbaik?

Karena diyakini berkaitan dengan infeksi virus, pengobatan medis untuk Bell’s palsy umumnya terdiri dari penggunaan obat antivirus, kortikosteroid, dan bahkan operasi pada kasus yang langka. Biasanya gejala-gejala Bell’s palsu akan membaik dalam beberapa minggu atau bulan.

Di samping pengobatan medis, tersedia juga obat Bell’s palsy alami yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus penyebabnya, serta mempercepat pemulihan kerusakan saraf yang memengaruhi otot-otot wajah.

Berikut adalah obat herbal bell’s palsy terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi sebagai pengobatan pendamping.

Noni Juice sebagai Obat Herbal Bell’s Palsy

Noni juice adalah sari buah Noni (Morinda citrifolia) atau yang juga biasa disebut mengkudu. Buah Noni telah banyak diteliti berkenaan kemampuannya untuk mempercepat pemulihan beragam jenis penyakit saraf.

Sebagai obat herbal Bell’s palsy, Noni juice dapat membantu mengatasi penyebab Bell’s Palsy karena peradangan pada otot dan saraf, baik yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Jika peradangan teratasi, secara perlahan keluhan-keluhan Bell’s palsy juga akan mereda.

Noni Juice sebagai Obat Herbal Bell's Palsy Terbaik
Credit Photo: Bigbubblebee99 – Shuterstock

Di sisi lain, terdapat kandungan senyawa unik flavonoid yang berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi penumpukan residu dan akan membantu peroses pemulihan pada kerusakan saraf dan jaringan.

Flavonoid juga berperan untuk melancarkan aliran dalam tubuh. Mampu mengadai pengendapan pada pembuluh darah sehingga sangat membantu mensuplai kebutuhan nutrisi sampai ke otot tepi untuk mempercepat pemulihan. Juga bersama dengan kandungan terpenoid akan membantu proses regenerasi sel dan mengembalikan fungsi sel pada otot dan saraf dengan lebih cepat.

Berpadu dengan kandungan xeronine dan proxeronine yang membantu membentuk protein khusus yang mempertahankan fungsi dan kenormalan sel, maka dapat dengan baik membantu memulihkan kelumpuhan otot dan saraf.

Selain itu, obat herbal Bell’s palsy ini juga membantu mengatasi masalah saraf tepi, mengembalikan fungsi-fungsi saraf tepi sehingga mencegah efek mati rasa pada permukaan kulit dan indera perasa pada lidah. Ini adalah salah satu masalah terbesar bagi mereka yang mengalami Bell’s palsy.

Kandungan vitamin C, vitamin B, dan beragam mineral penting dalam Noni juice juga bermanfaat bagi para penderita Bell’s palsy, untuk membantu tubuh meningkatkan metabolisme dan imunitas sehingga pemulihan menjadi lebih efektif.

Pengobatan Alami Lain untuk Bell’s Palsy

Di samping menggunakan herbal sebagai obat Bell’s palsy alami, ada juga alternatif pengobatan lain untuk membantu perawatan penyakit ini. Dua diantaranya adalah terapi biofeedback dan akupuntur.

Terapi Biofeedback

Biofeedback adalah terapi yang melibatkan pembelajaran untuk mengontrol fungsi-fungsi vital yang biasanya tidak disadari (seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah), melalui perangkat elektronik khusus. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biofeedback, sendiri atau dikombinasikan dengan latihan wajah, dapat meningkatkan pemulihan Bell’s palsy.

Sebuah studi tahun 2018 mendapati bahwa rehabilitasi biofeedback wajah dapat mencegah penderita Bell’s palsy untuk mengembangkan oral-ocular synkinesis, kondisi dimana tersenyum menyebabkan satu mata menutup.

Akunpuntur

Terapi Tiongkok menggunakan jarum ini dapat membantu mengurangi kelumpuhan wajah dan cacat wajah pada penderita Bell’s palsy, menurut ulasan literatur ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2015. Namun, para pengulas dari ulasan literatur ilmiah tersebut menyimpulkan bahwa masih dibutuhkan lebih banyak bukti untuk memastikan manfaat dari perawatan ini.

Karena masih sedikitnya penelitian berkenaan dengan obat herbal Bell’s palsy, ada baiknya pengobatan ini hanya dijadikan pendamping dari pengobatan medis. Pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat Bell’s palsy alami maupun perawatan alternatif lainnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat herbal Bell’s palsy terbaik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar herbal dan tanaman obat hanya di Deherba.com.

Sumber

Mayo Clinic. Bell’s palsy. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bells-palsy/symptoms-causes/syc-20370028

Verywell Health. Natural Remedies for Bell’s Palsy. https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-bells-palsy-88839

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>