Apa Mesin Kangen Water Terbaik untuk Anda?

531
www.kangenairkesehatan.com

Diedit:

Dalam beberapa tahun terakhir, ada begitu banyak tren-tren kesehatan yang muncul. Mulai dari infused water, diet Mayo, hingga yang kini sedang booming adalah air minum kesehatan Kangen Water. Mereka yang mengikuti tren kesehatan ini bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli mesin Kangen Water agar bisa leluasa menikmati kesegaran air minum tersebut setiap saat.

Tak jarang, ada yang memanfaatkan momentum ini untuk memasarkan produk Kangen Water buatan sendiri. Apapun tujuan Anda membeli mesin Kangen Water (atau disebut juga mesin ionisasi), Anda wajib memastikan mesin yang akan dibeli adalah pilihan terbaik. Sebab harga mesin ini cukup mahal, jadi jangan sampai salah pilih.

Ada begitu banyak tipe mesin ionisasi yang tersedia di pasaran, dan hal ini bisa membingungkan dan membuat Anda kewalahan untuk membandingkan antara mesin-mesin tersebut dan menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Kebingungan tersebut dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang mempromosikan mesin Kangen Water tertentu sebagai yang “terbaik”, padahal sebenarnya produk tersebut jauh dari capnya sebagai “terbaik”.

Apabila Anda luangkan waktu untuk membandingkan mesin-mesin Kangen Water berdasarkan komponen-komponen pembentuknya, garansi dan jaminan pengembalian, reputasi perusahaan pembuatnya, maka perbandingan jadi lebih mudah dilakukan. 5 tips dibawah ini akan membantu Anda menentukan mana mesin Kangen Water yang terbaik.

Mulailah dengan membandingkan garansi dan jaminan pengembalian barang. Semakin lama jangka waktu garansi dan pengembalian barang, maka lebih baik. Perhatikan apakah ada ongkos dan pengecualian untuk pengembalian barang, juga bacalah syarat pengembalian barang dan garansi sebelum membeli. Apabila buku atau panduan untuk garansi dan pengembalian barang tidak tersedia, sebaiknya Anda batalkan niat untuk membelinya.

Periksalah kredibilitas perusahaan pembuat mesin Kangen Water, dan cari tahu bagaimana tanggapan para konsumen yang sudah membeli dan memakai produk mereka. Jika kredibilitas mereka tidak jelas, apalagi ditambah berbagai komplain dari konsumen mereka, maka coba pikir ulang untuk membeli mesin tersebut.

Berhati-hatilah terhadap perusahaan yang sering mengganti nama merek atau nama perusahaan. Perusahaan yang sering berganti nama atau menutup suatu perusahaan untuk menjual produk yang sama dibawah perusahaan baru biasanya melakukannya untuk menghindari klaim garansi. Periksa apakah ada pengalaman konsumen produk mereka yang mengalami kesusahan untuk klaim garansi.

Ada 3 komponen utama yang membentuk mesin ionisasi yaitu power system, filter, dan plate. Mari kita bahas satu-persatu.

Power system: Transformer VS Switch Mode Power Supply (SMPS). Transformer adalah desain power system model lama. Transformer pada dasarnya terdiri dari sejumlah besar kawat yang meliliti bagian inti besi. Semakin lama digunakan, transfomer akan menjadi semakin panas sehingga menurunkan kualitasnya. Seraya waktu berlalu, transformer bisa rusak dan terbakar.

Biasanya transformer hanya bertahan kurang-lebih 5 tahun, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Jika keluarga Anda hanya 1-2 orang, maka ketahanannya bisa lebih lama. Tapi jika keluarga Anda ada 6 orang atau lebih, ketahanannya akan jauh berkurang. Kelebihannya, transformer lebih murah dan biasa digunakan dalam banyak peralatan elektronik lain.

Sedangkan SMPS adalah power system digital yang menggunakan mikroprosesor, resistor, dan kapasitor untuk mengatur kekuatan secara bertahap. SMPS jauh lebih tahan terhadap panas karena kinerjanya yang lebih efisien. Ini membuatnya sanggup menghasilkan nilai PH dan ORP yang lebih tinggi dengan tenaga lebih sedikit. Dari segi ketahanan, SMPS biasanya bertahan sampai 20 tahun atau bahkan lebih.

