0812-8187-1234 | 0812-80-61-0777
0818-029-100-88 | 0856-99-34341
Senin-Jumat, pkl. 8.30-16.00 WIB

My Cart
A+ A A-

Gejala-Gejala Kanker Hati

Kanker hati cenderung menyerang orang-orang yang mempunyai riwayat terkena virus hepatitis B atau C, perokok dan peminum alkohol, juga yang sering mengalami gangguan metabolisme.

Beberapa ganguan metabolisme juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker hati dan kelainan lain. Misalnya, penumpukan zat besi dalam hati yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak organ tubuh dimana zat besi tersebut menumpuk.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang apa saja faktor resiko terserang kanker hati, cara menghindari kanker hati, dan apa saja gejala-gejala kanker hati yang patut Anda waspadai.

Mewaspadai Gejala-Gejala Kanker Hati

Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut jika gejala-gejala berikut dirasakan.

  • Adanya massa di sebelah kanan atas perut.
  • Tangan dan kaki membengkak.
  • Lemah, hilang nafsu makan, penurunan berat badan, demam, dan menggigil.
  • Kulit dan putih mata menguning.
  • Feses berwarna kehitaman dan urin berwarna seperti air teh.

Pada stadium awal kanker hati sulit didiagnosa. Oleh karena itu, prinsip utama pencegahan kanker hati adalah dengan melakukan skrining kanker hati sedini mungkin.

Selain itu, ada langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil yakni dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol serta melakukan vaksinasi hepatitis.

Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis kanker untuk mengetahui sudah sejauh mana tingkat penyebaran. Umumnya, pengobatan dapat dilakukan dengan mengonsumsi herbal saja jika kanker ditemukan masih dalam stadium dini.

Berbeda pada kasus kanker stadium lanjut dimana penyebaran kanker sangat cepat, pengobatan dengan herbal sebaiknya dipadukan dengan pengobatan medis karena efek herbal tidak secepat pengobatan medis dalam situasi darurat tersebut.

Baca juga artikel Obat Kanker Hati untuk mendapatkan informasi seputar pengobatan medis yang tersedia dan herbal apa yang efektif menumpas kanker hati.

Log In or Register