14 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

806

Diedit:

Di masa lalu Anda mungkin pernah mengenal buah cermai. Buah ini dulu lazim diolah sebagai manisan. Sayangnya belakangan ini banyak terlupakan bahkan semakin sedikit orang yang mengenalnya. Bilapun ada, hanya dijadikan sebagai tanaman perindang di pekarangan atau dibiarkan tumbuh liar di kebun-kebun.

Sampai kita dikejutkan dengan pemberitaan manfaat menakjubkan buah amla dari India—yang tak lain dan tak bukan adalah buah cermai di Indonesia. Dunia barat dikenalkan dengan bagaimana berkhasiatnya buah ini oleh India, diperdagangkan secara khusus sebagai salah satu komoditas produk kesehatan herbal. Dan kini kita kembali diingatkan, mengenai buah cermai yang lama terlupakan dan manfaat buah cermai untuk kesehatan.

Sekilas buah ini mengingatkan kita akan buah anggur karena bertumbuh secara bergerombol mirip cara tumbuh anggur. Tapi cermai sebenarnya termasuk dalam jenis buah berry, karena itu buah ini memiliki nama internasional Gooseberry.

Buah ini unik sekali karena memiliki rasa masam yang kuat saat masih muda tapi akan mejadi sangat manis setelah matang. Karenanya banyak orang memanfaatkan buah ini untuk dua tujuan berbeda saat muda dan matang.

Yang menjadi salah satu kekuatan dari buah cermai adalah nutrisinya yang terbilang lengkap. Di dalamnya tersimpan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu Anda bisa menemukan kandungan vitamin A, B6, B6, B9, dan B1. Kandungan mineralnya juga cukup lengkap. Yang paling banyak adalah kalium atau potasium, lalu kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan.

Dalam buah cermai juga tersimpan kandungan tannin, quercetin, dan flavonoid yang cukup tinggi baik di saat muda ataupun matang. Meski tak populer, kandungan antioksidan di dalam cermai termasuk cukup tinggi. Tambah lengkap dengan kandungan serat di dalam buah cermai serta sejumlah enzim yang membantu kinerja pencernaan. Belum banyak diulas apa saja enzim yang terkandung dalam cermai ini, namun peran-perannya sudah banyak diungkap dalam beberapa tulisan.

Berkat kelengkapan sejumlah kandungan nutrisi dan fitonutrien tersebut, berikut adalah 15 manfaat buah cermai untuk kesehatan yang disadur dari sumber Organicfacts.net.

1. Membantu mengatasi konstipasi (sembelit)

Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi, kebanyakan adalah jenis serat larut air yang memiliki daya dorong cukup kuat melancarkan BAB. Di kawasan Sumatera, mereka biasanya mengonsumsi cermai muda yang asam untuk mengatasi konstipasi. Namun berlebihan dengan cermai muda akan menyebabkan masalah pada lambung dan usus.

2. Membantu mengatasi diare

Menarik sekali buah cermai ini, karena kinerjanya sangat baik pada sistem pencernaan. Perannya dalam fungsi pencernaan dijelaskan mendalam dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2011 bertajuk ‘Phytochemistry, traditional uses and cancer chemopreventive activity of Amla.’

Selain untuk sembelit, buah ini bisa pula digunakan untuk mengatasi diare. Kandungan serat gandanya beberapa merupakan serat tak larut. Disempurnakan dengan kandungan sejumlah enzim, mengonsumsi cermai matang akan membantu mengatasi keluhan diare dengan memadatkan kembali BAB yang terlalu cair. Buah cermai juga memiliki sifat astringent yang membantu mengatasi rasa mulas dan panas pada perut saat diare.

3. Membantu mencerna protein

Sebagaimana dijelaskan bahwa buah cermai mengandung kadar enzim yang cukup baik untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Salah satunya bekerja membantu proses pencernaan protein. Protein yang sudah terproses dengan baik siap untuk diserap oleh liver untuk menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Protein yang tersalurkan dengan baik dalam tubuh akan membantu mencegah terbentuknya cadangan lemak yang membungkus otot. Protein juga penting dalam sejumlah proses regenerasi sel hingga untuk kinerja otak. Juga diperlukan dalam keseluruhan metabolisme tubuh.

4. Membantu menyerap kalsium

Kelebihan lain dari buah cermai adalah mendorong memaksimalkan daya serap tubuh terhadap kalsium. Ini berkat kadar vitamin C di dalamnya yang tinggi disertai sejumlah enzim yang memiliki peran dalam penyerapan kalsium. Ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat dalam cermai, buah ini diam-diam juga baik untuk kesehatan tulang. Ini dijelaskan dalam ulasan American Journal of Nutrition tahun 1982 bertajuk ‘Calcium bioavailability and absorption: a review.’

5. Membantu pasien diabetes

Dalam buah cermai terkandung kromium, sejenis senyawa mineral yang berperan terhadap proses penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Buah cermai sudah banyak digunakan secara tradisional sebagai buah pilihan dalam menu diet pengidap diabetes di India.

6. Membantu mencegah serangan jantung

Kromium ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan menjaga kelancaran sirkulasi darah. Perannya sangat baik mencegah penimbunan kolesterol dalam darah sehingga juga baik untuk mencegah arterosklerosis dan masalah pada kesehatan jantung. Ini karena kromium bekerja meningkatkan efek beta blocker, yang bekerja mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Riset lain membuktikan bahwa buah cermai atau amla ini juga dikenal memiliki kemampuan menguatkan otot jantung. Besar kemungkinan karena kemampuannya dalam meningkatkan daya serap protein yang menjadi salah satu komponen otot, termasuk otot jantung. Ini dijelaskan dalam ‘A comparative clinical study of hypolipidemic efficacy of Amla (Emblica officinalis) with 3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme-A reductase inhibitor simvastatin’ pada Indian Journal of Pharmacology tahun 2012.

