10 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Minum Obat

908
antimocimino.com

Diedit:

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah (bahasa medis: hiperurikemia) bisa disebabkan oleh meningkatnya produksi asam urat dalam tubuh, atau bisa juga karena berkurangnya pembuangan asam urat oleh ginjal. Adakah cara menurunkan asam urat – Tanpa Minum Obat?

Kenali 10 cara menurunkan asam urat secara alami – Tanpa minum obat. Mulai dari konsumsi air, air lemon, cuka apel, air lemon, buah ceri, baking soda, minyak zaitun, minum air, makanan tinggi serat, produk susu hingga konsumsi kandungan rendah purin. Mari kita perhatikan ulasan singkatnya!

10 Cara Menurunkan Asam Urat

Hal tersebut jika dibiarkan dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti artritis encok (dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai penyakit asam urat saja), batu ginjal, bahkan gagal ginjal. Penelitian baru-baru ini juga telah mengaitkan kadar asam urat tinggi dengan darah tinggi serta penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Ada beragam faktor yang menyebabkan kadar asam urat tinggi, yaitu antara lain pola makan yang banyak mengandung zat purin (di dalam tubuh purin dipecah menjadi asam urat), konsumsi alkohol berlebihan, ginjal yang tidak berfungsi baik, obesitas, tiroid yang kurang aktif, keturunan, masalah endokrin atau metabolisme seperti diabetes atau asidosis, dan beberapa penyakit lainnya.

Jenis-jenis kanker tertentu, pengobatan kemoterapi, dan obat-obatan lain misalnya obat diuretik, juga dapat memicu asam urat tinggi. Selain itu, kadang-kadang aktivitas olahraga, puasa, dan diet yang terlalu ketat juga dapat menaikkan kadar asam urat untuk sementara.

Anda bisa mengatasi asam urat dengan sejumlah bahan-bahan alami dan tips-tips sederhana. Di bawah ini akan dijelaskan cara menurunkan asam urat menggunakan bahan-bahan tersebut, tetapi Anda tetap dianjurkan untuk periksa dulu ke dokter dan mendapatkan saran darinya.

Air Mineral Menurunkan Asam Urat

Minum banyak air membantu mengoptimalkan pembuangan asam urat. Ini membantu melarutkan asam urat dan merangsang ginjal untuk menyingkirkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh melalui urin.

Selain itu, minum air yang cukup setiap hari akan mengurangi risiko serangan asam urat berulang. Dalam sebuah penelitian berbasis internet yang dipresentasikan pada pertemuan tahun 2009 American College of Rheumatology, para peneliti mendapati bahwa peserta yang minum 5 – 8 gelas air selama 24 jam sebelum kemungkinan serangan asam urat, mereka mengalami 40 persen penurunan risiko serangan dibandingkan mereka yang hanya minum 1 gelas air atau kurang.

  • Minumlah sekurangnya 8 – 10 gelas air sepanjang hari.
  • Juga, tambahkan lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak air ke dalam menu makan sehari-hari.

Air Lemon Menurunkan Asam Urat

Walaupun tampaknya asam dari jeruk lemon akan membuat tubuh semakin asam, tapi sebenarnya, lemon memiliki efek alkalin dan membantu menetralkan asam urat. Dan kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu menurunkan asam urat. Berikut cara mengatasi asam urat menggunakan air perasan lemon.

  • Peras air dari 1 buah lemon ke dalam segelas air hangat. Minumlah air ini di pagi hari sewaktu perut masih kosong. Terus minum ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Untuk mengetahui dosis tepat dan kecocokan dari suplemen, konsultasikanlah dengan dokter.
Baca juga:  6 Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

Baking Soda Menurunkan Asam Urat

Baking soda, juga disebut soda bikarbonat, sangatlah bermanfaat untuk menurunkan asam urat serta mengurangi rasa sakit akibat penyakit ini. Baking soda membantu mempertahankan keseimbangan alkalin alami dalam tubuh dan menjadikan asam urat lebih larut dan mudah dibuang melalui ginjal.

  • Campurkan ½ sendok teh baking soda ke dalam segelas air.
  • Minumlah larutan ini hingga 4 gelas sehari selama 2 minggu. Anda bisa meminumnya setiap 2 – 4 jam sekali.

Catatan: Jangan jadikan minum larutan baking soda ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Juga, jangan lakukan cara pengobatan ini jika Anda menderita darah tinggi. Orang tua yang sudah berusia 60 tahun atau lebih juga tidak boleh minum lebih dari 3 gelas larutan baking soda ini dalam sehari.

Buah Ceri Menurunkan Asam Urat

Buah ceri dan beri berwarna gelap mengandung zat yang membantu menurunkan asam urat. Selain itu, buah beri berwarna ungu dan biru mengandung flavonoid bernama antosianin yang membantu mengatasi asam urat sekaligus mengurangi inflamasi serta kekakuan sendi-sendi. Bahkan buah ceri juga disebut-sebut sebagai obat asam urat alami yang ampuh. Berikut cara mengatasi asam urat dengan buah ceri.

  • Makanlah ½ mangkuk buah ceri setiap hari selama beberapa minggu. Anda juga bisa minum 1 – 2 gelas jus buah ceri tart setiap hari selama sekitar 4 minggu.
  • Juga, perbanyaklah makan blueberry, stroberi, tomat, paprika, dan buah atau sayuran lain yang kaya vitamin C dan antioksidan.

Cuka Apel Menurunkan Asam Urat

Karena perannya sebagai pembersih dan pendetoks natural, cuka apel dapat membantu membuang ampas hasil metabolisme tubuh, seperti asam urat, dari dalam tubuh Anda. Cuka apel mengandung asam malat yang membantu memecah serta membuang asam urat.

