5 Langkah Berhenti Merokok!


By Fery Irawan

Apakah Anda merasa sulit menghentikan kebiasaan merokok? Bisa jadi Anda sudah melakukan beragam cara, namun masih belum dapat berhenti dari kebiasaan yang memautkan ini! Cobalah 5 langkah berhenti merokok yang ada dalam artikel ini?

Pertama, motivasi yang kuat. Bagaimana cara mendapatkannya? Pikirkan manfaat yang bisa diperoleh sewaktu terbebas dari kebiasaan merokok.

Pernahkah Anda membayangkan bahwa berhenti merokok dapat menghemat pengeluaran? Ketahuilah bahwa sebungkus rokok dengan harga Rp. 12.000,- dapat menghabiskan gaji bulanan hingga Rp. 372.000,- yang sebenarnya dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Selain dari segi ekonomi, mutu kehidupan juga meningkat. Tanpa rokok, tentu tidak akan ada resiko kesehatan yang diakibatkan oleh rokok. Selain menyelamatkan diri sendiri, Anda juga dapat menyelamatkan nyawa keluarga dan orang-orang lain.

Kedua, miliki kebiasaan yang baik. Tidur lebih lama, minum lebih banyak air atau jus buah, melakukan olahraga yang cukup, menikmati udara segar, dan menghindari konsumsi alkohol. Kebiasaan ini tidak hanya membantu menghentikan kebiasaan merokok, melainkan juga membantu mengurangi efek beracun dari nikotin yang telah bersarang dalam tubuh. Apa cara berikutnya yang dapat dicoba dari 5 langkah berhenti merokok?

Ketiga, tetapkan target atau tanggal. Hal ini penting untuk memperkuat tekad sewaktu berupaya menghentikan kebiasaan ini. Misalnya tetapkan tujuan untuk tidak merokok selama satu hari, lalu tiga hari, kemudian satu minggu, hingga Anda dapat berhenti total. Target jangka pendek akan menahan keinginan merokok. Jika kambuh, jangan patah semangat. Teruslah mencoba!

Keempat, buat pengingat. Tulislah kata-kata pengingat dalam sebuah kartu, misalnya; alasan utama berhenti merokok. Ini akan mengembalikan semangat dan memotivasi Anda untuk tetap fokus pada tujuan semula.

Kelima, perhatikan pergaulan. Apakah kebanyakan teman-teman juga seorang perokok? Jika mereka adalah perokok, ini adalah godaan yang cukup berat. Syukur jika mereka juga sedang berupaya berhenti merokok, Anda tentu akan bersemangat dalam mengatasi kebiasaan yang memautkan ini.

Namun, jika mereka adalah perokok aktif ada baiknya untuk menyampaikan keinginan berhenti merokok. Siapa tahu mereka peduli terhadap upaya ini dan tidak merokok selama bersama Anda. Jika cara ini tidak manjur, ada baiknya pergi ketempat lain (khususnya jika mereka sedang merokok, agar Anda tidak tergoda).

Jika Anda bukan perokok dan ingin membantu orang lain agar tidak merokok, cobalah untuk menyemangati mereka khususnya sewaktu mereka gagal berhenti merokok. Pujian seperti ‘kamu pasti bisa berhenti dari kebiasaan merokok!’ lebih efektif dari pada menyindir mereka.

Anda dapat belajar memaafkan dan bersabar sewaktu membantu mereka menerapkan 5 langkah berhenti merokok dalam artikel ini! Selamat mencoba dan tetaplah berusaha, upaya berhenti merokok yang sedang diupayakan tidak akan sia-sia! Jika orang lain bisa apalagi Anda.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}