Apa Itu Infused Water? Tren Minum Air dengan Cara Baru

1498

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menikmati minuman segar? Mungkin Anda sedang dilema karena sulit menahan godaan untuk minum minuman yang segar tetapi juga ingin membatasi konsumsi gula atau minuman bersoda. Jangan takut! Sekarang ada alternatif yang dapat memuaskan dahaga—infused water.

Apa sebenarnya infused water itu?

Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicelupkan dan direndamkan beberapa potongan buah-buahan atau herbal. Infused water sedang menjadi tren kesehatan yang banyak dinikmati orang-orang di berbagai belahan dunia, termasuk di negara Indonesia. Lalu, apa hebatnya dari infused water sampai membuat banyak orang heboh ikut-ikutan mencicipi tren kesehatan ini?

Seperti yang setiap orang ketahui, minum air adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan bagi tubuh. Hal itu membantu mengatur temperatur tubuh, melindungi organ vital, dan bahkan bisa memperbaiki penampilan fisik Anda. Akan tetapi, sekadar minum air putih biasa setiap waktu bisa jadi hal yang membosankan bagi siapapun.

Boleh jadi itulah alasannya mengapa banyak orang kemudian mencoba alternatif air putih. Dan infused water adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda coba. Pada dasarnya ini merupakan air putih biasa yang diberi rasa alami. Sarat dengan rasa buah-buahan, sayuran, dan rempah- rempah, air minum “super” ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus meringankan berbagai keluhan kesehatan yang sering dirasakan.

Ada banyak jenis buah-buahan dan rempah yang dapat digunakan untuk menciptakan infused water. Dalam secangkir infused water, Anda boleh mencampurkan lebih dari 1 jenis buah atau rempah untuk mendapatkan variasi rasa segar.

Cara membuat infused water tergolong sangat mudah, Anda bisa menyiapkannya sendiri di rumah dalam waktu singkat. Pilihan buah-buahan yang kerap dimanfaatkan adalah buah yang memiliki rasa asam dan manis karena sanggup menghasilkan rasa dan aroma yang lebih menyegarkan. Jenis buah ini termasuk apel, pir, melon, kiwi, jeruk, lemon, anggur, stroberi, bluberry, atau mentimun.

Ada juga jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok untuk dijadikan infused water, bukan karena kandungan gizinya, tetapi karena teksturnya. Misalnya buah-buahan seperti pepaya, mangga, pisang, sirsak, alpukat, dan semangka gampang rusak teksturnya karena berdaging lunak dan mudah terfermentasi jadi asam apabila direndam air dalam waktu lama. Tekstur buah lunak juga dapat membuat warna infused water keruh sehingga penampilannya tidak lagi menarik.

Cara Membuat Infused Water

Sekarang Anda semakin tertarik ingin mencoba infused water, tetapi tidak mengetauhi bagaimana cara membuatnya. Tenang saja, di artikel ini juga akan dijelaskan cara mudah membuat infused water.

Yang paling awal dan penting harus dilakukan ialah mencuci buah-buahan, sayur, rempah, atau bahan-bahan lainnya sampai benar-benar bersih. Kemudian lakukanlah langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, taruhlah buah atau sayur ke dalam gelas atau wadah infused water manapun. Gunakan sendok kayu atau sendok biasa untuk sedikit menekan dan menumbuk buah/sayuran. (Tips: kupas dulu buah jeruk dari kulitnya supaya tidak menghasilkan rasa pahit.)
  • Kedua, gunakan ramuan rempah-rempah atau herbal dan tumbuk halus dedaunannya. Hal ini bertujuan untuk membantu melepaskan ekstrak dan minyak alami dari ramuan rempah-rempah tersebut dan bercampur dengan air.
  • Terakhir, tambahkan air putih biasa, air mineral, atau air apapun yang sudah matang. Infused water siap diminum!

Cara Penyimpanan Infused Water:

Infused water bisa disimpan di gelas kedap udara, dalam stoples, teko kaca, botol air, galon kendi, atau wadah apapun. Semua tergantung pilihan dan yang terbaik bagi Anda. Tetapi cara terbaik untuk menyimpan infused water adalah didiamkan dalam kulkas sampai seminggu atau sampai rasa buahnya tidak ada lagi, dan Anda bisa menambahkan lebih banyak potongan buah-buahan lagi.

Kandungan Nutrisi Infused Water

Dengan minum infused water, berarti mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang alami terdapat dalam buah, sayur, rempah, herbal, maupun bahan lainnya. Dengan catatan: infused water adalah air resapan sari buah/sayur/bahan lainnya, tidak sama dengan jus. Jadi tidak ada tambahan gula dan kalori dari buah yang ikut terserap ke dalam air—maka dari itu ini disebut air “infusan” (infused) karena alasan itu. Anda hanya meng-“infus”kan rasa ke dalam air beserta semua nutirisi alami dari buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah.

Jadi, bagaimana Anda ingin minum air? Apakah masih suka minum air putih biasa atau sudah bosan dan ingin mencicipi tren kesehatan baru ini? Semua pilihan ada di tangan Anda. Namun tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri infused water, siapa tau bisa semakin menyegarkan hari-hari Anda.