Apa Itu Hepatitis A? Apa Bedanya dengan Hepatitis B & C?

486
apa itu penyakit hepatitis A?
Apa Itu Hepatitis A? (Credit: Panther Media GmbH / Alamy Stock Photo)

Diedit:

Hepatitis A merupakan penyakit infeksi yang dapat dengan mudah mewabah di daerah yang kebersihannya buruk. Banyak yang bilang penyakit ini tidak separah hepatitis yang lain, misalnya hepatitis B. Sebenarnya apa itu penyakit hepatitis A? Apa beda ciri-ciri hepatitis A dengan hepatitis B dan C? Dan apakah hepatitis A menular?

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui penjelasan tentang apa itu penyakit hepatitis A dan apa beda hepatitis A dengan hepatitis B dan C. Artikel ini juga akan menjelaskan ciri-ciri hepatitis A untuk membantu Anda cepat mengenali dan menangani jika sudah terjangkit penyakit ini.

Apa Itu Penyakit Hepatitis A?

Hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Virus ini terutama menyebar ketika seseorang menelan makanan atau air yang tercemar oleh kotoran (feses) dari orang yang telah terjangkit. Penyakit ini terkait erat dengan air atau makanan yang tidak bersih, sanitasi yang tidak memadai, dan kebersihan pribadi yang buruk.

Apa penyakit hepatitis A itu berbahaya? Beda dengan hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis dan jarang sekali menjadi fatal. Tapi hepatitis A dapat menyebabkan gejala-gejala yang melemahkan dan gagal hati akut (fulminant hepatitis), yang sering kali berakibat fatal.

Penyakit hepatitis A bisa terjadi secara sporadis (sekali-sekali) dan epidemis (mewabah) di seluruh dunia, dengan kecenderungan yang berulang-ulang. Virus hepatitis A adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit infeksi bawaan makanan. Penyakit ini dapat menyebar dengan pesat dan menjadi wabah melalui makanan atau air yang tercemar. Misalnya wabah yang terjadi di Shanghai pada tahun 1988 yang menjangkiki sekitar 300.000 orang.

Apa penyakit hepatitis A itu bisa sembuh? Ya, penderitanya bisa sembuh total. Namun diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan bagi orang yang baru sembuh dari hepatitis A untuk bisa kembali bekerja, sekolah, atau ke rutinitas sehari-hari.

Apa Hepatitis A Itu Penyakit Menular?

Pertanyaan selanjutnya, apakah hepatitis A menular? Jawaban singkatnya: Ya, hepatitis A adalah penyakit menular. Virus hepatitis A ditularkan terutama melalui rute feses – oral; yaitu ketika seseorang menelan makanan atau air yang telah tercemar oleh kotoran dari orang yang terjangkit.

Baca juga:  Apa Saja Gejala-Gejala Hepatitis A?
apakah hepatitis A menular?
Hepatitis A Bisa Menular melalui Makanan dan Air Tercemar (Credit: Allison Joyce / Getty Images)

Di antara anggota satu rumah, virus dapat menyebar jika seorang anggota keluarga yang telah terjangkit menyiapkan makanan dengan tangan kotor untuk dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Kadang-kadang, wabah hepatitis A juga dapat terjadi jika sumber air yang dipakai secara massal oleh banyak orang telah terkontaminasi virus hepatitis A.

Apakah ada cara lain hepatitis A menular? Selain melalui air dan makanan, virus juga bisa ditularkan melalui kontak fisik yang dekat dengan orang yang telah terjangkit. Tetapi kontak biasa di antara orang-orang tidak akan menyebarkan virus. Kontak fisik dekat yang bisa menularkan virus misalnya yaitu hubungan seks atau merawat seorang penderita hepatitis A.

Apa Beda Hepatitis A dengan Hepatitis B dan C?

Apa penyebab penyakit hepatitis A itu sama dengan penyebab hepatitis B dan C? Tidak. Hepatitis A, B, dan C memang sama-sama penyakit infeksi hati, namun penyebabnya adalah virus yang berbeda. Dan walaupun ciri-ciri penyakit hepatitis A bisa mirip dengan hepatitis B dan C, namun ada beda pada dampaknya pada hati serta pada cara penularannya.

