Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Tomat untuk Kesehatan Jantung Tomat untuk Kesehatan Jantung johnnyseeds.com

11 Makanan yang Sehat untuk Jantung Anda

Untuk memiliki jantung sehat, Anda memang disarankan untuk menghindari makanan olahan dan makanan awetan yang dipastikan memiliki pengaruh negatif untuk kesehatan jantung. Beberapa pakar justru menyarankan Anda untuk memilih makanan rumahan olahan sendiri ketimbang mengonsumsi makanan siap saji dan olahan.

Tetapi lebih dari sekedar makanan rumahan. Untuk memiliki jantung yang sehat, Anda sangat disarankan memilih jenis makanan yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Pada dasarnya, masalah jantung adalah sebuah efek imbas dari sejumlah aspek kesehatan lain seperti tingginya kadar kolesteroldalam darah, masalah pada sistem sirkulasi darah, termasuk tekanan darah dan masalah diabetes.

Jadi diharapkan, dengan memilih makanan sehat ala rumahan, Anda bisa menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan kadar glikemik dalam level aman sehingga menjaga jantung Anda menjalankan tugasnya dengan moderat tanpa beban. Inilah yang akan menjaga jantung Anda tetap sehat dalam jangka waktu lebih lama.

Dan menurut sumber livestrong.com, berikut ini adalah sejumlah makanan yang dinyatakan baik bahkan bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Yoghurt

Bila susu dikatakan bukan jenis minuman yang cukup bersahabat dengan jantung, maka produk turunan susu yang satu ini malah sangat bersahabat dengan jantung. Bahkan dikatakan sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita jantung sekalipun.

Dalam yoghurt tersimpan kandungan anti oksidan, sejumlah mineral dan vitamin serta kandungan probiotik dan prebiotik yang baik untuk membantu memaksimalkan fungsi usus, baik dalam memproses makanan dan membantu melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi yoghurt akan meningkatkan efisiensi sistem pencernaan, membantu memecah komponen lemak sehingga tidak menjadi kolesterol dalam darah, memudahkan pembuangan kelebihan lemak melalui feses dan membantu membersihkan pencernaan dan endapan sisa kotoran. Pencernaan yang sehat akan membantu memperbaiki kualitas sirkulasi darah.

Semangka

Ada kandungan air yang berlimpah dibalik kulit tebal hijau itu, dan ada kandungan vitamin, mineral serta anti oksidan yang tinggi dalam daging buahnya yang ranum. Baik semangkamerah atau kuning, keduanya diperkaya nutrisi dan air yang baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan lycopene yang menjadi salah satu rahasia dari semangkaterbilang sangat tinggi, terutama untuk jenis semangka merah. Lycopene terbukti memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaga fungsi otot jantung serta mengentaskan kadar kolesterol jahat berlebih dalam darah.

Dalam semangka juga tersimpan citrulline yang baik untuk menjaga kesehatan sirkulasi darah dan membantu menurunkan kadar glikemik dengan efektif. Semuanya memberi imbas langsung dan tidak langsung pada kesehatan jantung.

Buah berry

Semua jenis berry-berryan dikenal akan kandungan vitamin C dan E yang sangat berlimpah. Sebagaimana kita pahami, vitamin C dan E adalah jenis antioksidan selain juga berperan sebagai vitamin, yang sangat baik untuk membantu melerai kolesterol dan membantu memperbaiki sirkulasi darah.

Jangan lupa berry adalah jenis keluarga buah-buahan yang memiliki jenis dan kadar anti oksidan sangat tinggi. Bukan hanya baik sebagai anti kanker, tetapi juga meningkatkan kinerja liver untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuang toksin dan aspek karsinogen dalam tubuh.

Pahami, bahwa liver yang sehat memberi pengaruh positif untuk baik untuk kesehatan darah, membantu menekan kadar gula darah dan mempengaruhi sirkulasi darah. Pada akhirnya manfaatnya akan sangat terasa untuk kesehatan jantung.

Tomat

Vitamin C dalam buah tomat terkenal berlimpah, dikuatkan dengan kadar betakaroten yang bukan hanya bekerja sebagai provitamin A tetapi juga membantu memecah kelebihan lemak dalam darah. Karena untuk merubah provitamin A menjadi vitamin A, tubuh membutuhkan peran lemak. Lemak yang digunakan untuk merubah provitamin A menjadi vitamin A akan pecah dan keluar dari dalam tubuh.

Kandungan lycopene baik pula untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk mengenyahkan kelebihan kolesterol dari darah. Ini akan membantu mencegah terbentuknya arterosklerosis yang dapat memicu terjadinya kerusakan jantung dan masalah tekanan darah tinggi.

Alpukat

Bicara soal alpukatmemang sangat menarik. Sementara kebanyakan buah kaya akan air, maka buah yang satu ini malah kaya akan lemak. Tetapi bukan sembarang lemak, melainkan jenis lemak sehat monosaturated fat.

Lemak sehat ini mengandung lypid yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kadar HDL kolesterol dan menurunkan kadar LDL kolesterol. HDL kolesterol justru bekerja menjaga elastisitas pembuluh darah dan otot jantung. Juga membantu mencegah terbentuknya arterosklerosis atau pembentukan plak kolesterol pada pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Jangan lupa alpukatkaya akan vitamin E, karotenoid, vitamin C dan sejumlah komponen serat. Dijelaskan keempat komponen ini semakin menguatkan kemampuan alpukat sebagai makanan sehat untuk jantung.