Cuka apel juga membantu memulihkan keseimbangan asam alkalin dalam tubuh dan memberikan manfaat anti inflamasi serta antioksidan.

  • Tuangkan 1 sendok teh cuka apel organik, raw, unpasteurized, ke dalam segelas air.
  • Minumlah larutan ini 2 – 3 kali sehari.

Anda bisa menambahkan dosis cuka apel secara bertahap hingga maksimal 2 sendok makan per gelas air dan terus meminumnya setiap hari sampai kadar asam urat sudah kembali normal.

Catatan: Jangan minum cuka apel berlebihan, karena dapat menurunkan kadar potasium dalam tubuh. Selain itu juga dapat mengganggu kerja dari obat diuretik yang mungkin sedang Anda minum.

Minyak Zaitun Menurunkan Asam Urat

Kebanyakan minyak dari tumbuhan berubah menjadi lemak jika dipanaskan atau diolah. Lemak tersebut menghancurkan vitamin E yang vital dalam tubuh, yang berguna untuk mengendalikan kadar asam urat.

Jadi coba ganti minyak, mentega, atau margarin yang biasa Anda gunakan selama ini dengan minyak zaitun yang diproses dengan cold-pressed. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tetap stabil meski dipanaskan. Selain itu juga banyak mengandung vitamin E dan antioksidannya, serta memiliki manfaat anti inflamasi.

Noni Juice Menurunkan Asam Urat

Noni juice adalah obat asam urat herbal yang aman dikonsumsi meski dalam jangka panjang. Suatu penelitian yang dilakukan oleh 4 orang peneliti, yaitu Palu. A.K., Deng S., West B.J., dan Jensen J., memperlihatkan bahwa Noni juice dapat bekerja mirip seperti obat asam urat kimiawi.

Baca juga:  Asam Urat: Penyebab, Gejala, Pantangan, dan Pengobatannya

Penelitian tersebut diungkapkan dalam jurnal berjudul Xanthine oxidase inhibiting effects of noni (Morinda citrifolia) fruit juice. Para peneliti mendapati bahwa Noni juice menghambat kinerja enzim xanthine oxidase berlebihan yang memicu kadar asam urat tinggi. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan mekanisme alamiah Noni dalam memulihkan penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lain yang serupa.

Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa Noni juice memang berkhasiat menurunkan asam urat. Selain itu, Noni juga kaya akan kandungan vitamin C yang melancarkan proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Dengan begitu kadar asam urat tinggi dalam tubuh bisa semakin dikurangi karena ginjal lebih mudah menyingkirkannya.

Anda bisa membaca penjelasan lebih lengkap mengenai khasiatnya ini di artikel: Noni Juice—Obat Asam Urat Alami Tuntaskan Ngilu-Ngilu Tanpa Sisa!

Produk Susu Menurunkan Asam Urat

Produk susu rendah lemak telah dikaitkan dengan kadar asam urat yang rendah dan mengurangi risiko serangan encok. Susu skim, misalnya, mengandung asam orotic yang menghambat penyerapan kembali asam urat serta mendorong pembuangannya melalui ginjal. Berikut cara mengatasi asam urat dengan bantuan susu.

  • Minumlah 1 – 5 gleas susu skim setiap hari.
  • Juga bisa tambahkan yogurt dan produk susu rendah lemak lainnya ke dalam menu sehari-hari.

Tahu juga bisa membantu mengubah kekentalan protein plasma dan meningkatkan proses pembuangan asam urat. Akan tetapi susu kedelai diduga dapat meningkatkan asam urat.

Pola Makan Rendah Purin Menurunkan Asam Urat

Purin adalah senyawa mengandung nitrogen yang terurai menjadi asam urat, sehingga meningkatkan kadarnya dalam tubuh. Kebanyakan purin didapatkan dari protein hewani.

Jadi hilangkanlah (atau setidaknya batasi) makanan-makanan yang mengandung protein hewani seperti daging, jeroan, ikan, dan daging unggas. Kacang polong, ragi, jamur, asparagus, dan kacang-kacangan juga mengandung banyak purin. Juga hindari minum bir, karena banyak mengandung purin.

Pola Makan Tinggi Serat Menurunkan Asam Urat

Makanan yang mengandung banyak serat makanan membantu merununkan asam urat dengan menyerapnya lalu membuangnya dari dalam tubuh. Anda juga bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat tepung karena mereka hanya sedikit mengandung purin.

Gandum utuh, apel, pir, jeruk, dan stroberi adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi yang dapat Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Sedangkan karbohidrat tepung didapat dari makanan seperti nasi, pasta dari gandum utuh, tepung tapioka, quinoa, kentang, oat, dan pisang.

Anda juga bisa minum teh pepaya hijau untuk mencegah penumpukan asam urat serta mengatasi asam urat dan masalah lain yang terkait. Kandungan papain dalam pepaya yang masih hijau membantu tubuh mempertahankan kondisi basa dan bertindak sebagai agen anti inflamasi.

Kadar Asam Urat Normal

  • Pria: 3,4 – 7,0 mg/dL
  • Wanita: 2,4 – 6,0 mg/dL
Nilai hasil tes asam urat Anda bisa bervariasi di laboratorium berbeda.

Selain cara-cara mengatasi asam urat di atas, disarankan juga olahraga yang teratur agar berat badan tetap ideal. Jika Anda memiliki badan gemuk, disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan untuk mengurangi berat badan karena kegemukan menyulitkan ginjal untuk membuang asam urat.

Bila ingin mencoba cara menurunkan asam urat dengan bahan-bahan alami, dianjurkan Anda mengonsumsinya secara teratur setidaknya 1 bulan agar kadar asam urat dalam tubuh dapat dinetralkan dan meminimalkan risiko kekambuhan.