Anemia: Jenis dan Cara Mengobatinya


By Cindy Wijaya

Biasanya anemia dialami karena tubuh kekurangan zat besi, namun tahukah Anda apa penyebab lainnya? Cara mengobati anemia bergantung pada penyebab anemia, oleh sebab itu jika Anda sering mengalami anemia, ada baiknya untuk mengenali dengan jelas penyebabnya.

Anemia ada banyak jenis dan didasarkan pada penyebabnya, di artikel ini akan dibahas lima di antaranya sekaligus cara mengobati jenis anemia tersebut.

Anemia Defisiensi Zat Besi

Seperti namanya, anemia jenis ini diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Seringkali karena kehilangan banyak darah, misalnya karena perdarahan menstruasi berat, pendarahan dari luka besar, kanker, serta penggunaan aspirin atau obat anti-peradangan lain dalam jangka panjang.

Cara mengobatinya: Dengan merubah pola makan dan menambah asupan suplemen zat besi. Makanan yang mengandung banyak zat besi misalnya adalah sayuran berdaun hijau gelap, daging, dan kacang-kacangan. Jika Anda mengalami anemi karena perdarahan menstruasi berat, sebaiknya periksa ke dokter untuk mengetahui sumber masalahnya.

Anemia Defisiensi Vitamin

Tubuh Anda juga memerlukan folat dan vitamin B-12 untuk memproduksi sel darah merah yang memadai. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang atau tidak mengandung kedua nutrisi tersebut biasanya adalah penyebab jenis anemia ini. Selain itu, beberapa orang mungkin sudah mendapat asupan vitamin B-12 yang cukup, namun tubuhnya tidak mampu menyerapnya.

Cara mengobatinya: Dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung asam folat dan vitamin C, juga mengonsumsi suplemen tambahan. Asam folat banyak terdapat pada jeruk, pisang, sayuran hijau gelap, serta roti/sereal. Sedangkan vitamin B-12 biasanya ditemukan dalam daging dan produk susu, termasuk susu kedelai.

Jika sistem pencernaan Anda tidak mampu menyerap vitamin B-12 dengan baik, dokter Anda mungkin akan menyuntikkan vitamin B-12.

Anemia Akibat Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, radang sendi/artritis, penyakit Chron, dan penyakit peradangan kronis lain dapat mengurangi produksi sel darah merah. Selain itu, gagal ginjal juga bisa menyebabkan anemia.

Cara mengobatinya: Berkonsultasilah dengan dokter, biasanya dokter akan berfokus untuk mengobati penyakit kronis yang diderita.

Anemia Aplastik

Ini adalah salah satu jenis anemia yang bisa menimbulkan kematian dan disebabkan oleh penurunan kemampuan sumsum tulang dalam memproduksi sel darah merah. Biasanya karena infeksi, konsumsi obat tertentu, dan penyakit autoimun.

Cara mengobatinya: Pengobatannya selalu dilakukan oleh ahli medis yang berpengalaman. Jika sumsum tulang sudah tidak sanggup lagi berfungsi dengan baik, transplantasi sumsum tulang mungkin dianjurkan oleh dokter.

Anemia Hemolitik

Jenis anemia ini dialami jika sel darah marah terlalu cepat hancur sehingga tidak segera digantikan yang baru. Penyakit yang berkaitan dengan kelainan darah bisa mempercepat penghancuran sel darah merah dan menyebabkan anemia hemolitik. Untuk cara mengobatinya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis yang berpengalaman.

Setelah mengetahui beberapa jenis dan penyebab anemia, ada baiknya agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami anemia yang diakibatkan oleh gangguan pada sumsum tulang Anda. Karena dengan mendiagnosis lebih awal, Anda dapat menghindari kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}