Tips Komplit Work from Home Agar Tetap Nyaman selama Pandemi Corona

38
Ilustrasi Work from Home selama Pandemi Corona
Credit Photo: Vasin Lee / Shutterstock

Diedit:

Selama pandemi corona COVID-19 berlanjut di seputar dunia, banyak dari kita mungkin masih harus terus bekerja dari rumah, atau yang beken disebut work from home. Dengan upaya yang tepat, kita bisa tetap produktif sambil menjaga diri sendiri dan orang terdekat kita terlindung dari penyakit.

Meski sama-sama menghadapi pandemi yang sama, namun situasi masing-masing dari kita mungkin berbeda-beda. Jadi tunjukkanah pengertian dan empati untuk semua orang yang terkena dampaknya. Mengisolasi diri selama pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai tantangan, tetapi memunculkan juga beragam peluang baru.

Melanjutkan kehidupan kita dengan cara yang baru dapat menghasilkan perubahan dan pertumbuhan yang positif. Situasi luar biasa ini memungkinkan kita untuk memikirkan kembali semua segi kehidupan kita. Bacalah artikel ini sampai habis untuk mendapatkan tips lengkap work from home selama pandemi corona COVID-19.

Tips Umum Work from Home selama Pandemi Corona:

Buatlah Ruang Kerja Khusus

Jika keadaan memungkinkan, siapkan area khusus di rumah untuk dipakai sebagai ruang kerja. Duduk di ruangan ini akan “mengirimkan sinyal” ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk fokus kerja. Tinggalkan area kerja saat tidak sedang bekerja. Setelah jam kerja selesai, tahan keinginan untuk memeriksa pekerjaan apapun yang belum selesai sampai besok lagi.

Berpindah-pindah Tempat Kerja

Jika berpindah-pindah tempat kerja membantu Anda untuk berkonsentrasi, siapkanlah beberapa ruang di rumah untuk tempat kerja. Ini dapat membantu postur tubuh Anda karena Anda akan mengubah posisi duduk.

Pastikan ruang kerja Anda ergonomis, maksudnya diatur sedemikian rupa sehingga nyaman dan aman untuk bekerja. Ini supaya mencegah cedera pada otot atau tulang dan meningkatkan produktivitas. Bekerja sambil duduk di sofa atau tempat tidur mungkin kelihatan nyaman, tetapi melakukannya dalam waktu lama bisa membuat punggung atau leher Anda tegang.

Bersiap-siap Seperti Bekerja Biasa

Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas pagi yang normal; sarapan, mandi, dan berpakaian untuk bekerja. Tentukan beberapa pakaian kerja, meski tidak seformal pakaian yang biasanya Anda pakai untuk bekerja. Jika dirasa nyaman, atur rambut dan riaslah wajah Anda, meskipun Anda melakukannya hanya untuk diri sendiri. Atau biarkan kulit bernapas dan hanya gunakan serum, toner, atau masker wajah.

Buatlah Jadwal

Susunlah jadwal kerja yang jelas dan tuliskan itu. Buat jadwal digital atau catat dengan pena dan kertas, lalu tempelkan di tempat yang terlihat. Buat daftar tugas yang terperinci yang dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kepentingannya.

Buat Rencana Makan

Rencanakan makanan dan camilan Anda di muka, misalnya di awal minggu atau di awal hari kerja. Ini mencegah Anda untuk bekerja sampai lupa makan dan kemudian bingung memutuskan mau makan apa. Anda juga sebaiknya tidak makan di tempat kerja.

Pilihlah makanan yang bergizi seimbang dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Batasi asupan karbohidrat olahan, makanan olahan, dan minuman manis.

Tips Work from Home selama Pandemi Corona bagi yang Punya Anak:

Bekerja dengan Bayi

Gunakan gendongan bayi agar Anda bisa menjaga anak tetap dekat selama bekerja. Jika sedang menelepon, Anda bisa memberi tahu penerima telepon bahwa sedang ada bayi di rumah seandainya ada gangguan atau suara bayi.

Gunakan waktu tidur siang mereka secara efisien, dan cobalah untuk menjadwalkan pekerjaan yang membutuhkan fokus intens atau panggilan konferensi di waktu-waktu ini.

Anda mungkin perlu berbicara dengan bos Anda tentang jadwal yang telah disesuaikan supaya Anda berdua bisa tetap bekerja dengan baik.

