Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

PROMO 12-12, DISKON 10% UNTUK SEMUA PAKET PRODUK, BERLAKU 12-15 DES 2017. HUBUNGI CS KAMI SEKARANG!
Manfaat Air Mawar Manfaat Air Mawar Shutterstock

10 Manfaat Air Mawar bagi Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Bunga mawar disebut sebagai “ratu dari segala bunga” dan bunga-bunga mawar yang cantik dapat menambah keanggunan serta pesona yang nyata kepada dekorasi taman atau rumah Anda. Sudah sejak lama orang-orang memanfaatkan mawar untuk kecantikan, pembuatan minyak aromatik juga obat-obatan.

Banyak produk kesehatan yang dibuat dari bunga mawar, dan salah satu yang paling banyak digunakan adalah air mawar—yang dibuat dengan cara menyaring kelopak mawar menggunakan uap.

Air mawar adalah salah satu bahan terbaik yang bisa Anda masukkan ke dalam rutin perawatan kulit atau kecantikan Anda. Selain itu, air mawar juga digunakan secara tradisional dalam pembuatan makanan dan minuman.

Air mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat, dan juga memiliki kemampuan antiseptik, anti-bakteri, anti-penuaan, serta anti-inflamasi.

Anda bisa membeli air mawar yang sudah dikemas atau bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah 10 manfaat air mawar bagi kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan.

Toner yang Bagus untuk Kulit Kering

Air mawar adalah toner alami yang bagus, khususnya untuk jenis kulit kering. Ini bisa membantu mengurangi kekeringan serta menjaga kulit tetap lembap. Juga membantu mengembalikan kadar pH kulit sehingga tampak muda dan segar.

  • Tuangkan 2 sendok makan air mawar ke dalam botol semprot.
  • Tambahkan 1 sendok teh glisering ke dalamnya.
  • Kocok botol agar kedua bahan tadi bercampur secara merata.
  • Semprotkan pelan-pelan toner ini ke wajah, sebelum memakai pelembap (moisturizer).
  • Gunakan toner ini sekali sehari.

Anda bisa menyimpan sisa toner yang belum terpakai di dalam kulkas hingga 10 hari.

Meredakan Iritasi Kulit

Entah Anda menderita iritasi kulit karena eksem, dermatitis, atau penyebab lain, Anda bisa memanfaatkan air mawar untuk meredakannya dengan cepat. Air mawar memiliki anti-inflamasi juga sifat menenangkan yang membantu meringankan segala jenis iritasi dan kemerahan pada kulit.

Manfaat air mawar juga untuk membersihkan minyak serta kotoran yang menumpuk di kulit sehingga menghambat pori-pori.

  • Tuangkan sedikit air mawar ke bola kapas lalu oleskan pada kulit yang iritasi.
  • Diamkan selama 15 – 20 menit, lalu cuci wajah Anda.
  • Lakukan ini sekali setiap hari.

Mengatasi Jerawat

Air mawar membantu menjaga keseimbangan kadar pH kulit, yang penting untuk mencegah jerawat.

  • Untuk penggunaan harian, campurkan 1 sendok makan masing-masing air mawar dan air perasan lemon. Oleskan ke area kulit berjerawat dan diamkan 30 menit. Cucilah dengan air bersih. Lakukan ini sekali setiap hari.
  • Untuk penggunaan mingguan, campurkan air mawar secukupnya dengan 1 sendok makan bubuk tanah liat hijau sampai membentuk salep. Oleskan ke wajah, diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air. Gunakan masker wajah ini sekali seminggu.

Menyembuhkan Tumit Pecah-Pecah

Meskipun air mawar sendirian tidak mampu menyembuhkan tumit pecah-pecah, tetapi jika digabung dengan gliserin akan bekerja efektif untuk mengatasinya.

Gliserin akan melembutkan kulit, sedangkan air mawar memberikan vitamin A, B3, C, D, dan E, juga kemampuan antioksidan, anti-inflamasi, serta antiseptik kepada kulit.

  • Campurkan air mawar dan gliserin dalam jumlah sama sampai merata.
  • Gosokkan ke tumit dan kaki setiap hari sebelum tidur malam.
  • Di pagi harinya, cuci kaki dengan air hangat.
  • Terus lakukan ini sebanyak yang diperlukan.

Melembutkan dan Memerahkan Bibir

Anda tidak perlu lagi menyembunyikan bibir kusam dan menghitam dengan lipstik tebal. Manfaatkanlah air mawar untuk melembutkan sekaligus memerahkan bibir Anda.

