10 Manfaat Buah Nangka: Salah Satunya untuk Menurunkan Darah Tinggi

657
Shutterstock

Diedit:

Nangka adalah buah berukuran sangat besar, dan daging buahnya berwarna kuning serta memiliki rasa yang manis dan berair. Ada biji di dalam setiap daging buahnya, yang sebagian besar terdiri dari zat pati dan protein. Buah ini populer di Indonesia maupun di negara-negara Asia lainnya, dan paling banyak tersedia selama musim panas.

Kandungan nutrisi di dalamnya memberikan banyak sekali manfaat buah nangka bagi kesehatan. Nangka mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan B6, kalsium, potasium, zat besi, asam folat, tiamin, riboflavin, niasin, dan magnesium.

Juga kaya akan kandungan serat makanan dan mempunyai sejumlah besar pigmen flavonoid, misalnya karoten, xantin, lutein, dan cyrptoxantin.

Daging buah nangka mudah dicerna karena mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukorsa. Selain itu, buah ini juga bebas dari kandungan gluten dan kasein. Nangka juga mengandung banyak air, yang sekitar 80 persen terdiri dari air.

Anda bisa mengolah buah nangka menjadi selai, jeli, es krim, permen, kue, bahkan sambal. Bahkan juga bisa dijadikan tambahan untuk salad buah, smoothies, atau camilan sehat. Anda dapat menggunakan buah nangka mentah untuk memasak kari, semur, dan hidangan sayuran lezat lainnya.

Catatan: Konsumsi nangka yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, jadi makanlah dalam jumlah secukupnya. Selain itu, nangka juga tidak dianjurkan dimakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karena mengandung berlimpah vitamin C (sejenis antioksidan), nangka memberikan manfaat tambahan bagi kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi dari sel-sel tubuh. Antioksidan ini juga membantu menetralisir radikal-radikal bebas dalam tubuh, yang merusak membran-membran sel dan bahkan DNA.

Sistem kekebalan tubuh membentuk perlindungan kokoh terhadap infeksi dari virus maupun bakteri. Hal ini membantu mencegah penyakit-penyakit umum seperti batuk, pilek, dan flu.

100 gram buah nangka saja sudah memberikan sebesar 13,8 mg atau 17 persen dari seluruh kebutuhan vitamin C untuk sehari. Jadi, kalau tersedia, cobalah makan setidaknya 1 cup buah nangka setiap hari untuk meningkatkan asupan antioksidan bagi tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kalau Anda melihat adanya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, cobalah mulai konsumsi buah nangka untuk mengatasinya. Kandungan antioksidan di dalamnya mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh tingginya stres dan polusi. Hal ini pada akhirnya akan memperlambat proses penuaan serta mengurangi kerutan, garis-garis halus, dan kulit kering.

Vitamin C dalam nangka juga membantu produksi kolagen, yang adalah protein untuk menjaga kulit tetap kencang dan kuat.

Di samping itu, nangka juga membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi baik karena mengandung banyak air. Kulit yang terhidrasi baik akan tampak lebih cerah dan awet muda.

Meningkatkan Energy Level

Khasiat buah nangka juga untuk menambah energi Anda. Nangka mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan tubuh Anda tambahan energi langsung tanpa secara signifikan memengaruhi kadar gula darah. Di sisi lain, nangka juga tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol.

Nangka juga meningkatkan metabolisme, yang membantu tubuh membakar kalori lebih cepat untuk mengubahnya menjadi energi. Selain itu, kandungan air yang tinggi di dalamnya akan menjaga level energy Anda tetap baik.

1 cup buah nangka adalah tambahan makanan yang bagus, terutama kalau Anda sering berolahraga atau beraktivitas yang membutuhkan suplai energi secara tetap.

Mengatasi Sembelit

Kandungan serat makanan di dalam nangka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat menambah massa dari kotoran dan melembutkannya. Hal ini membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, buah nangka membantu menjaga saluran pencernaan tetap bersih serta mencegah penumpukan dari limbah tubuh di dalam usus. Juga membantu mencegah kanker usus besar.

Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan, Anda sebaiknya tidak makan terlalu banyak nangka karena bisa mengalami sakit perut.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah nangka yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dengan cara menurunkan darah tinggi. Kandungan vitamin C yang dimilikinya membantu mengatasi efek-efek berbahaya dari radikal bebas serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan potasium dalam buah nangka membantu mengatur tekanan darah dengan mengendalikan kadar sodium pada tubuh. Kadar tinggi sodium dapat menyebabakn kenaikan tekanan darah. Selain itu, potasium juga berguna untuk menguatkan dan mengendalikan otot-otot jantung.

Buah ini juga memiliki vitamin B6 yang berguna mengurangi kadar homosistein dalam darah, yang akan bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mencegah Anemia

Buah nangka bermanfaat mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Ini karena nangka merupakan sumber yang baik untuk memperoleh zat besi serta meningkatkan produksi sel-sel darah merah.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya juga memperbaiki penyerapan zat besi di dalam tubuh. Mineral-mineral lain, seperti tembaga dan magnesium, membantu memperbaiki kualitas darah Anda.

Bukan hanya itu, kandungan nutrisi nangka juga membantu darah untuk menyuplai lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya membantu mengurangi gejala-gejala anemia, antara lain lesu, lelah, dan kulit pucat.

Menjaga Ketajaman Penglihatan

Buah nangka mengandung vitamin A, yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Vitamin ini memperbaiki penglihatan serta membantu mencegah katarak, rabun senja, degenerasi makular, dan glaukoma.

Vitamin A bahkan mampu membantu menguatkan selaput lendir yang membentuk lapisan film di kornea, sehingga ada khasiat buah nangka untuk melindungi mata Anda dari infeksi bakteri dan virus.

Vitamin C yang dimiliki nangka juga mendukung kesehatan kapiler dan membantu menjaga fungsi sel retina. Nangka juga mengandung lutein dan zeaxantin yang bagus untuk mata. Lutein melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, dan zeaxantin membantu mengembangkan kemampuan penglihatan.

Memperkuat Tulang

Buah nangka kaya akan magnesium, yang adalah nutrisi bermanfaat untuk penyerapan kalsium oleh tulang. Magnesium dan kalsium bekerja sama untuk memperkuat tulang serta mencegah penyakit terkait tulang, misalnya osteoporosis.

Di sisi lain, manfaat buah nangka juga untuk mencegah kehilangan kalsium dan memperbaiki kepadatan kalsium pada tulang berkat kandungan potasium yang dimilikinya.

Mendukung Kesehatan Tiroid

Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah nangka berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi serta penyerapan hormon.

Khasiat buah nangka juga bagus untuk hipotiroidisme, karena mengandung vitamin B. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan fungsi tiroid dan dapat membantu mengurangi gejala-gejala dari kelainan tiroid.

Bukan hanya itu, kandungan zink, magnesium, dan potasium juga bisa membantu memperbaiki fungsi tiroid. Bahkan juga menstimulasi metabolisme dan meningkatkan energy level.

Melindungi dari Kanker

Buah nangka kaya akan kandungan fitonutrien dan antioksidan anti-kanker. Karena itu diharapkan mampu membantu mencegah perkembangan jenis-jenis kanker tertentu, seperti kanker mulut, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Vitamin C di dalam nangka juga berguna menetralisir radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel juga memicu pertumbuhan kanker. Nangka juga mengandung vitamin K, mangan, dan serat makanan yang akan membantu menekan risiko kanker.

Selain itu, buah nangka mengandung fitonutrien, seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membantu menyingkirkan radikal-radikal bebas pemicu kanker dari dalam tubuh.

Selama ini mungkin Anda baru mengenal nangka sebagai buah yang serba-guna, karena selain dapat dimakan mentah-mentah, buah ini juga dapat diolah menjadi beragam macam kudapan. Tetapi rupanya selain rasanya yang lezat dan kegunaannya beragam, terdapat juga khasiat buah nangka yang cukup mengagumkan bagi kesehatan.

Jadi, manfaat buah nangka mana kah yang Anda inginkan? Mulai dari menaikkan energy level, mengatasi sembelit, menurunkan darah tinggi, hingga melindungi dari kanker—semua manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi nangka secara teratur dalam jumlah secukupnya.

Advertisement
Alinesia