4 Faktor Unik Dalam Melakukan Diet Sehat!

518
Shutterstock

Diedit:

Ada 2 indera dari panca indera kita yang berperan aktif dan menentukan berat badan. Tahukah Anda apa itu? Tidak lain ialah mata dan hidup, setelah kedua indera ini menangkap objek yang menggugah selera makan, tentu saja mulut – terutama lidah tak akan berhenti menahan laju air liur yang melembabkan seluruh rongga mulut. Karena kekuatan yang begitu besar dari kedua organ ini, makan Anda perlu melihat 4 faktor unik dalam melakukan diet sehat berikut!

Hindarilah Pilihan Warna Cerah; Tampaknya warna cerah turut meningkatkan selera makan. Beberapa warna yang sangat menarik mata ialah kuning, merah muda, oranye, ungu dan emas. Maka tidak heran jika beberapa restoran seringkali menampilkan variasi hidangan yang berwarna, bahkan ruangan juga di desain serupa. Agar Anda dapat melakukan diet sehat, Anda juga dapat menghindari penggunaan warna tersebut – terutama saat mendekorasi dapur/ruang makan. Warna biru dapat dipilih, karena mampu menurunkan selera hingga 30%.

Perhatikan Wadah Makanan; International Journal of Obesity melaporkan bahwa 71% orang cenderung makan lebih banyak, saat melihat makanan yang berada dalam wadah transparan. Maka agar Anda dapat berhasil saat melakukan diet sehat, ada baiknya untuk mengganti wadah makanan dengan warna yang lebih gelap. Anda juga perlu perhatikan ukuran piring yang digunakan untuk makan, cobalah untuk menggunakan piring berukuran kecil, sehingga Anda dapat mengontrol jumlah porsi makanan yang hendak disantap saat itu.

Hindarilah Lampu Remang; walau kelihatannya tak ada hubungan sama sekali, sebenarnya penerangan yang tidak begitu jelas akan menggoda Anda untuk mengambil banyak sekali makanan. Maka hindarilah instalasi lampu remang pada ruang makan dan dapur. Tak hanya berbahaya bagi berat badan Anda, lampu seperti ini dapat menyebabkan kecelakaan yang tak diinginkan – terutama saat mengolah makanan, misalnya teriris saat sedang memotong bahan makanan. Lampu remang hanya cocok digunakan di tempat istirahat atau santai.

Baca juga:  Buah untuk Diet Sehat yang Kaya Nutrisi

Cobalah Menghirup Aroma Buah; The Smell and Taste Foundation di Chicago, memperlihatkan bahwa dengan menghirup aroma buah, Anda cenderung mengalami penurunan selera makan. Hal ini tentu menjadi informasi yang tampaknya asing di telinga Anda. Namun, tak ada salahnya untuk membuktikan sendiri kebenarannya. Menghirup aroma buah dapat menimbulkan sensasi kepuasan, saat menghirup aroma buah bayangkan Anda sudah memakan banyak buah itu dan jadikan buah yang Anda hirup sebagai yang terakhir untuk disantap.

Ya, 4 faktor unik dalam melakukan diet sehat bisa menjadi cara yang menyenangkan dalam menjalani program diet tanpa rasa lapar yang terlalu ekstrim. Tekad yang kuat, pengendalian diri, dan pemahaman yang baik akan makanan serta keadaan disekitar Anda turut berperan aktif dalam menyukseskan setiap upaya guna menurunkan berat badan.