Informasi tentang 4 Yayasan Kanker di Indonesia

689
ilustrasi yayasan kanker di indonesia
Ilustrasi Yayasan Kanker di Indonesia (Credit: M_a_y_a / iStock)

Diedit:

Bahaya kanker telah menumbuhkan kepedulian banyak pihak di Indonesia. Hal ini terlihat dengan didirikannya berbagai yayasan kanker Indonesia. Yayasan-yayasan kanker tersebut didirikan untuk memerangi kanker sehingga masyarakat bisa diselamatkan dari keganasan penyakit berbahaya itu.

Umumnya yayasan kanker di Indonesia bersifat nirlaba. Artinya tidak berfokus dalam mencari keuntungan sebagaimana lazimnya sebuah yayasan yang memang dibuat sebagai wadah pengabdian pada masyarakat. Visi dan misi yayasan kanker secara umum adalah untuk melawan bahaya kanker. Tiap yayasan kanker mungkin memiliki cara yang berbeda dalam fokus penanganannya.

Alasannya, tiap yayasan kanker memiliki latar belakang pendirian dan arahnya masing-masing. Di Indonesia terdapat cukup banyak yayasan kanker. Berikut adalah penjelasan singkat dan profil beberapa yayasan kanker yang terus aktif di Indonesia hingga sekarang.

Yayasan Kanker Indonesia (YKI)

Yayasan Kanker Indonesia merupakan organisasi yang mengkhususkan diri untuk menanggulangi kanker. Visi dari YKI adalah mewujudkan masyarakat yang peduli kanker, dan misi YKI yaitu meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui kegiatan bersifat promotif, preventif, dan suportif.

Yayasan kanker ini telah memiliki cabang di seluruh di Indonesia. Mengutip dari halaman situs web resmi YKI, organisasi ini mempunyai 5 bidang kegiatan, yaitu:

  • Bidang 1: Organisasi untuk mengembangkan cabang di seluruh Indonesia
  • Bidang 2: Pelayanan sosial
  • Bidang 3: Pendidikan dan penyuluhan
  • Bidang 4: Penelitian, registrasi, dan tobacco control
  • Bidang 5: Umum

YKI  saat ini memiliki 2 klinik untuk pelayanan deteksi dini kanker. Yang pertama di Klinik Utama YKI di Jl. Lebak Bulus Tengah no. 9, Cilandak, Jakarta Selatan. Yang kedua di Klinik Pratama YKI di Jl. Dr. GGSY. Ratulangi no. 35, Jakarta Pusat.

Informasi lengkap mengenai organisasi YKI dan kegiatannya dapat dilihat pada situs web resminya: yayasankankerindonesia.org. Atau bisa langsung menghubungi Pelayanan Informasi Kanker di Jl. Lebak Bulus Tengah no. 9, Cilandak, Jakarta Selatan, nomor telepon: (021) 7507447, 7690704, alamat email: klinikyki@gmail.com.

Baca juga:  Virus Penyebab Kanker yang Wajib Kita Waspadai

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia memiliki fokus penanganan pada anak yang menjadi penderita kanker. Yayasan ini telah memiliki cabang di berbagai wilayah di Indonesia. Visi dan misi dari YKAKI adalah agar setiap anak Indonesia yang menderita kanker bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan yang sebaik-baiknya.

YKAKI juga memperjuangkan hak anak untuk belajar dan bermain saat mengalami masa perawatan di rumah sakit. Mengutip dari halaman situs web resminya, YKAKI memiliki tiga misi yakni:

  • Meningkatkan kesadaran tentang kanker pada anak kepada masyarakat luas.
  • Mendukung program pemerintah dan melengkapi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kanker anak yang telah dilakukan berbagai organisasi.
  • Menggalang dana dan dukungan dari berbagai pihak yang peduli dengan kanker pada anak untuk menunjang kegiatan-kegiatan YKAKI.

Informasi lebih lengkap mengenai YKAKI dan kegiatannya dapat dilihat di situs web resminya: ykaki.or.id. Atau bisa menghubungi langsung kantor pusat YKAKI di Jl. Percetakan Negara IX No. 129, Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10570, nomor telepon: (021) 42872556, fax: (021) 4216089, dan alamat email: info@ykaki.or.id.

Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

Sesuai namanya, yayasan kanker ini memiliki fokus untuk memerangi kanker payudara yang saat ini dinyatakan “pembunuh” nomor 2 setelah kanker serviks. Sebelumnya yayasan kanker Indonesia ini memiliki nama Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ), tetapi sejak bulan Januari 2015 secara resmi berganti nama menjadi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

Visi dari YKPI adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang bebas dari kanker payudara stadium lanjut. Mengutip dari halaman situs resmi YKPI, organisasi ini memiliki tiga tujuan yaitu:

  • Mengurangi angka kasus kanker payudara stadium lanjut.
  • Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit kanker.
  • Mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Informasi lebih lengkap mengenai Yayasan Kanker Payudara Indonesia dapat dilihat di situs web resminya: pitapink-ykpi.or.id. Atau bisa langsung menghubungi kantor pusat Yayasan Kanker Payudara Indonesia di Grand Wijaya Center Blok H9, Jl. Wijaya 2, Kebayoran, Jakarta Selatan, nomor telepon: (021) 7202484, alamat email: ykpi.sekretariat@gmail.com.

Baca juga:  Daun Pepaya Jepang Penyebab Kanker, Benarkah?

Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI)

Yayasan Onkologi Anak Indonesia juga berfokus pada anak yang menderita kanker. Di samping itu, YOAI memiliki visi untuk membantu upaya pemerintah di bidang kesehatan anak, khususnya penanggulangan kanker pada anak, serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker pada anak.

Mengutip dari halaman situs resminya, Yayasan Onkologi Anak Indonesia mempunyai lima misi, yakni:

  • Membantu biaya pengobatan atau perawatan bagi anak penderita kanker yang tidak mampu.
  • Menyebarluaskan informasi tentang penyakit kanker anak, deteksi dini, dan penanggulangannya.
  • Menyediakan layanana konseling, serta berbagi rasa dan pengalaman antar anak penderita kanker yang terpadu, memadai, terjangkau, dan berstandar internasional.
  • Menjalin hubungan dengan yayasan sosial, rumah sakit, dan organisasi lain di dalam ataupun luar negeri.

Informasi lebih lengkap tentang YOAI dan kegiatannya dapat dilihat di situs web resminya: yoaifoundation.org. Atau bisa menghubungi langsung kantor pusat YOAI di Jl. Kemuning no. 15, RT 05 RW 01, Jatipulo, Palmerah, Jakarta 11430, nomor telepon: (021) 5606969, fax: (021) 5606970, dan alamat email: info@yoaifoundation.org.

Jika Anda sedang mencari pengobatan medis kanker yang cocok dan rumah sakit kanker mana yang bagus, kehadiran yayasan-yayasan kanker di atas pasti bisa membantu untuk memperoleh informasi yang tepat.

Demikianlah artikel ini yang membahas seputar beberapa yayasan kanker Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memperoleh informasi yang tepat tentang penyakit ganas ini dan mendapat penanganan yang mungkin Anda butuhkan. Nantikan juga info-info penting lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.


Situs Web Resmi Yayasan Kanker Indonesia. URL: http://yayasankankerindonesia.org/

Situs Web Resmi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. URL: https://www.ykaki.or.id/

Situs Web Resmi Yayasan Kanker Payudara Indonesia. URL: https://pitapink-ykpi.or.id/

Situs Web Resmi Yayasan Onkologi Anak Indonesia. URL: http://www.yoaifoundation.org/


Advertisement
Alinesia