Hepatitis A biasanya hanya menyebabkan infeksi jangka pendek (akut) dan tidak akan menjadi jangka panjang (kronis). Hepatitis B dan hepatitis C juga dapat berawal sebagai infeksi jangka pendek (akut), tetapi pada beberapa orang, virusnya akan tetap bertahan di dalam tubuh lalu menyebabkan penyakit hati yang kronis atau jangka panjang. Selain itu, tersedia vaksin untuk pencegahan hepatitis A dan B, tetapi tidak ada vaksin untuk hepatitis C.

beda hepatitis A, B, dan C
Beda Hepatitis A, B, dan C (Credit: crystal light / Shutterstock)

Beda Virus Hepatitis A dengan Virus Hepatitis B dan C


Virus hepatitis A menyebabkan infeksi akut pada hati yang biasanya dapat pulih dengan sendirinya. Virus ini dapat dengan mudah menyebar dari orang ke orang, melalui makanan dan minuman, dan bisa menjangkiti banyak orang di waktu bersamaan.

Virus hepatitis B bisa menyebabkan infeksi akut dan kronis. Virus ini menyebar melalui darah atau cairan tubuh lain dengan berbagai cara. Hepatitis B adalah penyakit yang umum diderita di negeri-negeri Asia dan Afrika.

Virus hepatitis C hampir selalu menyebabkan infeksi kronis. Virus ini menyebar hanya melalui darah. Hepatitis A dan B bisa dicegah dengan vaksinasi, beda dengan hepatitis C yang tidak tersedia vaksinnya. Namun ada obat-obatan yang tersedia untuk mengobati infeksi hepatitis C dan B yang kronis.

Apa Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis A Itu?

Masa dari saat virus hepatitis A masuk ke dalam tubuh sampai ke saat timbulnya gejala atau ciri-ciri penyakit (disebut masa inkubasi) umumnya 14 – 28 hari. Ciri-ciri penyakit hepatitis A dapat berupa gejala yang ringan hingga yang berat, misalnya:

  • Demam
  • Merasa tidak enak badan
  • Merasa letih
  • Nyeri sendi
  • Tidak selera makan
  • Diare
  • Mual
  • Sakit perut
  • Urin berwarna gelap
  • Feses berwarna pucat
  • Penyakit kuning (kulit dan putih mata menguning)

Tidak setiap penderita akan merasakan ciri-ciri hepatitis A yang sama. Tingkat keparahan dan kefatalan penyakit ini lebih tinggi pada orang-orang yang sudah tua. Anak-anak di bawah 6 tahun biasanya tidak mengalami gejala yang kentara, dan hanya 10% yang mengalami penyakit kuning.

Baca juga:  Diet Hepatitis Yang Wajib Dilakukan Penderitanya

Di antara anak-anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa, infeksi hepatitis A umumnya menyebabkan ciri-ciri yang lebih parah, dan gejala penyakit kuning terjadi pada lebih dari 70% kasusnya. Hepatitis A kadang juga bisa kambuh-kambuhan. Orang yang baru sembuh bisa jatuh sakit lagi dan kemudian pulih lagi.

Kesimpulan tentang Penyakit Hepatitis A

Jadi, apa itu penyakit hepatitis A? Hepatitis A adalah penyakit infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Apakah hepatitis A menular? Ya, ini adalah penyakit menular yang biasanya disebarkan melalui air dan makanan yang telah tercemar virus hepatitis A. Virus juga dapat ditularkan melalui kontak fisik dekat dengan seorang penderita.

Apa beda hepatitis A dengan hepatitis B dan C? Perbedaannya terletak pada virus penyebabnya, dampaknya pada hati, dan cara penularannya. Virus hepatitis A sering kali hanya menyebabkan infeksi akut; dan bisa menular dari orang ke orang serta melalui makanan dan minuman. Virus hepatitis B bisa menyebabkan infeksi akut maupun kronis; dan menular melalui darah atau cairan tubuh lainnya. Virus hepatitis C hampir selalu menyebabkan infeksi kronis dan menyebar hanya melalui darah.

Seperti apa ciri-ciri hepatitis A? Anda harus waspada apabila mengalami gejala-gejala seperti demam, tidak enak badan, letih, nyeri sendi, tidak selera makan, mual, sakit perut, diare, dan penyakit kuning (kulit & putih mata menguning). Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami keluhan-keluhan semacam itu.

Demikianlah artikel ini yang menjawab pertanyaan apa itu penyakit hepatitis A. Semoga informasi ini dapat menambah kepedulian Anda pada kesehatan diri sendiri maupun keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lainnya seputar masalah kesehatan hanya di Deherba.com.


Referensi “Apa Itu Penyakit Hepatitis A?”:

WHO. Hepatitis A. Published: 2018-09-19. URL: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hepatitis-a. Accessed: 2019-07-02

Centers for Disease Control and Prevention. Viral Hepatitis. Reviewed: 2019-03-13. URL: https://www.cdc.gov/hepatitis/hav/afaq.htm. Accessed: 2019-07-02