Apa Kaitan Minum Air Dengan Penurunan Berat Badan?


By Fery Irawan

Seberapa sering Anda melihat orang yang membawa botol minum, selama bepergian? Bagi yang hendak bepergian ke tempat yang jauh, membawa air minum sudah menjadi keharusan. Namun, tidak demikian halnya dengan mereka yang bepergian 1 sampai 2 jam saja. Beberapa orang merasa bahwa membawa botol minum akan merepotkan mereka. Adapula yang berpikir untuk menghindari minum air selama bepergian, karena khawatir akan sulitnya mendapat tempat untuk buang air. Namun, pemikiran ini adalah kekeliruan besar yang sebaiknya tidak Anda ikuti dan dapat merugikan.

Minum air dan membawa serta botol minum selama bepergian akan membantu Anda dalam mempertahankan stamina, bahkan dapat menurunkan berat badan. Apa buktinya, banyak penduduk Kota New York yang bepergian dengan membawa botol air minum. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dengan berat yang tergolong gemuk. Apa yang membuat mereka merasa harus membawa air minum? Bukan karena takut merasa haus selama di perjalanan, yaitu karena mereka tahu manfaat minum air sebagai penurun berat badan yang alami dan paling efektif, serta aman.

Apakah memang benar? Ketika air mengalir masuk kedalam tubuh, secara otomatis saraf simpatetik akan mulai terstimulasi. Hal ini menyebabkan adanya reaksi metabolisme energi yang turut meningkatkan proses pembakaran kalori, sehingga berat badan Anda pun menurun. Stimulasi saraf simpatetik akan memicu sekresi adrenalin yang berfungsi sebagai zat pengaktif lipase pada jaringan lemak yang peka terhadap hormon. Kemudian trigliserida akan diurai menjadi asam lemak dan gliserol yang memudahkan proses pembakaran lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Lalu, seberapa banyak air dan seberapa besar pengaruh minum air bagi pembakaran kalori dalam tubuh Anda? Jumlah pembakaran kalori dapat mencapai 30% setiap hari, jika Anda memiliki kebiasaan minum air yang banyak lebih dari 2 gelas selama 3 kali dalam sehari. Proses pembakaran kalori ini berlangsung 30 menit setelah Anda minum air. Ya, paling tidak Anda dapat meminum air sebanyak 7 gelas sehari dan pastikan memperoleh air yang memiliki suhu 20 atau 21°C. Jika suhu terlalu dingin, tubuh tidak akan terpicu untuk membakar kalori, air dengan suhu biasa yang cocok bagi tubuh.

Baca Juga:  Kalkulator Berat Badan Ideal yang Akurat

Ya, tentu dengan memanfaatkan kemampuan tubuh dalam mengatur suhu tubuh dan minum air yang sesuai dengan kriteria tersebut, Anda dapat menurunkan berat badan. Bagaimana kita bisa memahami kemampuan tubuh dalam mengatur suhu tubuh? Sebagai contoh, apabila Anda buang air kecil di pagi hari dengan cuaca yang dingin, urine yang dikeluarkan akan terasa hangat, namun tiba-tiba tubuh Anda merasa menggigil dalam seketika. Pengaruh menggigil ini adalah reaksi alami tubuh untuk menstabilkan suhu tubuh, demikian halnya saat Anda mandi dengan air dingin.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}