Sayuran hijau

Sayuran hijau dikenal kaya akan serat yang tinggi. Ini membantu menjaga tubuh untuk tidak dengat cepat menaikan kada glukosa dalam darah dengan memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Selain juga membantu melancarkan pencernaan, sehingga memudahkan proses pembuangan kelebihan lemak makanan melalui feses.

Dan ternyata dalam makanan sayuran hijau tersimpan folat yang baik untuk otot jantung, aspek anti inflamasiyang juga mencegah infeksi-infeksi lanjutan yang bisa berimbas pada jantung, juga kaya akan aspek mineral lain termasuk mangaan, kalsium, kalium, magnesiumdan banyak lagi.

Semuanya bekerja untuk kesehatan sistem pembuluh darah, keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu menjaga sirkulasi darah berjalan baik. Semua aspek penting yang berperan dalam menjag kesehatan jantung.

Kacang-kacangan

Pada dasarnya semua jenis kacang-kacangan baik untuk kesehatan jantung. Baik itu jenis basah seperti kacang merah, kacang hijau atau kacang polong, juga jenis kacang kering macam kenari, hazelnut, kacang almond dan sebagainya.

Kebanyakan jenis kacang-kacangan basah mengandung serat dan kandungan protein serta vitamin E yang baik untuk kesehatan pembuluh darah. Serat akan membantu memperlambat penyerapan kolesterol, dan menahannya sehingga sebagian tidak terserap tubuh melainkan keluar kembali menuju feses.

Sedang kacang jenis kering akan mengandung lemak sehat yang bekerja sebagai HDL kolesterol. Telah kami jelaskan bagaimana HDL akan menekan level LDL dan justru bekerja menekan resiko kerusakan pembuluh darah dan membantu menjaga sinergi pembentukan energi dengan lebih baik. Sehingga menekan resiko pembentukan cadangan lemak yang akan memungkinkan terjadinya gangguan jantung.

Quinoa

Ini adalah salah satu jenis grain atau makanan biji-bijian sumber karbohidrat yang memiliki rangkaian manfaat untuk tubuh, termasuk untuk melindungi kesehatan jantung dan sistem sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

Quinoa mengandung serat baik yang membantu memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah dengan cepat. Juga baik untuk menjaga tubuh tetap kenyang sehingga mengendalikan asupan kalori dalam tubuh.

Jangan lupa, ketika jenis grain lain hanya memiliki kadar karbohidrat kompleks belaka, yang satu ini juga dipersenjatai dengan lemak omega 6 setingkat dengan zaitundan alpukat. Jadi jelas akan memberi manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salmon

Sebenarnya semua jenis ikan baik untuk jantung. Protein pada ikan tidak disertai dengan kadar lemak jahat, juga mengandung cukup banyak komponen mineral yang baik untuk kesehatan tubuh secara general, termasuk untuk kesehatan otot jantung.

Tetapi, lebih dari itu, salmon mengandung kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Demikian tinggi sehingga dianggap sebagai salah satu sumber yang paling utama. Asam lemak omega 3 adalam komponen HDL yang baik untuk kesehatan jantung, bahkan memberi manfaat langsung pada kinerja otot jantung, selain juga membantu merawat kesehatan pembuluh darah.

Omega 3, dikenal baik untuk mejaga keseimbangan tekanan darah, menyeimbangkan detak jantung yang tidak normal, mencegah terbentuknya inflamasipada tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menyehatkan fungsi pembuluh darah.

Oatmeal

Selain quinoa, grain yang satu ini juga memberi manfaat untuk jantung. Kadar karbohidrat kompleks di dalamnya memberi manfaat mencegah kenaikan kadar glukosa yang drastis dan cepat. Untuk Anda pahami, semakin sering kadar glukosa naik dan turun dengan drastis, semakin riskan otot jantung mengalami gangguan.

Oatmeal juga bekerja serupa dengan spons untuk menyerap kelebihan lemak dalam tubuh. Dengan kinerja uniknya ini, maka tubuh lebih efektif mengentaskan kelebihan lemak dalam pencernaan dan darah.

Untuk Anda pahami, bahwa grain termasuk oatmeal adalah makanan sumber karbohidrat yang sangat baik untuk mencegah obesitas. Dan obesitassendiri adalah salah satu faktor utama terjadinya masalah jantung.

Blewah dan melon

Kedua buah ini dikenal dengan rasanya yang manis segar dan aroma harum. Tentu saja, ini adalah buah favorit di saat udara sedang terik dan panas. Tetapi rupanya manfaat buah segar ini bukan berhenti sampai di sana, ada manfaat kesehatan jantung yang bisa Anda reguk di dalamnya.

Ini karena kedua buah ini kaya vitamin C juga kandungan mineral dan anti oksidan yang sangat tinggi. Kemampuannya juga efektif membantu menurunkan dengan cepat kadar kolesterol dalam darah, Kandungan kalium di dalamnya efektif menurunkan tekanan darah. Semua aspek yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Jadi, bukan hanya soal makanan rumahan yang sehat, pastikan Anda juga menambahkan sejumlah makanan-makanan sehat untuk jantung di atas, untuk memaksimalkan manfaat sajian rumahan Anda sehingga lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung Anda dan keluarga.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register