Aneka Ragam Penyebab Batuk

535

Diedit:

Batuk adalah cara tubuh dalam mengeluarkan lendir dan benda asing dari saluran nafas pada bagian atas serta paru-paru seseorang. Batuk juga dapat sebagai respon pada iritasi dari saluran nafas. Oleh karenanya, Anda dapat menyimpulkan apabila batuk termasuk ke dalam salah satu dari sistem antibodi tubuh dalam melindungi saluran pernafasan atas gangguan benda asing berbahaya yang masuk, serta menjadi petunjuk terjadinya penyakit di saluran pernafasan Anda.

Batuk bukanlah penyakit namun hanyalah gejala dari suatu penyakit. Batuk dapat bersifat abnormal apabila muncul penyakit yang mengakibatkan batuk tersebut. Sekarang mari membahas tentang penyebab batuk.

Batuk Berdahak dan Penyebabnya

Jenis batuk pertama yaitu batuk berdahak. Batuk ini akan memproduksi lendir atau dahak, yang dapat dengan mudah dikeluarkan, beberapa ada dahak yang sulit untuk dikeluarkan. Dahak atau lendir itu asalnya dari paru-paru atau hidung dan sinus. Batu berdahak jangan dihentikan atau ditekan dengan memakai obat, sebab sudah disebutkan apabila batuk merupakan proses membersihkan paru-paru.

Penyebab dari batuk berdahak itu bervariasi, dan Anda dapat membacanya di bawah ini:

  • Penyakit karena infeksi virus: Ketika seseorang mengalami pilek atau flu yang diakibatkan oleh virus, maka batuk berdahak termasuk kondisi yang sering dialami. Batuk seringkali disebabkan karena lendir mengalir dari bagian hidung menuju bagian belakang dari tenggorokan.
  • Infeksi: Infeksi saluran nafas atau paru-paru pada bagian atas bisa mengakibatkan batuk. Batuk berdahak adalah gejala dari penyakit bronkitis, pneumonia, TBC dan sinusitis.
  • Asam lambung naik: Type batuk yang termasuk gejala penyakit gastroesophageal reflux disease atau GERD, juga akan merangsang batuk berdahak, bahkan keadaan ini benar-benar mengganggu karena batuk dapat menyebabkan Anda menjadi sulit untuk tidur.
  • Merokok: Kebiasaan merokok juga akan menyebabkan terjadinya batuk berdahak. Selain rokok, bentuk lain penggunaan tembakau juga dapat mengakibatkan terjadinya batuk berdahak. Dan ini termasuk salah satu tanda dari kerusakan organ paru-paru, atau bisa juga merupakan tanda dari terjadinya iritasi di tenggorokan dan kerongkongan.
Baca juga:  Minuman Yang Harus Dihindari Saat Batuk

Batuk Kering dan Penyebabnya

Selain batuk berdahak, juga ada batuk kering. Anda juga perlu mengetahui apakah penyebab dari terjadinya batuk kering pada seseorang. Type batuk yang satu ini tak memproduksi lendir. Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab terjadinya batuk kering.

Penyebab batuk kering diantaranya yaitu:

  • Alergi: Bersin juga termasuk tanda umum rinitis alergi. Selain bersin, rinitis alergi juga umumnya mengakibatkan penderitanya mengalami batuk kering.
  • Asma: Gejala dari penyakit asma ringan juga berupa batuk kering. Selain itu gejala lainnya yang mungkin akan mengikuti adalah sesak nafas dan bengek.
  • Obat darah tinggi: Beberapa macam obat darah tinggi yang diproduksi juga dapat mengakibatkan batuk kering, yaitu obat dalam kategori ACE inhibitor.

Herbal untuk Mengatasi Batuk

Bahan yang dipersiapkan: Madu secukupnya, Cabe Jawa kering 6 buah

Cara membuat: Tumbuklah cabe Jawa hingga halus, lalu Anda minum dengan 1 sendok makan madu, lakukan 1 kali per hari. Anda terus lakukan metode pengobatan ini dengan rutin hingga batuk sembuh total.

Batuk yang hanya muncul sesekali dan hilang dalam waktu beberapa hari biasanya tidak berbahaya. Namun apabila batuk terus menerus muncul dan tidak kunjung mereda, bisa jadi penyebab batuk tersebut adalah penyakit yang membahayakan jiwa. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala batuk yang tidak kunjung mereda, atau malah semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.