Bekerja dengan Anak yang Sudah Lebih Besar

Jika Anda punya anak yang sudah lebih besar dan bisa melakukan beberapa tugas rumah sederhana, Anda bisa memintanya untuk membantu merawat adiknya yang masih kecil atau melakukan tugas-tugas rumah tangga.

Anda mungkin perlu bekerja di pagi hari atau malam hari saat anak-anak masih tidur, terutama ketika Anda harus fokus pada pekerjaan yang rumit.

Tips Work from Home selama Pandemi Corona bagi yang Menderita Kecemasan:

Batasi Media yang Anda Ikuti

Buat keputusan sendiri tentang jenis media apa yang Anda ikuti, terutama saat sedang bekerja. Jika Anda tidak ingin melihat berita apa pun yang terkait COVID-19, siapkan aplikasi yang bisa memblokir berita itu di perangkat Anda.

Demikian juga, beri tahu orang terdekat Anda bahwa Anda tidak ingin berbicara seputar virus atau infeksi corona.

Tetap Terinformasi dalam Jumlah yang Pas

Jika Anda ingin tetap mendapat informasi tapi merasa bahwa berita yang ada sekarang terlalu mengkhawatirkan, sebaiknya tentukan waktu-waktu tertentu untuk melihat berita, misalnya setiap pagi atau sore hari.

Atau coba tanyakan mengenai berita terbaru kepada teman yang Anda percayai. Mereka mungkin bisa menyampaikan berita dengan cara yang lembut dan membantu Anda tetap terinformasi tanpa perlu merasa kewalahan.

Selama Masa PSBB

Work from home selama pandemi corona COVID-19 akan terasa berbeda jika itu terpaksa karena perintah dari pemerintah. Buatlah diri Anda merasa senang selama di rumah, misalnya dengan melihat pemandangan di luar jendela, membayangkan pemandangan alam yang damai, atau melihat-lihat gambar yang menenangkan.

Tetap Terhubung dengan Orang yang Dapat Membantu

Hubungi tenaga medis profesional atau seseorang yang dapat mendukung dan membantu Anda mengendalikan perasaan-perasaan negatif, terutama jika perasaan itu menghalangi produktivitas Anda. Jujurlah dengan perasaan Anda. Mengetahui bahwa ada orang yang bisa segera membantu melalui telepon atau video call dapat membantu mengendalikan rasa cemas Anda.

Tips Beristirahat selama Work from Home pada Pandemi Corona:

Berjalan Kaki Sebentar

Manfaat dari berjalan kaki telah diselidiki dan diberitahukan secara luas selama berabad-abad. Anda tidak perlu berjalan kaki selama berjam-jam agar mendapat manfaatnya. Cukup 20 menit sekali atau dua kali sehari, terutama ketika sedang merasa lelah atau bimbang.

Metode Pomodoro

Beberapa orang mendapat manfaat dari teknik manajemen waktu yang disebut metode Pomodoro. Untuk mencobanya, atur timer untuk bekerja selama 25 menit dan kemudian istirahat 5 menit. Setelah empat sesi 25 menit, istirahatlah 15 hingga 30 menit. Lanjutkan interval ini sepanjang hari.

Praktikkan Perawatan Diri

Selain memastikan pekerjaan Anda selesai, jagalah kesehatan fisik dan mental selama work from home pada pandemi corona COVID-19. Rawatlah diri Anda dengan mengupayakan aktivitas fisik yang cukup dan menjaga kesehatan mental.

Caranya beragam, misalnya dengan melakukan hobi seperti menggambar, menulis, menari, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Melakukan aktivitas-aktivitas semacam ini dapat membantu Anda mengeluarkan energi yang terpendam sehingga bisa kembali fokus pada pekerjaan Anda.

Work from home selama masa pandemi corona COVID-19 mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya, tapi Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Anda mungkin merasa sedang menjalani kehidupan di masa liburan yang sangat panjang. Butuh waktu untuk terbiasa dengan semua situasi ini, jadi beri diri waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kerja yang baru.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 26 WFH Tips While Self-Isolating During the COVID-19 Outbreak. Reviewed: 2020-04-01. URL: https://www.healthline.com/health/working-from-home-tips. Accessed: 2020-05-19