5 Tips untuk Mencegah Diabetes


By Cindy Wijaya

Mengubah gaya hidup bisa jadi satu langkah besar untuk mencegah diabetes. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai langkah besar tersebut. Ikutilah tips-tips mencegah diabetes berikut ini.

Ketika menyangkut penyakit diabetes tipe 2—jenis diabetes yang paling banyak diderita—pencegahan adalah langkah terpenting. Ini terutama penting bagi mereka yang punya risiko tinggi menderita diabetes, misalnya karena kelebihan berat badan atau punya riwayat keluarga penderita diabetes.

Pencegahan diabetes sebenarnya sangat mendasar, seperti makan lebih sehat dan aktif secara fisik. Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda sekarang bisa membantu menghindari komplikasi kesehatan serius akibat diabetes di masa depan, misalnya gangguan saraf, kerusakan hati dan ginjal. Simak tips-tips mencegah diabetes berikut yang dirangkum dari American Diabetes Association.

Tips 1: Aktif secara Fisik

Ada banyak manfaat olahraga secara teratur, diantaranya yakni:

  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Meningkatkan sensitifitas terhadap insulin—yang juga membantu mengendalikan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik maupun latihan ketahanan sanggup membantu mencegah diabetes, tapi lebih baik lagi apabila kombinasi dari kedua jenis olahraga tersebut.

Tips 2: Dapatkan Banyak Serat

Serat banyak terdapat dalam buah-buahan, sayur-mayur, gandum utuh, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Serat membantu:

  • Memperbaiki kendali tubuh terhadap kadar gula darah
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mempertahankan rasa kenyang sehingga Anda makan lebih sedikit

Tips 3: Makan Gandum Utuh

Ada banyak makanan yang terbuat dari gandum utuh yang siap dimakan, termasuk macam-macam roti gandum, produk pasta, dan sereal gandum. Carilah label “whole grain” atau “whole wheat” di kemasan produk makanan yang biasanya berada di paling atas label komposisi.

Baca Juga:  15 Buah yang Mengandung Gula Paling Tinggi (II)

Tips 4: Kurangi Berat Badan Ekstra

Apabila Anda kegemukan, langkah awal untuk mencegah diabetes ialah dengan menurunkan berat badan. Setiap kilogram yang dikurangi dapat meningkatkan tingkat kebugaran dan kesehatan Anda. Suatu studi melibatkan partisipan yang mengurangi sekitar 7 persen dari berat badan awal—dan rutin olahraga—mengalami penurunan risiko diabetes sebanyak hampir 60 persen. Angka yang cukup banyak bukan?

Tips 5: Jangan Berpatokan pada Program Diet—Cukup Buat Pilihan Makanan yang Lebih Sehat

Diet rendah kalori, diet indeks glikemik atau program-program diet lain mungkin bisa dengan cepat menurunkan berat badan. Tapi keefektifannya dalam mencegah diabetes masih belum jelas. Dan dengan menjalankan diet ketat bisa jadi Anda malah membatasi asupan jenis makanan tertentu, yang berakibat kurangnya pasokan nutrisi penting. Sebaiknya, jangan batasi pilihan makanan dan variasikan menu makanan supaya mendapat aneka ragam nutrisi penting—hanya saja, tetap batasi porsi makan Anda.

Langkah terakhir dari mencegah diabetes ialah dengan melakukan tes diabetes dengan bantuan dokter. Hal ini khususnya diperlukan bagi mereka yang berusia di atas 45 tahun dan punya badan gemuk. 

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}