7 Tanda-Tanda Kanker Otak Stadium Awal

1089
Shutterstock

Diedit:

Tanda-tanda kanker otak harus dikenali sejak awal! Sama dengan peran jantung, otak juga merupakan organ vital yang bertanggung jawab atas keseluruhan kelangsungan hidup seseorang. gangguan pada otak bisa berakibat fatal dan memicu masalah yang kompleks.

Demikian halnya bila seseorang mengalami masalah kanker otak. Berbeda dengan jenis kanker lain yang bersifat invasif, sebenarnya sel abnormal yang diidentifikasi sebagai kanker otak tidak bersifat invasif, tetapi dapat menekan jaringan hingga mengganggu banyak fungsi saraf dan kinerja jaringan dalam otak secara general.

Kanker otak sendiri termasuk jenis kanker yang mematikan dan kerap kali tidak dapat bertahan hidup lama. Ini karena efek perkembangan tumor yang mengganggu keseluruhan fungsi tubuh, juga karena kanker lebih sering terdiagnosa relatif terlambat.

Penting bagi pasien kanker otak untuk dapat mendeteksi sedini mungkin tanda-tanda kanker otak yang muncul. Semakin cepat terdeteksi, kemungkinan bertahan hidup pasien semakin besar. Menurut sumber webmd.com, pada stadium awal, kanker otak masih mungkin untuk sembuh dengan rasio di atas 80%.

Hanya saja, sulit untuk mengenali gejala kanker otak, karena tanda-tanda kanker otak bisa muncul dalam beragam bentuk berbeda. Ini bergantung pada lokasi di mana sel kanker berkembang, faktor usia, ukuran dan aspek jaringan otak mana yang terpengaruh.

Namun secara umum, beberapa gejala kanker otak berikut bisa menjadi referensi Anda.

  • Nyeri Kepala

    Kebanyakan kasus kanker otak ditandai dengan keluhan nyeri pada kepala. Biasanya berupa keluhan sakit kepala menusuk pada titik tertentu, rasa sakit yang luas di seluruh kepala atau malah masalah migrain. Ini adalah efek paling umum dari tekanan yang muncul pada sejumlah jaringan otak akibat efek perkembangan sel kanker.

  • Gejala Limbung

    Beberapa pasien tidak hanya mengeluhkan gejala kanker otak dengan sakit kepala yang kuat, tetapi juga keluhan limbung. Bisa jadi pasien mengeluhkan seolah berada dalam kapal yang bergoyang, atau malah mengeluhkan masalah vertigo. Beberapa pasien mengeluhkan efek pandangan yang gelap sesaat atau muncul sensasi aura karena pengaruh aliran darah menuju otak yang tersumbat oleh bentukan sel kanker.

  • Gejala Mual

    Masih berkaitan dengan gejala limbung, pasien juga kerap mengeluhkan mual sebagai bagian dari ciri-ciri kanker otak. Mual bisa jadi merupakan reaksi tubuh terhadap masalah keseimbangan dan fungsi saraf yang mulai terganggu.

  • Penurunan Fungsi Motorik

    Karena efek tekanan dari sel kanker pada otak yang mengenai sistem saraf yang mengatur fungsi motorik tertentu, pasien bisa jadi merasakan ciri-ciri kanker otak berupa kesulitan melakukan gerakan motorik tertentu. Pada tahap awal, tanda-tanda kanker otak ini terkesan ringan dan masih datang dan pergi sehingga kerap dipandang sekedar efek kelelahan belaka.

  • Gangguan Emosi

    Efek tekanan dari sel kanker bukan hanya bisa mengganggu fungsi motorik, bisa jadi juga mengganggu emosi seseorang. Ada bagian otak yang memiliki peran besar mengatur fungsi emosi dan ketika titik ini yang terpengaruh pasien bisa jadi berubah menjadi pemarah, emosional atau pemurung.

  • Gangguan Kognitif

    Masih karena efek tekanan sel kanker, gejala kanker otak dengan gangguan kognitif seperti kemampuan konsentrasi, kemampuan berhitung, dan beranalisa juga bisa terganggu. Lagi-lagi bergantung pada titik saraf dan jaringan mana yang terganggu.

  • Masalah Indera

    Ciri-ciri kanker otak lain yang kadang muncul adalah munculnya penurunan fungsi saraf indera. Beberapa pasien menunjukkan tanda-tanda kanker otak berupa penglihatan yang memburam, gangguan pada indera penciuman, pendengaran atau bahkan pada indera perasa mereka. Pasien bisa jadi kehilangan kepekaan pada sentuhan atau malah bisa jadi kesulitan bicara.

Itulah beberapa gejala kanker otak yang perlu Anda waspadai. Kanker otak termasuk jenis kanker yang sulit dikenali pada stadium awal. Ciri-ciri kanker otak tahap awal ini sangat samar dan kadang dianggap sekedar gejala lelah dan gangguan organ biasa.

Bila sekarang tubuh Anda masih baru menunjukkan tanda-tanda kanker otak, kemungkinannya masih besar untuk segera mengatasinya secara tuntas. Namun bukan berarti Anda yang sudah divonis terkena kanker otak sudah tidak ada harapan. Yakinkan diri bahwa Anda bisa mengalahkan kanker. Tetaplah semangat dalam perlawanan Anda dan pertimbangkan berbagai pilihan pengobatan yang ada.