Penyakit Hepatitis Akut Yang Perlu Dikenali

373
Penyakit Hepatitis Akut
Sumber Gambar -Shutterstock

Diedit:

Tahukah Anda bahwa terdapat beragam jenis hepatitis? Bagaimana jika kondisi hepatitis yang Anda alami tergolong sebagai penyakit hepatitis akut? Tentu saja ini merupakan kondisi hepatitis yang tak boleh dianggap biasa. Bagaimana Anda dapat mengenalinya?

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana pengaruh dari penyakit hepatitis akut. Mulai dari gejala penyakit hepatitis akut serta penyebab penyakit hepatitis akut. Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Penyakit Hepatitis Akut

Sebaiknya Anda tidak menganggap enteng penyakit hepatitis. Karena sekalipun tidak seberbahaya penyakit lain seperti penyakit jantung atau kanker, yang memiliki efek mematikan, penyakit hepatitis ini akan membahayakan jika tidak segera disembuhkan dan dapat berkembang menjadi hepatitis akut.

Hepatitis akut termasuk sebagai salah satu penyakit yang sukar disembuhkan, yang dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Aneka macam penyebab hepatitis akut diantaranya disebabkan toksin, kelainan metabolik, dan karena obat-obatan. Pada dasarnya, semua orang dapat terkena serangan virus hepatitis akut ini.

Berhati-hatilah karena penyakit hepatitis akut sulit disembuhkan. Adapun, yang menjadi gejala penyakit hepatitis ini dapat berupa badan demam, mual yang diselingi dengan muntah-muntah, badan terasa lemas atau lelah, dan berkurangnya nafsu makan secara signifikan sehingga berefek pada menurunnya berat tubuh.

Gejala Penyakit Hepatitis Akut

Apakah hanya itu gejala-gejalanya? Ternyata masih banyak gejala lainnya yang dirasakan oleh mereka yang menderita hepatitis akut. Gejala lainnya terlihat ketika buang air kecil, dimana air seni yang dikeluarkan berubah menjadi berwarna agak gelap.

Selain itu, alergi juga dapat terjadi pada kulit yang dapat menyebabkan gatal-gatal disertai dengan terasanya nyeri pada bagian persendian. Pada beberapa kasus, bahkan dapat terjadi dengan apa yang disebut sebagai gejala kolestasis atau aliran empedu yang berkurang bahkan terhenti.

Penderita yang mengalami hepatitis akut biasanya juga merasakan sakit flu sehingga mengganggu aktifitas keseharian. Bahkan sakit flunya bisa dibarengi dengan kegagalan hati karena memang yang menjadi fokus serangan penyakit ini ialah organ hati.

Pencegahan tentu saja lebih baik dibandingkan dengan pengobatan karena biaya yang akan dikeluarkan bisa jauh lebih besar. Jika Anda terindikasi terkena penyakit ini, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.

Penyebab Penyakit Hepatitis Akut

Penyebab munculnya virus hepatitis akut ini, bisa jadi disebabkan juga oleh konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Bukan hanya itu saja, hepatitis akut juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol sehingga sudah seharusnya jika Anda juga mengurangi bahkan menghilangkan sama sekali kebiasaan meminum alkohol yang lebih banyak resiko dibandingkan manfaatnya.

Namun, pada dasarnya, orang yang menderita penyakit hepatitis ini akan mengalami masa perbaikan pada kurun waktu antara 4 sampai 8 minggu. Meskipun begitu, pemeriksaan ke dokter tetap harus Anda lakukan karena ternyata, tidak semua pasien hepatitis akut dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan.

Penyakit ini cukup berbahaya bagi tubuh karena dapat menyerang fungsi hati sehingga pola metabolisme menjadi terganggu karenanya. Oleh sebab itu, diperlukan sikap waspada dan mawas diri terhadap segala penyebab terutama makanan dan minuman yang sangat berpotensi menjadikan seseorang terkena penyakit hepatitis ini.

Demikianlah informasi seputar penyakit hepatitis akut, mulai dari gejala penyakit hepatitis akut serta penyebab penyakit hepatitis akut. Dengan mengenali penyebab dan gejalanya diharapkan agar tindakan pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin. Hal ini juga membantu proses pengobatan agar tidak terlanjur parah.

Baca juga:  Diet Hepatitis Yang Wajib Dilakukan Penderitanya
Advertisement
Alinesia