7. Sebagai diuretik

Buah cermai ternyata juga bisa bekerja sebagai elemen diuretik, yakni mendorong tubuh menarik lebih banyak cairan dan menghasilkan air kencing lebih banyak. Efek diuretik akan sangat bermanfaat untuk melancarkan kembali BAK dan membantu membersihkan endapan yang tersisa pada ginjal.

Diuretik adalah terapi yang sehat untuk ginjal. Bahkan juga baik untuk membantu mempercepat pembuangan toksin, garam, asam urat, dan bakteri pada hati dan ginjal. Ini dijelaskan dalam International Research Journal of Pharmacy tahun 2011 dengan judul ‘Phytochemical and Toxydity of Amla.’

8. Memperbaiki sistem pencernaan

Beberapa orang menjadi sangat kurus karena kondisi pencernaan mereka yang buruk, daya serap pencernaan yang tidak optimal dan kinerja enzim yang tidak efektif. Dengan mengonsumsi buah cermai matang secara rutin, kinerja pencernaan akan distimulasi dan fungsi enzim akan membaik.

Inilah yang akan membantu mereka yang sangat kurus untuk mencapai berat badan idealnya. Di sisi lain cermai bukan penambah berat badan, jadi tidak membuat seseorang yang sudah kelebihan berat badan mengalami masalah.

9. Sebagai perawatan rambut

Dalam sejumlah riset lokal di India, ditemukan buah cermai disana bisa dimanfaatkan sebagai tanaman perawatan rambut. Bahkan amla, cermai ala India sudah digunakan secara modern dalam tonik rambut.

Minyak sari amla digunakan sebagai pengobatan rambut rontok dan masalah kerusakan rambut. Kemampuannya dalam melancarkan aliran darah juga bekerja pada sirkulasi darah menuju rambut sehingga akar rambut tersuplai nutrisi dan oksigen mencukupi.

10. Membantu mengatasi infeksi

Buah cermai mengandung vitamin C dalam dosis tinggi yang bekerja melawan serangan bakteri dan virus, serta menstimulasi fungsi imunitas. Cermai juga memiliki asam laktat yang memiliki kemampuan anti bakteri. Cermai juga bekerja sebagai astringent yang meredakan efek inflamasi. Tannin sendiri memiliki pengaruh baik pada kelenjar tiroid dan menstimulasi tubuh lebih peka terhadap serangan infeksi.

Ada demikian banyak alasan kenapa buah cermai sangat baik untuk mengatasi infeksi. Bahkan dalam tulisan International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences tahun 2010 bertajuk ‘Antibacterial Potential of Some Herbal Preparation’, nama buah cermai masuk dalam daftar herbal terbaik untuk mengatasi infeksi bakteri.

11. Baik untuk diet

Kadar kalori dalam buah cermai terbilang rendah, menurut sumber Nutrition-and-you.com, kadar kalorinya hanya sekitar 44 kalori untuk 100 gram. Namun nutrisinya cukup tinggi ditambah kemampuannya meningkatkan daya serap protein.

Selain itu buah cermai juga baik untuk diet berkat kadar seratnya yang juga cukup besar. Ada peran buah cermai pula untuk menstimulasi pembakaran dan meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa darah. Inilah yang menjadikannya salah satu buah favorit dalam diet yang lazim diterapkan di India.

12. Baik untuk pencegahan kanker

Kandungan antioksidannya cukup tinggi dengan jenis yang cukup beragam. Jadi tidak heran kalau buah ini juga masuk dalam buah anti kanker. Sayangnya, penelitian soal manfaat buah cermai sebagai anti kanker masih terbatas. Saat ini beberapa pakar mencoba meriset adanya kemungkinan kandungan B17 dalam biji cermai yang memiliki kemampuan relatif kuat melawan kanker.

13. Membantu mengatasi asma

Manfaat buah cermai untuk mengatasi asma masih dalam batasan wacana pengobatan tradisional. Baik di Sumatera maupun di India, buah cermai biasanya dimanfaatkan untuk terapi asma. Kadang biji-bijinya dikeringkan dipadukan dengan beberapa herbal dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk asma. Kami sempat mengulas mengenai cermai untuk asma di artikel: Ceremai, Bantu Ringankan Sakit Asma.

14. Sebagai perawatan kulit

Karena buah cermai dikenal baik untuk infeksi, maka buah ini bisa membantu meredakan masalah kulit yang berjerawat. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau menggunakannya sebagai terapi langsung dengan mengoleskan airnya pada kulit yang berjerawat.

Sedangkan dalam ulasan lain dikatakan buah cermai juga baik untuk mencegah kulit berkerut. Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk menangkal radikal bebas pada kulit, juga kadar kromiumnya yang baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

Dalam metode pengobatan holistik Ayurveda di India, buah cermai secara tradisional sudah dimanfaatkan sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan maupun untuk mengobati berbagai penyakit berat, termasuk diabetes. Tak heran kenapa buah ini punya riwayat yang baik, melihat adanya manfaat-manfaat kesehatan yang dimilikinya seperti sudah dijelaskan di artikel ini.

Buah yang belakangan kehilangan popularitasnya di Indonesia, ternyata menyimpan banyak manfaat. Mungkin tidak ada salahnya mulai dari sekarang menanam pohon cermai di pekarangan rumah Anda. Dan Anda bisa menikmati manfaat buah cermai sepuasnya.

Advertisement
Alinesia