11 Alasan Buah Berry Adalah Pilihan Buah Terbaik: Bagian 2

491

Diedit:

Artikel bagian pertama dari kedua seri artikel ini sudah membahas mengenai manfaat berry dan alasan kenapa buah dengan rasa asam dan manis yang khas ini banyak dinobatkan sebagai superfood. Bahkan beberapa pakar kesehatan memasukan berbagai jenis sajian berbahan berry dalam menu diet termasuk untuk diet untuk penanganan sejumlah penyakit.

Berry sendiri sebenarnya sangat beragam. Dan setiap jenis berry memiliki kandungan nutrisi dan fitokimia berbeda. Seperti kandungan zat besi, folat dan antosianin yang tinggi dalam blackberry, namun Anda akan menemukan kandungan polifenol dan flavonoid tinggi dalam strawberry. Anda juga bisa menemukan kadar quercetin yang tinggi dalam buah Noni.

Ini membuat buah-buahan berry memiliki manfaat yang berbeda tergantung pada jenis kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Dan untuk lebih jelasnya, setelah penjelasan mengenai manfaat berry tahap pertama dalam halaman sebelumnya, berikut Anda bisa menemukan sejumlah manfaat berry lain dalam 6 daftar berikut ini.

1. Mengandung nutrisi yang lengkap

Yang menarik dari buah-buahan berry adalah kandungan nutrisinya yang lebih dari sekedar fitokimia dan antioksidan. Berry juga memiliki kekayaan kandungan vitaminnya yang relatif lengkap dan tinggi. Ditambah dengan sejumlah kandungan mineral yang juga tak kalah kaya.

Salah satu kandungan tertinggi dalam berry adalah vitamin C. Dikatakan dalam Authoritynutrition, kandungan vitamin C dalam 1 mangkuk strawberry bisa mencapai angka kisaran 150% kebutuhan vitamin C tubuh. Selain itu kandungan vitamin E dan sejumlah jenis vitamin B serta vitamin K juga lazim Anda temukan dalam beragam jenis berry.

Tidak hanya itu, masih bersumber dari Authoritynutrition, dikatakan dalam berry ditemukan kandungan sejumlah jenis mineral seperti mangaan, zat besi, tembaga, fosfor dan masih banyak lagi.

Manfaat berry yang berlimpah bagi kesehatan dimungkinkan karena ada banyak kandungan vitamin dan mineral bermanfaat, khususnya vitamin C dan mineral mangan, namun buah ini tetap rendah kalori.

2. Memiliki kadar kalori yang rendah

Kabar baik bagi pelaku diet, berry apapun jenisnya cenderung bersahabat untuk segala jenis diet. Itu karena kadar kalori dalam buah berry apapun jenisnya cenderung rendah jadi tidak mengganggu program diet Anda. Bahkan buah jenis berry dipersilahkan masuk dalam daftar menu diet ketogenik yang biasanya menghindari asupan buah.

Baca juga:  11 Alasan Buah Berry Adalah Pilihan Buah Terbaik: Bagian 1

Kadar kalori pada berry hanya berkisar pada angka 60 sampai 84 kkal untuk satu cupnya saja. Itupun kebanyakan kalorinya berasal dari serat larut yang juga sangat bersahabat untuk diet. Mengingat fungsi serat larut dalam membantu mendorong pembuangan kelebihan lemak dalam sistem pencernaan.

Buah-buahan berry juga cenderung mudah Anda sajikan dalam beragam gaya kuliner, termasuk bilapun Anda ingin menyajikannya dalam bentuk mentah. Anda bisa campur dengan semangkuk sereal atau Anda sajikan sebagai selai bersama roti gandum.

Berry juga bisa Anda simpan dalam kondisi beku untuk simpanan di saat sedang tidak musim. Kadar asam dalam berry juga terbukti membantu menetralkan efek makanan tinggi kalori dan lemak dari makanan lain seperti ayam dan daging merah.

Manfaat buah berry untuk membantu program diet Anda berkat kandungan kalori yang dimilikinya relatif rendah sehingga cocok dimasukkan ke dalam masakan, dijadikan camilan, atau dikonsumsi sebagai hidangan penutup.

3. Menurunkan kadar kolesterol darah

Dalam berry kebanyakan dijumpai sejumlah kandungan senyawa asam yang bekerja menetralkan kandungan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini beberapa kali diungkap dalam sejumlah riset.

