Apa Itu Kanker Paru-Paru?

207

Diedit:

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis tumor yang berbahaya, kebanyakan kanker paru-paru berasal dari sel yang ada di dalam paru-paru itu sendiri. Namun, tak sedikit kasus yang memperlihatkan bahwa kanker paru-paru dapat terjadi karena penyebaran sel abnormal dari organ lainnya.

Kanker paru-paru tidak mengenal jenis kelamin. Ia dapat menyerang pria atau wanita dan seringkali menjadi penyebab utam terjadinya kematian yang dikarenakan oleh kanker. Hampir 90% kanker paru-paru bermula dari saluran udara besar yang ada di paru-paru, disebut juga bronki.

Kanker paru-paru jenis ini disebut juga karsinoma bronkogenik yang terdiri dari 4 jenis, yaitu; karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel kecil (karsinoma sel gandum), karsinoma sel besar dan adenokarsinoma. Sedangkan jenis kanker yang menyerang alveoli disebut karsinoma sel alveolar.

Kanker jenis ini dapat menetap di satu lokasi ataupun berada di area paru-paru lainnya. Jenis tumor paru-paru lainnya yang cukup langka terdiri dari 3 jenis, yaitu; adenoma (sifatnya dapat ganas ataupun jinak), hamartoma (sifatnya jinak) dan sarkoma (ganas). Semuanya itu merupakan jenis kanker paru.

Bila ingin diringkas, kanker paru-paru terdiri dari 2 jenis, yaitu kanker paru-paru sel kecil yang hampir secara eksklusif dialami oleh para perokok berat. Dan, kanker paru-paru bukan sel kecil yang sering digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan berbagai jenis kanker paru-paru yang memiliki sifat serupa.

Hal ini termasuk karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel besar dan adenokarsinoma. Menurut American Cancer Society tahun 2013 bahwa 1 Dari 14 orang memiliki potensi mengalami kanker paru-paru dan perkiraan dapat selamat setelah 5 tahun adalah 16,8%.

Ya, hampir setiap tahun banyak orang telah kehilangan nyawa karena kanker paru-paru dan jumlahnya melebih beberapa jenis kanker lainnya, seperti kanker payudara, ovarium, prostat, ataupun kanker usus. Contohnya di Amerika Serikat, kebanyakan penyebab utama kematian akibat kanker ialah kanker paru-paru.

Baca juga:  Penyebab Kanker Paru-Paru yang Harus Anda Ketahui

Jika beberapa orang memiliki pendapat bahwa kanker paru-paru hanya berisiko bagi para perokok, itu hal yang keliru. Sekalipun Anda sudah berhenti merokok atau bahkan tidak pernah merokok masih berpotensi mengidap penyakit kanker paru-paru tersebut.

Bagaimana mungkin? Polutan yang ada di udara termasuk asap rokok yang tidak sengaja Anda hirup dapat menjadi pemicunya. Ketahuilah bahwa kanker paru-paru terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang tak terkontrol baik itu terjadi pada salah satu maupun kedua paru-paru.

Kemudian sel abnormal ini mengganggu pertumbuhan sel sehat pada jaringan paru-paru sehingga paru-paru tidak dapat berkembang dan bekerja sebagaimana mestinya. Sel kanker juga turut bertumbuh dan menganggu fungsi paru-paru dalam menyediakan oksigen bagi tubuh melalui darah. Apakah Anda sudah bersiap-siap menghadapi kemungkinan serangan kanker paru-paru? Mulailah dari sekarang!

Bila Anda mencari iformasi seputar obat kanker yang dapat secara efektif mengatasi serta menghambat perkembangan sel-sel kanker paru-paru, silakan kunjungi halaman artikel: Obat Kanker Paru-Paru.