• Home
  • Blog
  • Nangka
  • 9 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan: Tekanan Darah, Gula Darah, Hingga Kanker

9 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan: Tekanan Darah, Gula Darah, Hingga Kanker


By Cindy Wijaya

Nangka adalah buah berukuran sangat besar, dan daging buahnya berwarna kuning serta memiliki rasa yang manis dan berair. Ada biji di dalam setiap daging buahnya, yang sebagian besar terdiri dari zat pati dan protein. Buah ini populer di Indonesia maupun di negara-negara Asia lainnya, dan paling banyak tersedia selama musim panas.

Kandungan gizi di dalamnya memberikan banyak sekali manfaat buah nangka bagi kesehatan. Nangka juga termasuk buah yang gampang diolah, Anda bisa mengolahnya menjadi selai, jeli, es krim, permen, kue, bahkan sambal. Bahkan juga bisa dijadikan tambahan untuk salad buah, smoothies, atau camilan sehat. Nangka yang mentah pun bisa untuk dimasak kari, semur, dan hidangan sayuran lezat lainnya.

Apa Saja Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan?

Manfaat buah nangka bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya, mulai dari vitamin, mineral, serat, antioksidan, dsb. Para ahli juga sedang mempelajari khasiat buah nangka untuk mengatasi infeksi virus dan bakteri. Berikut sejumlah manfaat mengejutkan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi nangka.

Punya Kandungan Gizi yang Luar Biasa

Kandungan buah nangka penuh dengan berbagai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam satu cup nangka (165 gram) terdapat 155 kalori. Sekitar 92% kalori itu berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sedikit lemak.

Selain itu, nangka mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, serta kandungan serat dalam jumlah yang layak.

Berikut adalah kandungan buah nangka dalam satu cup irisan buahnya:

  • Kalori: 155
  • Karbohidrat: 40 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 3 gram
  • Vitamin A: 10% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)
  • Vitamin C: 18% dari AKG
  • Riboflavin: 11% dari AKG
  • Magnesium: 15% dari AKG
  • Kalium (Potasium): 14% dari AKG
  • Tembaga: 15% dari AKG
  • Mangan: 16% dari AKG

Yang membuat nangka unik dari buah-buah lainnya adalah kandungan proteinnya. Kandungan buah nangka menyediakan lebih dari 3 gram protein per cup-nya, dibandingkan dengan kandungan 0 – 1 gram pada jenis buah-buah serupa lainnya, seperti apel dan mangga.

Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas sebagian besar dari manfaat buah nangka bagi kesehatan.

Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Salah satu kandungan buah nangka yang cukup banyak adalah kalium (potasium). Menurut lembaga kesehatan American Heart Association (AHA), makanan yang kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan cara menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Lembaga AHA merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat mengonsumsi 4700 mg kalium per hari. Satu cup nangka mentah yang diiris mengandung 739 mg kalium.

Akan tetapi mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium dapat berbahaya bagi penderita penyakit batu ginjal atau gangguan kesehatan lain yang mengubah cara tubuh mengatur kalium.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karena mengandung berlimpah vitamin C (sejenis antioksidan), nangka memberikan manfaat tambahan bagi kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi dari sel-sel tubuh. Antioksidan ini juga membantu menetralisir radikal-radikal bebas dalam tubuh, yang merusak membran-membran sel dan bahkan DNA.

Sistem kekebalan tubuh membentuk perlindungan kokoh terhadap infeksi dari virus maupun bakteri. Hal ini membantu mencegah penyakit-penyakit umum seperti batuk, pilek, dan flu.

100 gram buah nangka saja sudah memberikan sebesar 13,8 mg atau 17 persen dari seluruh kebutuhan vitamin C untuk sehari. Jadi, kalau tersedia, cobalah makan setidaknya 1 cup buah nangka setiap hari untuk meningkatkan asupan antioksidan bagi tubuh Anda.

Meningkatkan Energy Level

Khasiat buah nangka juga untuk menambah energi Anda. Nangka mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan tubuh Anda tambahan energi langsung tanpa secara signifikan memengaruhi kadar gula darah. Di sisi lain, nangka juga tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol.

Nangka juga meningkatkan metabolisme, yang membantu tubuh membakar kalori lebih cepat untuk mengubahnya menjadi energi. Selain itu, kandungan air yang tinggi di dalamnya akan menjaga level energy Anda tetap baik.

1 cup buah nangka adalah tambahan makanan yang bagus, terutama kalau Anda sering berolahraga atau beraktivitas yang membutuhkan suplai energi secara tetap.

Memiliki Efek Anti-Virus dan Anti-Mikroba

Dalam sejumlah penelitian, kandungan lektin dalam nangka diperlihatkan mampu menghambat sejumlah virus, termasuk virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) dalam uji di laboratium.

