0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-
Diabetes Melitus Diabetes Melitus

Mengetahui Kondisi Fisik Penderita Diabetes Melitus

Para penderita diabetes memiliki kondisi fisik tertentu dibandingkan dengan orang yang normal. Keadaan fisik tersebut tentunya bisa juga dijadikan untuk mendiagnosa atau bahkan mengukur tingkat keparahan serangan diabetes.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda ketahui dan analisa keadaan di bawah ini yang mungkin banyak kesamaannya dengan apa yang Anda atau keluarga alami.

Keadaan Rambut, Telinga, dan Mata Penderita Diabetes

Pada penderita diabetes yang sudah tahunan biasanya akan memiliki rambut yang tipis karena diabetes bisa menyerang akar rambut sampai mudah mengalami kerontokan.

Biasanya, penderita diabetes juga mudah sekali mengalami gangguan telinga dan apabila tidak segera diobati maka dampak terburuknya akan mengakibatkan ketulian.

Selain itu, penyakit diabetes dapat menyebabkan lensa mata menjadi cembung (terutama ketika kadar gula dalam darah menaik), penglihatan menjadi kabur, dan adanya gangguan pada mata atau yang sering disebut dengan retinopati diabetic yang mana akan terjadi penyempitan pembuluh darah kapiler yang disertai dengan perdarahan pada bagian retina.

Keadaan Rongga Mulut

Biasanya, lidah penderita diabetes kerap membesar dan terasa tebal sehingga mudah sekali terjadi gangguan pengecapan. Penderita diabetes kerap mengalami apa yang disebut dengan xerostomia diabetic yakni ludah yang mengental sehingga mulut terasa kering.

Penderita diabetes biasanya memiliki gigi yang mudah goyah dan lepas yang diakibatkan oleh mudah rusaknya jaringan yang mengikat gigi pada rahang (periodontium).

Keadaan Organ Hati, Paru-Paru, dan Jantung

Penderita diabetes akan mudah mengidap radang hati disebabkan oleh virus Hepatitis B dan C dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

Orang yang menderita diabetes akan mudah sekali terserang penyakit lainnya (terutama yang berkaitan dengan paru-paru) seperti TBC paru-paru. Penderita diabetes mudah sekali terserang penyakit jantung koroner atau infark miokard dimana otot jantung menjadi lemah akibat kurangnya suplai oksigen.

Keadaan Alat Pencernaan

Para penderita diabetes akan mudah mengeluh dengan apa yang disebut dengan obstipasi diabetic atau sukar buang air besar (BAB). Lambung penderita diabetes akan menggelembung yang menyebabkan proses pengosongan lambung terganggu. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya kerusakan urat saraf pemelihara lambung.

Keadaan Ginjal dan Kandung Kemih

Para penderita diabetes juga sangat berpotensi mengalami gangguan fungsi ginjal akibat adanya faktor infeksi secara berulang yang disebabkan oleh diabetes melitus.

Penderita diabetes juga akan mudah sekali mengalami infeksi saluran kemih yang berulang dan mudah rusaknya urat saraf yang memelihara kandung kemih sehingga dinding kandung kemihnya menjadi lemah.

Keadaan tersebut mengakibatkan penderita sering ngompol atau bahkan air seninya keluar sendiri tanpa disadari. Hal itu sering disebut dengan inkontinesia urine.

Itulah beberapa implikasi diabetes melitus yang terjadi pada organ tubuh. Untuk bisa mencegah supaya keadaan menakutkan tersebut tidak Anda derita, langkah terbaiknya ialah dengan mencegah terjadinya diabetes melitus.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko terkena penyakit ini ialah dengan mengurangi konsumsi gula, sering berolahraga, dan mengatur pola makan yang sehat.

Log In or Register