  • Oleskan air mawar ke bibir setiap hari sebelum tidur.
  • Untuk tambahan, iris-iris akar bit dan keringkan di bawah sinar matahari. Lalu giling sampai menjadi bubuk halus. Campurkan sejumput bubuk ini dengan air mawar secukupnya sampai membentuk salep. Oleskan salep ini ke bibir. Setelah 10 menit, bilas bibir dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari.

Pembersih Makeup Alami

Membiarkan makeup tetap melapisi wajah dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan parah pada kulit. Jadi sebaiknya gunakanlah bahan-bahan pembersih makeup yang ampuh, seperti air mawar. Air mawar bagus untuk semua jenis kulit, juga membantu membersihkan kulit sehingga menjaganya tetap sehat dan segar.

  • Celupkan bola kapas ke air mawar murni.
  • Gunakan kapas basah ini untuk mengusap wajah dengan lembut untuk membersihkan semua makeup. Jika perlu, tambahkan bola kapas lain yang dicelupkan ke dalam air mawar.
  • Gunakan pembersih makeup alami ini setiap hari sebelum tidur.

Memelihara Rambut

Manfaat air mawar bagus untuk memperbaiki rambut yang kering dan kusam, infeksi kulit kepala, dan ketombe. Kemampuan menutrisi dan melembapkan air mawar akan meningkatkan kualitas rambut serta membuatnya mengkilap.

Air mawar juga berguna sebagai pelemmbap alami dan mempercepat pertumbuhan rambut. Selain juga kemampuan antiseptik dan anti-inflamasi yang dimilikinya membantu mengatasi peradangan pada kulit kepala serta menyingkirkan ketombe.

  • Untuk melembapkan dan membuat rambut berkilau, gunakan 1 cangkir air mawar sebagai bilasan terakhir setelah keramas.
  • Untuk mengatasi infeksi kulit kepala ringan, campurkan air mawar dan gliserin dalam jumlah sama. Celupkan bola kapas ke dalamnya lalu oleskan ke kulit kepala, dan pijat-pijatlah kulit kepala selama 10 menit. Diamkan sampai 30 menit, lalu cuci rambut dengan sampo. Lakukan ini 1 – 2 kali seminggu sampai masalahnya membaik.

Menyegarkan Mata Lelah

Mata yang tegang dan lelah bisa merusak penampilan Anda. Disinlah manfaat air mawar untuk menenangkan dan menyegarkan kembali mata yang lelah. Selain itu, air mawar juga akan mengurangi kantung di bawah mata. Dan vitamin A di dalamnya mengurangi risiko mata kering.

  • Celupkan bola kapas ke dalam air mawar murni dan oleskan ke atas kelopak mata yang tertutup. Diamkan sampai 10 menit. Ulangi 2 – 3 kali dalam sehari.
  • Alternatifnya, gunakan air mawar murni sebagai obat tetes mata. Teteskan hanya 1 – 2 tetes air mawar ke mata jika dibutuhkan.

Memperbaiki Suasana Hati

Aroma air mawar yang menenangkan mampu meningkatkan mood Anda. Disamping itu, air mawar juga memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of Basic Medical Science mendapati bahwa ekstrak kelopak mawar dapat merelaksasi sistem saraf pusat.

Air mawar dapat membantu mengatasi perasaan cemas dan meningkatkan perasaan baik, sehingga Anda menjadi lebih rileks.

  • Semprotkan air mawar secukupnya ke ruangan dimana Anda duduk. Aroma dari air mawar di ruangan akan memperbaiki suasana hati Anda.
  • Cara lainnya ialah dengan menaruh sedikit air mawar ke sapu tangan lalu hiruplah aroma darinya.

Meredakan Sakit Kepala

Air mawar dapat dengan cepat meredakan sakit kepala, berkat aromanya yang menenangkan dan kemampuan menyegarkannya. Bahkan, air mawar adalah salah satu obat sakit kepala alami tertua yang digunakan orang dengan hasil positif.

  • Rendam kompres ke air mawar, lalu taruh di atas kepala selama 45 menit.
  • Selain itu, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender ke air mawar lalu mengoleskannya ke pelipis kepala untuk mengurangi sakit.
  • Bisa juga semprotkan sedikit air mawar ke bantal untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak, sehingga mencegah sakit kepala.

Selain manfaat-manfaat air mawar di atas, Anda juga bisa menggunakannya untuk membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu menghilangkan kerutan dan garis halus pada kulit. Air mawar juga berguna untuk menyembuhkan luka dan bekas luka.

Air mawar cukup aman digunakan. Sampai saat ini belum diketahui ada risiko yang ditimbulkan dari penggunaan luar atau dalam (dengan menelannya). Pastikan saja Anda menggunakannya secara bijaksana agar menghindari efek samping yang tidak mengenakkan.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram