4 Kunci Utama Mengobati Darah Tinggi

598

Diedit:

Mengobati darah tinggi memang tidak sulit, cukup dengan berdiet, olahraga rutin, dan hidup rileks. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui lebih dalam tentang diet dan olahraga bagi penderita darah tinggi.

Diet yang Anda lakukan tak boleh asal-asalan dan olahraga di sini bukan asal gerak, karena intensitasnya harus sesuai takaran umur dan berat badan Anda.

Bagaimana Cara Mengobati Darah Tinggi yang Tepat? Pertama, lakukan olahraga ringan tapi rutin. Aktivitas fisik sangat menentukan kesembuhan Anda, tapi kuncinya ada pada keseriusan.

Mengurangi tekanan darah tak cukup dengan olahraga berat satu kali seminggu. Lebih bermanfaat jika Anda setiap hari bergerak, namun dalam intensitas yang ringan atau sedang.

Berapa lama Anda harus olahraga setiap harinya? Cukup luangkan waktu 30-60 menit. Lalu, Anda bisa tambahkan durasinya jika level stamina Anda sudah meningkat.

Jika Anda baru saja memulai rutinitas olahraga dan langsung melakukan gerakan dengan intensitas dan durasi yang terlalu berat, bukan cuma fisik Anda yang menderita kelelahan. Ada akibat yang lebih fatal, yakni kematian.

Otot-otot jantung dan pembuluh darah Anda yang belum fleksibel dan terbiasa dengan gerakan fisik bisa mengantarkan Anda pada serangan jantung yang sangat keras.

Tidak heran kita  sering menjumpai kematian mendadak pada beberapa orang setelah aktivitas olahraga yang berat seperti sepak bola atau futsal.

Variasi Diet Ampuh Mengobati Darah Tinggi

Mengonsumsi berbagai macam makanan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang beraneka macam. Namun, penderita darah tinggi harus tahu mana yang bagus dikonsumsi dan mana yang tidak.

Nah, variasi diet darah tinggi sangat penting, tak hanya mencegah Anda bosan dengan makanan yang itu-itu saja, tetapi juga mempercepat turunnya tekanan darah.

Baca juga:  Cara Menurunkan Darah Tinggi pada Ibu Hamil secara Alami

Makanan yang paling dianjurkan tentu saja buah dan sayuran segar. Jika setiap hari Anda suka makan apel, sekarang variasikan menu Anda dengan buah lain seperti jeruk, mangga, pir, dan buah kaya serat yang lain.

Kurangi Makanan Manis

Ternyata tak hanya makanan berlemak dan karbohidrat saja yang disarankan untuk dikurangi. Meski Anda tak terkena diabetes, dan hanya menderita tekanan darah tinggi, konsumsi gula harus dibatasi.

Konsumsi gula yang rendah bisa menjaga diet Anda tetap bersih. Logikanya, tubuh yang penuh dengan kalori yang didapat dari berbagai macam makanan tak lagi membutuhkan gula. Jika Anda menambah beratnya nutrisi ini dengan gula, maka semakin berat kalori yang ditimbun di tubuh.

Kurangi Makanan Olahan

Hal terakhir yang perlu Anda ingat saat berdiet adalah mengurangi makanan tak segar atau makanan olahan. Anda mungkin tipe orang pekerja keras. Hidup Anda untuk bekerja dan Anda bahagia dengan keadaan Anda sekarang.

Sayangnya, yang tak bahagia adalah tubuh Anda. Saking terbatasnya waktu, memasak mungkin menjadi hal yang paling menyebalkan bagi Anda. Akibatnya, membeli makanan instan dan olahan adalah pilihan terbaik.

Sekali lagi, ini gaya hidup yang tidak benar. Makanan olahan yang biasa dikonsumsi untuk kondisi-kondisi darurat justru menjadi makanan sehari-hari Anda.

Makanan instan mengandung 75 persen asupan sodium untuk tubuh dan jelas bahwa sodium merupakan pemicu nomor satu naiknya tekanan darah tinggi Anda. Sekarang, waktunya eksekusi! Lakukan semua hal di atas untuk mengobati darah tinggi Anda!