Sedangkan untuk efek anti-mikrobanya, para peneliti sedang mempelajari manfaat biji nangka sebagai antibiotik baru yang potensial, yang bisa sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit yang kebal terhadap antibiotik.

Beberapa ilmuwan menyarankan agar berhati-hati dalam mengonsumsi nangka pada orang-orang yang sedang mengonsumsi antibiotik, serta orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, karena nangka dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Ilustrasi Khasiat Buah Nangka
Credit Photo: Safronkin Vasilii – Shutterstock

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Terdapat manfaat buah nangka bagi kesehatan gula darah Anda. Nangka memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, yang merupakan ukuran seberapa cepat gula darah dapat naik setelah memakannya.

Indeks glikemiknya yang rendah dikaitkan dengan kandungan serat di dalamnya, yang memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang punya indeks glikemik rendah diketahui bermanfaat untuk mengendalikan gula darah.

Di samping itu buah nangka juga punya kandungan protein, yang turut membantu mencegah kenaikan kadar gula darah yang terlalu cepat setelah makan.

Membantu Pemulihan Luka

Vitamin C merupakan salah satu kandungan buah nangka yang cukup banyak. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk membuat protein bernama kolagen, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan-jaringan ikat seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Kolagen juga berperan dalam pemulihan luka.

Berdasarkan sebuah studi tahun 2014, didapati bahwa nangka mengandung anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur yang dapat membantu mendukung pemulihan luka.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kemudian ada manfaat buah nangka bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat makanan di dalam nangka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat menambah massa dari kotoran dan melembutkannya. Hal ini membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, buah nangka membantu menjaga saluran pencernaan tetap bersih serta mencegah penumpukan dari limbah tubuh di dalam usus. Juga membantu mencegah kanker usus besar.

Akan tetapi, seperti yang sudah disebutkan, Anda sebaiknya tidak makan terlalu banyak nangka karena bisa mengalami sakit perut.

Melindungi dari Kanker

Buah nangka memiliki kandungan fitonutrien dan antioksidan anti-kanker. Karena itu diharapkan mampu membantu mencegah perkembangan jenis-jenis kanker tertentu, seperti kanker mulut, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Vitamin C di dalam nangka juga berguna menetralisir radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel juga memicu pertumbuhan kanker. Nangka juga mengandung vitamin K, mangan, dan serat makanan yang akan membantu menekan risiko kanker.

Selain itu, buah nangka mengandung fitonutrien, seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membantu menyingkirkan radikal-radikal bebas pemicu kanker dari dalam tubuh.

Adakah Bahaya Buah Nangka yang Harus Diwaspadai?

Buah nangka cukup aman bagi sebagian besar orang, tetapi ada beberapa orang yang mungkin harus membatasi atau menghindari buah ini. Beberapa orang diketahui memiliki alergi terhadap nangka, terutama pada mereka yang alergi terhadap birch pollen yang ada dalam apel, pir, cherry, kiwi, plum, dan buah persik.

Di samping itu, karena potensinya untuk menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes mungkin perlu mengubah dosis obatnya jika mereka secara teratur mengonsumsi buah nangka.

Konsumsi nangka yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit perut, jadi makanlah dalam jumlah secukupnya saja. Selain itu, nangka juga tidak dianjurkan dimakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Meski ada sejumlah pengingat itu, konsumsi buah nangka tidak pernah dilaporkan menyebabkan efek samping atau bahaya yang serius, dan aman untuk dikonsumsi oleh sebagian besar orang.

Selama ini mungkin Anda baru mengenal nangka sebagai buah yang serba-guna, karena selain dapat dimakan mentah-mentah, buah ini juga dapat diolah menjadi beragam macam kudapan. Tetapi rupanya selain rasanya yang lezat dan kegunaannya beragam, terdapat juga khasiat buah nangka yang cukup mengagumkan bagi kesehatan.

Jadi, manfaat buah nangka bagi kesehatan mana kah yang Anda inginkan? Mulai dari menaikkan energy level, mengatasi sembelit, menurunkan darah tinggi, hingga melindungi dari kanker—semua manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi nangka secara teratur dalam jumlah secukupnya.

Sumber

Healthline. Why Is Jackfruit Good for You? Nutrition, Benefits and How To Eat It. https://www.healthline.com/nutrition/jackfruit-benefits

Medical News Today. What are the health benefits of jackfruit?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324787

Healthgrades. 8 Surprising Health Benefits of Jackfruit. https://www.healthgrades.com/right-care/food-nutrition-and-diet/8-surprising-health-benefits-of-jackfruit

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>