Wanita dan Penyakit Jantung


By Fery Irawan

Jika selama ini Anda berpikir bahwa penyakit jantung paling banyak menyerang pria daripada wanita, sebaiknya pikir ulang lagi.

Ini adalah sebuah fakta yang valid bahwa ternyata penyakit jantung lebih banyak merenggut nyawa wanita dibandingkan laki-laki setiap tahunnya.

Di dunia ada 42% wanita dan hanya 24% pria yang meninggal setelah satu tahun berselang sejak mendapatkan serangan jantung pertama kali. Dan kaum perempuan rupanya mendapat lebih sedikit perawatan yang memadai sejak mendapatkan serangan jantung.

Dalam penelitian yang melibatkan penderita penyakit jantung, wanita hanya sedikit sekali terlibat. Fakta mengejutkan lainnya adalah lebih dari 8.6 juta wanita meninggal tiap tahunnya akibat penyakit jantung.

Banyaknya wanita yang mengidap penyakit jantung ternyata juga menarik beberapa peneliti untuk mengungkapkan alasan di balik fakta tersebut.

Alasan di balik tingginya angka penyakit jantung pada wanita salah satunya adalah kebiasaan perempuan di dunia. Khusus untuk daerah Asia, 53% wanita ternyata menghabiskan waktu untuk bekerja dengan duduk dan kurang berolahraga. Hal ini rupanya memicu gejala penyakit jantung pada banyak wanita.

Dan biasanya diperlukan waktu yang cukup lama bagi seorang dokter untuk mengenali gejala penyakit jantung pada wanita sebab pola nyeri dada dan perubahan EKG yang jarang terjadi. Memang, gejala penyakit jantung pada pria dan wanita sedikit berbeda.

71% wanita dengan penyakit jantung mendapatkan peringatan dini serangan jantung dengan perasaan lemah atau lelah mirip flu tanpa disertai nyeri dada. Profesional di bidang medis sering kali ditantang untuk mengenali gejala dini penyakit jantung pada perempuan yang sedikit berbeda dan bertindak dengan pedoman yang minim.

Dalam penelitian yang melibatkan 515 wanita penderita penyakit jantung, 95% mengaku bahwa mereka baru mengenali gejala penyakit jantung sebulan setelah mendapatkan serangan jantung pertama.

Berbedanya gejala penyakit jantung pada wanita dan pria membuat wanita kurang menyadari bahwa ada masalah pada kesehatan jantung mereka. Berikut adalah perbandingan gejala serangan jantung oleh wanita dan laki-laki.

Gejala Penyakit Jantung yang Dilaporkan Wanita Setelah Mendapat Serangan Jantung

Gejala Serangan Jantung Persentase

Kelelahan yang tak Biasa.

70%

Gangguan Tidur.

48%

Sesak Nafas.

42%

Gangguan Pencernaan.

39%

Gelisah.

35%

Gejala yang dialami Pria saat Serangan Jantung

Gejala Serangan Jantung Persentase

Sesak Nafas.

58%

Perasaan Lemah.

55%

Kelelahan yang tak biasa.

43%

Keringat Dingin.

39%

Pusing.

39%

Selain gejala serangan jantung yang berbeda dari gejala yang dialami pria, stres pada perkawinan rupanya juga menjadi pemicu tingginya angka penderita penyakit jantung pada wanita.

Nah, dengan mengetahui gambaran penyakit jantung pada wanita, Anda para wanita bisa menjadi lebih waspada terhadap serangan jantung. Pemeriksaan dini sebaiknya dilakukan jika Anda memiliki gejala yang sama.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}