Jenis Terapi Air Bagi Kesehatan Tubuh Anda


By Fery Irawan

Dalam memilih alternatif kesehatan, banyak orang menjadi objek penipuan dari orang-orang pintar yang berniat menipu. Banyak masyarakat ingin tetap sehat, tetap cantik, mendapatkan tubuh yang indah, dengan tidak melakukan perawatan kesehatan yang merepotkan. Waspadalah, berikut kami sebeutkan beragam jenis terapi air beserta manfaat sebenarnya.

Berbekal pemikiran ini, banyak oknum memanfaatkan kesempatan untuk meraup untung tanpa memikirkan resiko pengobatan tertentu pada konsumennya. Kenali fakta sebenarnya dari terapi air berikut!

Jenis Terapi Air

Untuk menghindari hal ini, kami ingin memberikan informasi tentang manfaat perawatan kesehatan yang mudah dan tentunya gratis. Apa itu? Ini adalah Terapi air. Simak beragam jenis terapi air dalam uraian kami berikut ini.

Terapi Air Hangat

Manfaat terapi air hangat adalah mengurangi stres. Mengapa demikian? Karena menurut pengalaman, seseorang yang melakukan terapi air dengan mandi air hangat akan merasakan relaksasi dan kelenturan semua otot sarafnya. Jenis terapi air ini dianjurkan untuk dilakukan selama 10-15 menit saja oleh para lelaki.

Mandi air panas terlalu lama untuk kaum Adam tidak terlalu bagus karena dapat mengganggu sistem reproduksinya dan bisa mengakibatkan impotensi. Jika testis berada pada atau di atas suhu tubuh untuk waktu yang lama, testis akan berhenti menghasilkan sperma.

Pengobatan Jerawat

Untuk perawatan wajah dan mempercepat penyembuhan luka akibat bisul atau luka yg sudah bernanah. Dengan ditambahkan sedikit garam yodium, Anda dapat memanfaatkan air hangat untuk membersihkan wajah setiap kali ingin tidur atau saat bangun pagi.

Jenis terapi air hangat dengan ditambahkan sedikit garam yodium diyakini dapat membunuh kuman yang ada di wajah penyebab berkembangnya jerawat. Air hangat yang sudah ditambahkan garam yodium akan membunuh kuman yang ada di luka dan akan mempercepat penyembuhan luka. Terapi air hangat juga dapat menghilangkan sakit perut akibat masuk angin.

Pengobatan Masuk Angin

Pernahkah Anda merasakan perut kembung karena masuk angin? Jika demikian, Anda patut mencoba terapi air hangat, penulis sendiri sudah merasakan manfaat terapi air hangat ini. Minum air 1-2 gelas dengan suhu air yang disarankan antara 20-35 derajat celcius.

Pengobatan Sakit Kepala

Menghilangkan sakit kepala akibat cuaca yang tidak menentu. Dengan merendam kaki dalam air hangat dengan suhu 30-35 derejat celcius, terapi ini akan melancarkan sirkulasi darah.

Drs. Amelar dan Dubin melihat jika sering mandi air panas adalah masalah, mereka mengatakan, apakah dilakukan untuk alasan kesehatan atau untuk rekreasi atau relaksasi.

”Duduk sambil mandi air panas … itu adalah prinsip yang sama seperti memasak nasi,” kata Dr Dubin. ” Jika Anda hanya menuangkan air panas di atas nasi itu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memasaknya. Kami memberitahu pasien kami untuk melakukan cara mandi yang lain”.

Terapi Air Dingin

Manfaat terapi air dingin ialah meningkatkan metabolisme. Saat suhu tubuh menurun hingga taraf tertentu akibat cuaca atau bersentuhan dengan air dingin maka, tubuh akan secara otomatis menghasilkan panas yang membuat metabolisme tubuh meningkat. Karbohidrat dan lemak akan dibakar membuat Anda merasa hangat.

Pengobatan Saluran Peredaran Darah

Jenis terapi air dingin juga harus dihindari dalam kasus-kasus penyakit akut, seperti nyeri punggung yang parah dan pengerasan pembuluh darah. Dengan minum air putih 8-10 gelas setiap hari secara rutin akan sangat membantu kinerja organ-organ tubuh seperti jantung, otak dan paru-paru. Dengan demikian akan membantu tubuh tetap prima. Berikut manfaat lain dari terapi air putih

Pengobatan Saluran Pencernaan

Membantu perawatan kecantikan, dimana dengan cukup asupan air putih maka permukaan kulit akan lembut, tidak kering dan terhindar dari bakteri. Bagi Anda yg ingin mengurangi berat badan dapat mencoba terapi air putih ini. Dengan mengonsumsi air putih setelah bangun pagi kira-kira 4 gelas, akan membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak mengkonsumsi sarapan terlalu banyak.

Salah satu manfaat penting terapi air putih adalah untuk membantu usus besar bekerja lebih efektif dengan begitu akan maksimal dalam memproduksi gizi dari sari makanan yang Anda konsumsi. Saat ini, terapi air putih ini banyak digemari oleh sebagian besar penduduk Jepang dan mereka sudah menikmati hasilnya.

Terapi Air Belerang

Di beberapa daerah terapi air belerang menjadi rutinitas sehari-hari masyarakat untuk mandi ataupun untuk penyembuhan penyakit kulit dan alergi. Sebut saja di daerah Kabupaten Tapanuli Utara, masyarakat disana sangat gemar untuk melakukan terapi ini dan terbukti bahwa masyarakat di sana sedikit sekali yang terjangkit penyakit kulit.

Terapi Air Uap

Jenis terapi air dengan mandi uap dapat meredakan sesak nafas akibat flu dan batuk, menurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak. Dengan mengetahui banyaknya manfaat dari alternatif kesehatan dengan terapi air yang kami uraikan di atas, pasti Anda tertarik bukan untuk mencobanya. Jadilah orang yang bijak tidak mudah terprovokasi oleh banyaknya alternatif kesehatan yang belum terjamin.

Demikianlah info lengkap sehubungan dengan jenis terapi air yang tersedia. Ingatlah terapi air hanya digunakan sebagai dasar pertolongan medis bukan pengobatan untuk penyakit berat.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}