4 Jenis Herbal untuk Mengobati Hepatitis secara Tradisional

565
Herbal untuk Mengobati Hepatitis secara Tradisional
Sumber Gambar - Shutterstock

Diedit:

Mengalami penyakit hepatitis bukanlah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun bagaimana jika ini terjadi pada Anda atau pada anggota keluarga Anda? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi situasi semacam ini? Tentu saja, segera melakukan pemeriksaan medis merupakan hal yang harus Anda pikirkan. Namun, adakah herbal untuk mengobati hepatitis secara tradisional?

Dalam artikel ini, Anda akan melihat 4 jenis herbal untuk mengobati hepatitis secara tradisional. Tentu saja penggunaan herbal dilakukan sebagai alternatif pengobatan dan pendukung pengobatan medis yang tersedia. Keberadaan herbal bukanlah sebagai pengganti obat yang mungkin perlu dikonsumsi oleh penderita hepatitis. Apa saja 4 jenis herbal untuk mengobati hepatitis secara tradisional yang tersedia?

Herbal untuk Mengobati Hepatitis secara Tradisional

Seiring dengan semakin majunya zaman, cara pengobatan suatu penyakit pun makin maju dan canggih. Namun, ternyata bukan hanya praktik pengobatan modern saja yang terus bergeliat karena rupanya pengobatan secara tradisional juga terus digalakkan. Begitu juga dengan teknik pengobatan penyakit hepatitis yang bukan hanya bisa dilakukan dengan cara-cara modern di rumah sakit atau klinik, namun juga bisa dengan cara tradisional dengan menggunakan obat-obatan berbahan alami.

Sebetulnya untuk mencegah supaya penyakit hepatitis tidak menyerang tubuh, cukup dengan menyuntikkan vaksinasi khusus hepatitis. Namun, sekalipun kita sudah diberikan vaksin hepatitis, dalam beberapa kasus, masih saja ada orang yang terkena hepatitis karena berbagai faktor seperti tempat tinggal yang kotor/tidak terawat atau karena menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Virus hepatitis juga akan mudah menjangkiti orang-orang yang dalam kesehariannya akrab dengan alkohol, konsumsi bahan-bahan kimia, dan lainnya.

Jika sudah terkena virus hepatitis ini, apapun jenisnya—hepatitis A, B, C, E, dan lainnya—maka jangan sampai Anda biarkan karena akan terus berkembang sampai akhirnya merusak hati dan menyebabkan kematian.

Baca juga:  Apa Itu Hepatitis A? Apa Bedanya dengan Hepatitis B & C?

Selain dengan pengobatan medis, hepatitis juga bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan tradisional. Tentu saja berbeda dengan melakukan pengobatan secara modern yang melibatkan obat-obatan kimia.

Pengobatan terapi dengan menggunakan herbal tidak akan menyebabkan efek samping. Dan berikut merupakan cara untuk mengobati penyakit hepatitis dengan metode alami.

Umbi Akar Kunyit

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal Kunyit sebagai bumbu dapur yang berfungsi untuk penyedap masakan. Namun, tahukah Anda khasiat besar dibalik Kunyit?

Ternyata, Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk di dalamnya berbagai jenis hepatitis.

Selain hepatitis, penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi Kunyit antara lain seperti tifus, diabetes melitus, usus buntu, diare, keputihan, perut mulas, memperlancar ASI, dan lainnya.

Umbi Akar Kunyit
Sumber Gambar – idntimes

Minyak atsiri yang terkandung di dalam Kunyit memiliki kemampuan sebagai anti mikroba, anti HIV, anti-tumor, dan juga berguna menghambat perkembangan sel kanker payudara.

Cara pembuatan ramuannya sangatlah mudah karena Anda hanya cukup menyiapkan Kunyit secukupnya untuk kemudian diparut. Campurkanlah hasil parutan dengan satu sendok madu dan air hangat. Setelah diperas dan disaring, minumlah air perasannya sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

Umbi Akar Temulawak

Dalam Temulawak terdapat kandungan kurkumin maupun xanthorhiza rox guna membantu tubuh untuk pulih dari serangan aneka jenis penyakit, termasuk hepatitis.

Umbi Akar Temulawak
Sumber Gambar – Deherba

Kurkumin adalah zat yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh, zai ini juga mampu bekerja layaknya antioksidan yang bersifat hepatotoksik saat bekerja di dalam tubuh. Beberapa khasiat lain dari Temulawak ialah meningkatkan daya imun tubuh dan menurunkan kadar lemak darah.

Buah Mahkota Dewa

Di dalam Mahkota dewa, terdapat banyak kandungan zat seperti tanin, flavonoid, fenol, lignan, minyak atsiri, dan lainnya yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan aneka jenis penyakit, termasuk hepatitis.

Buah Mahkota Dewa
Sumber Gambar – Hariadhi

Caranya, ambil buah Mahkota dewa yang sudah matang. Kemudian, cuci bersih dan keringkan. Setelah itu, rebuslah dan remas airnya untuk diminum oleh penderita hepatitis.

Buah Noni (Mengkudu)

Buah Noni, atau yang lebih dikenal dengan nama Mengkudu, juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan hepatitis.

Buah Noni (Mengkudu)
Sumber Gambar – Shutterstock

Daya antioksidan di dalamnya sangat baik untuk mencegah serangan virus hepatitis dan virus penyakit lainnya. Caranya, ambil beberapa buah Noni yang sudah masak untuk dibersihkan dan diparut.

Kemudian, peras airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore. Atau, jika merasa repot dan tak ada waktu untuk mempersiapkan dan mencuci buah Noni, Anda dapat membeli langsung produk Noni juice dari kami dengan khasiat yang sama.

Bukan hanya aman karena bebas dari bahan-bahan kimia sekalipun dikonsumsi dalam jangka panjang, terapi herbal juga membuat irit kantong Anda. Meski begitu, memeriksakan kondisi penyakit Anda secara berkala ke dokter, tetap dianjurkan seraya Anda mengonsumsi herbal.

Baca juga:  Pencegahan Penyakit Hepatitis A, B dan C

Demikianlah informasi mengenai 4 jenis herbal untuk mengobati hepatitis secara tradisional. Namun, perlu diketahui bahwa efektivitas penggunaan herbal bergantung pada kondisi tubuh setiap penggunanya, serta kondisi kesehatan yang mereka alami. Terkadang penggunaan herbal dapat digunakan setelah konsultasi dengan dokter dilakukan.

Advertisement
Alinesia