Filter: Mesin ionisasi biasanya punya 1 atau 2 sistem filter. Filter ini terletak di dalam mesin dan butuh diganti secara berkala. Mesin Kangen Water biasanya punya penanda yang memberitahu Anda kapan harus mengganti filter.

Mesin yang memakai 2 filter lebih bagus daripada 1 filter. Jika Anda tinggal di kota kecil atau pedesaan yang sediakan air keran bersih, maka mesin 1 filter saja sudah cukup. Jika Anda tinggal di kota besar yang biasanya banyak pencemaran air minum, maka mesin 2 filter adalah pilihan yang terbaik.

Plate: Komponen ini sering disalah-infokan oleh berbagai sales penjual produk mesin Kangen Water. Secara teori, lebih banyak plate maka mesin ionisasi akan lebih bertenaga, namun praktiknya sedikit berbeda. Beberapa tahun lalu hanya tersedia mesin Kangen Water yang menggunakan 3 dan 5 plate, kemudian mesin 7 plate mulai muncul, dan sekarang ada mesin yang memiliki 9 atau bahkan 11 unit plate.

Tampaknya ada dorongan untuk membuat mesin dengan lebih banyak plate, sehingga orang-orang berpikir mereka butuh membeli mesin dengan plate terbanyak (yang harganya lebih mahal) untuk mendapat manfaat kangen water yang sepenuhnya. Ini benar-benar salah dan semata-mata hanya taktik manipulatif para sales.

Untuk mendapatkan air yang sehat, mesin dengan 7 plate sebenarnya sudah lebih dari cukup. Mesin dengan jumlah plate lebih banyak dari itu hanya buang-buang tenaga dan uang. Mesin dengan 5 plate juga sudah cukup bertenaga untuk memberikan Anda Kangen Water yang bermanfaat bagi kesehatan. Sedangkan mesin dengan 3 plate hanya mengolah air ionisasi biasa tanpa bisa membuat PH yang tinggi.

Ada beberapa desain plate, misalnya plate jala atau bercelah yang memiliki lubang yang menekan keluar untuk membuat mesin lebih ringan dan lebih murah. Pilihlah plate yang datar dan kokoh karena plate jenis ini lebih kuat dan tidak mudah tersumbat oleh penumpukan kalsium.

Carilah mesin yang bisa membersihkan dirinya sendiri secara otomatis pada saat dinyalakan dan dimatikan. Ini adalah sistem pembersih terbaik untuk mencegah penumpukan kalsium, terutama bagi Anda yang hidup di wilayah dimana airnya mengandung banyak kalsium. Sistem pembersih otomatis ini membuat mesin Kangen Water jadi lebih awet karena komponen plate-nya dijaga sebersih mungkin.

Plate yang selalu bersih lebih efisien untuk proses elektrolisis air dan menggunakan lebih sedikit daya listrik untuk ionisasi air. Fitur ini khususnya penting jika Anda memilih mesin yang menggunakan power system transformer karena semakin tinggi daya listrik yang digunakan, maka transformer akan menjadi semakin panas juga.

Mesin Kangen Water yang hanya membersihkan sekali setiap jangka waktu biasanya akan memberitahu kapan harus dibersihkan oleh Anda secara manual. Mesin jenis ini butuh dibersihkan secara manual agar kalsium yang menumpuk tidak menyumbat mesin dan tidak menjadi terlalu panas. Perlu diingat, mesin yang memiliki sistem pemberih otomatis saat dinyalakan dan dimatikan akan bertahan lebih lama dan tidak butuh dibersihkan secara manual.

Anda perlu menggunakan akal sehat untuk membandingkan dan menentukan mana mesin yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Bacalah ulasan-ulasan dari berbagai mesin Kangen Water, buat catatan yang diperlukan, dan jangan termakan dengan taktik-taktik manipulatif sales yang hanya ingin untung besar.

Baca juga:  Terapi Air Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Anda

Memang perlu cukup banyak waktu untuk melakukan perbandingan-perbandingan diatas, namun itu setimpal jika dibandingkan dengan manfaat kesehatan yang didapatkan jika memilih mesin Kangen Water yang terbaik.

Advertisement
Alinesia