Anda bisa menemukannya dalam salah satu jurnal Phitotherapy Research 2014 dengan tajuk Effects of black raspberry on lipid profiles and vascular endothelial function in patients with metabolic syndrome mengenai manfaat raspberry dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal senada juga bisa Anda lihat dalam Nutrition Research 2010 bertajuk “Strawberries decrease atherosclerotic markers in subjects with metabolic syndrome” mengenai kemampuan 1 mangkuk strawberry dalam 8 pekan bisa menurunkan 11% kadar LDL.

Manfaat berry untuk menurunkan kolesterol bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL serta membantu melindungi kolesterol LDL tersebut agar tidak teroksidasi.

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

Sejumlah riset memang membuktikan adanya manfaat berry untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E dalam berry berperan besar dalam membantu menstimulasi regenerasi sel kulit. Termasuk mencegah masalah penuaan dini, kerutan dan membantu mengatasi efek kulit kusam karena efek paparan sinar matahari dan zat kimia.

Baca juga:  11 Alasan Buah Berry Adalah Pilihan Buah Terbaik: Bagian 1

Kandungan antioksidan dalam buah-buahan berry juga berperan membantu mengatasi radikal bebas. Radikal bebas yang terpapar pada kulit akan memicu terjadinya produksi minyak berlebihan, penurunan sistem imun kulit yang memicu terjadinya jerawat dan sejumlah infeksi jamur. Juga menyebabkan kulit menjadi kusam dan bernoda.

Pengaruh buruk radikal bebas pada kulit dapat Anda temukan lebih jelas dalam Ageing Research Reviews 2015 dengan judul “Oxidation events and skin aging”.

Manfaat buah berry untuk kesehatan kulit dimungkinkan karena mengandung antioksidan asam ellagic yang dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit yang berkaitan dengan paparan sinar matahari.

5. Membantu menjaga sirkulasi darah

Sirkulasi darah sangat bergantung pada kualitas pembuluh darah. Semakin sehat pembuluh darah semakin baik pula sirkulasi darah seseorang. Berterimakasih pada kemampuan senyawa-senyawa dalam beragam jenis buah berry yang terbukti membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat, membantu mencegah pembentukan plak kolesterol pada pembuluh darah sehingga membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah.

Selain aspek pembuluh darah, kesehatan jantung juga berperan dalam membantu fungsi sirkulasi darah. Dan menurut jurnal “New Markers of Inflammation and Endothelial Cell Activation” tahun 2013, dijelaskan bahwa berry memiliki peran membantu mencegah dan mengatasi inflamasi pada endhothial sistem yang berperan dengan kesehatan jantung.

Manfaat berry untuk menjaga sirkulasi darah berkaitan dengan kemampuannya untuk meningkatkan serta mengembalikan fungsi normal dari pembuluh darah arteri.

6. Baik untuk mengatasi asam urat

Dalam laman Naturalarthritistreatments.net, dijelaskan bagaimana buah-buahan jenis berry memang memiliki manfaat besar dalam mengatasi keluhan asam urat, nyeri sendi dan reumatik.

Kandungan sejumlah senyawa fitokimia dalam berry bekerja menurunkan kelebihan purin dalam darah yang bisa diidentifikasi tubuh sebagai toksin. Turunnya kadar purin akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Asam urat inilah yang bisa membentuk kristal dan menyebabkan efek iritasi dan inflamasi pada persendian dan otot.

Kabar baiknya lagi, berry juga memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan sendi akibat asam urat. Kadar asam di dalamnya juga baik untuk mendorong tubuh membentuk keseimbangan ph baru dalam darah yang pada akhirnya akan menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Manfaat buah berry untuk mengatasi asam urat diyakini berkat kandungan antosianin yang dimilikinya mampu menstabilkan molekul-molekul radikal bebas penyebab peradangan dan kerusakan pada sel-sel serta jaringan tubuh.

Anda bisa melihat betapa banyaknya manfaat berry bagi kesehatan. Jadi tidak salah memang bila ragam jenis buah berry kemudian banyak dimasukan dalam daftar superfood. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk memasukan berry dalam daftar menu harian Anda.

Kebanyakan jenis buah berry memiliki rasa yang lezat, lengkap dengan gizi limpahnya yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Dengan memasukkan buah berry ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, Anda bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan cara yang sangat enak.

Advertisement
Alinesia