7 Kiat Cegah Asma Kambuh

Diedit:

Bagi sebagian pengidapnya, asma mungkin hanya sekadar masalah kecil yang akan hilang dengan cepat. Namun bagi yang lain, asma bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan dapat menyebabkan kematian. Meski tidak bisa disembuhkan sama sekali, kekambuhan dan serangan asma bisa dicegah atau dikurangi dengan penanganan yang tepat.

Jika Anda mengidap asma dan sering kambuh, kemungkinan besar memiliki persediaan obat asma atau inhaler. Tapi, sebenarnya ada cara lain yang bisa meminimalisir kemungkinan serangan asma. Berikut ini adalah kiat-kiat mencegah asma yang bisa dicoba.

1Gunakan penyejuk udara (AC). AC dapat mengurangi jumlah serbuk sari yang terbawa udara dari pohon, rumput, dan rumput liar yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, ruangan ber-AC dapat mengurangi kelembaban sehingga paparan dust mite dapat diminimalisir. Bagi Anda yang tidak memiliki AC, cobalah untuk memasang filter debu pada jendela atau buka jendela seperlunya saja.

2Hindari alergen yang dapat memicu serangan asma. Mungkin Anda harus menghindari kucing atau anjing, karena bulu mereka bisa membuat asma kambuh. Jika Anda memelihara mereka, pindahkan hewan tersebut dari dalam rumah atau setidaknya jauh dari kamar. Jangan beli pakaian, perabotan, atau karpet yang terbuat dari bulu hewan.

3Bersihkan rumah secara rutin. Jangan tunggu sampai rumah berdebu atau kotor, bersihkan rumah secara rutin atau setiap minggu agar debu tidak menumpuk. Gunakan pengisap debu yang memiliki penyaring untuk partikel kecil. Jangan melakukan pekerjaan yang bisa menambah penumpukan debu di rumah—seperti menggergaji perabotan kayu.

4Jangan merokok dan hindari perokok/asap rokok. Bukan hanya asap rokok yang harus dihindari, tapi juga semua jenis asap. Ini termasuk asap pembakaran sampah yang dapat menyebabkan iritasi mata, hitung, dan tentunya akan memicu serangan asma.

Baca juga:  7 Faktor Risiko Asma yang Mungkin Anda Miliki

5Olahraga yang teratur. Dulu, mungkin dokter akan melarang Anda untuk berolahraga karena takut asma kambuh. Kini, kebanyakan dokter berpendapat bahwa olahraga yang teratur dan direncanakan dengan baik akan bermanfaat, terutama jika Anda mengidap asma ringan/sedang. Namun sebaiknya hindari olahraga berat, terutama yang beresiko besar seperti lari maraton, balap sepeda, dan triatlon.

6Pertahankan berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat memperparah gejala asma dan memperbesar resiko terserang masalah kesehatan lain.

7Konsumsi buah dan sayur-sayuran. Dengan melakukan ini, kinerja paru-paru dapat meningkat dan menurunkan resiko terjadinya serangan asma. Karena buah dan sayur-sayuran kaya akan antioksidan yang berfungsi menambah daya tahan tubuh.

Selain kiat-kiat di atas, ada juga obat-obatan herbal yang diyakini bisa mengurangi intensitas kekambuhan dan mencegah serangan asma. Meski efeknya tidak secepat obat-obatan medis, obat herbal setidaknya bisa menghindarkan Anda dari efek samping yang tidak perlu.

Noni juice adalah salah satu herbal terbaik yang dapat menekan reaksi sensitivitas tubuh Anda terhadap alergen tertentu yang memicu serangan asma. Herbal ini mengandung zat aktif antrakuinon dan scopoletin yang akan menekan reaksi sebelum asma menyerang.

Tetapi, konsumsi Noni juice harus juga dibarengi dengan tindakan pencegahan seperti yang sudah dijabarkan di atas agar lebih efektif dalam mencegah kambuhnya asma.