Tongkat Ali Mengoptimalkan & Memelihara Kadar Testosteron Anda


By Cindy Wijaya

Testosteron berperan penting dalam banyak fungsi tubuh seorang pria. Hormon ini membantu mengelola massa otot, lemak tubuh, tingkat energi, fokus mental, mood, hingga libido dan fungsi seksual. Bisa dibayangkan apa jadinya jika Anda kekurangan hormon ini, kemungkinan besar Anda akan mengalami penurunan secara fisik, mental, emosional, dan seksual.

Tongkat Ali sudah sejak lama digunakan sebagai peningkat testosteron alami. Karena itu herbal ini populer di kalangan pria dewasa yang membutuhkan bantuan suplemen untuk memperbaiki kondisi testosteronnya.

Bila Anda sedang mempertimbangkan mengonsumsi Tongkat Ali, informasi dalam artikel ini dapat membantu memperjelas bagaimana manfaat Tongkat Ali untuk hormon testosteron dan kebugaran Anda sebagai pria dewasa.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Mengapa Tongkat Ali bermanfaat untuk meningkatkan testosteron? Bagaimana pengaruhnya terhadap pria yang masih muda? Apakah bisa membantu memperbaiki testosteron pada pria berumur & lansia? Bisakah memperbaiki/meningkatkan fungsi seksual?

Mengapa Tongkat Ali Bermanfaat untuk Meningkatkan Testosteron?

Tongkat Ali (Eurycoma longifolia) sudah lama dikenal sejak lama sebagai herbal peningkat testosteron. Di dalamnya terkandung senyawa-senyawa yang diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh.

Cara kerjanya berbeda dengan testosteron buatan atau kimiawi, yang cenderung menyebabkan efek samping terlebih jika digunakan berlebihan dan dalam waktu lama.

Herbal ini jauh lebih aman karena membantu tubuh untuk meningkatkan testosteron sampai ke kadar yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda.

Tongkat Ali mendorong pelepasan testosteron dari protein pengikatnya, salah satunya sex-hormone-binding-globulin (SHBG). Ini sangat berguna, karena kebanyakan testosteron dalam darah masih terikat dan hanya sedikit yang tidak terikat atau bebas.

Testosteron bebas inilah yang terhubung dengan reseptor testosteron di dalam sel-sel tubuh. Jadi bila ada lebih banyak testosteron bebas, maka akan tersedia lebih banyak testosteron yang siap digunakan sesuai kebutuhan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi pentingnya.

Dengan demikian cara kerja Tongkat Ali tepat disebut sebagai “pemelihara” (maintainer) dan “pemulih” (restorer) kadar testosteron normal. Ini memungkinkan kadar testosteron yang tadinya berada di kisaran rendah kembali naik ke kisaran yang optimal.

Berkat cara kerjanya tersebut, Tongkat Ali sangat bermanfaat bagi orang-orang yang kadar testosteronnya cenderung turun, termasuk mereka yang sudah berumur atau lansia, sedang diet ketat untuk menurunkan berat badan, serta para atlet yang berisiko mengalami overtraining.

Herbal ini juga bermanfaat bagi Anda yang masih muda namun ingin menjaga hormon testosteron tetap dalam kisaran optimal dalam tubuh Anda. Terlebih dengan mengingat fakta bahwa kadar testosteron cenderung menurun begitu menginjak usia 30 tahun, tidak soal Anda seorang pria yang bugar atau tidak.

Tongkat Ali merupakan suplemen yang sangat baik untuk memulihkan dan menjaga kadar testosteron, baik bagi pria dewasa muda maupun yang sudah berumur, dan baik bagi seorang atlet/penggemar olahraga maupun Anda yang gaya hidupnya biasa saja.

Terbukti Mengoptimalkan Kadar Testosteron pada Pria Muda

Jika Anda seorang pria dewasa muda, mungkin Anda membutuhkan bukti yang meyakinkan bahwa herbal ini memang akan berkhasiat untuk Anda. Coba perhatikan ulasan sebuah penelitian berikut.

Penelitian yang dirilis pada jurnal ilmiah Andrologia mendapati bahwa suplemen Tongkat Ali menaikkan kadar testosteron pada subjek penelitian, para pria muda yang sehat.

Sebanyak 32 pria usia rata-rata 24 tahun dibagi menjadi dua kelompok—kelompok yang menerima Tongkat Ali 600mg per hari dan kelompok yang menerima plasebo—pengujian dilakukan selama 2 minggu. Plasebo adalah obat kosong yang digunakan sebagai pembanding untuk melihat efek dari Tongkat Ali.

Kemudian kadar testosteron dan kadar testosteron bebas dalam darah diperiksa oleh para peneliti untuk melihat perbedaannya di awal dan di akhir pengujian.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok Tongkat Ali mengalami peningkatan signifikan pada kadar testosteron dan testosteron bebas masing-masing 15% dan 34% lebih tinggi daripada kelompok plasebo.

Selain itu, kadar estradiol kelompok Tongkat Ali juga mengalami perbaikan 30% lebih tinggi. Estradiol adalah jenis hormon estrogen yang pada pria berperan dalam memodulasi fungsi ereksi, libido, dan spermatogenesis (pembentukan sperma).

Tongkat Ali terbukti mengoptimalkan tingkat hormon testosteron pada pria muda, sehingga tepat untuk dijadikan suplemen pemelihara kebugaran masa muda.

Terbukti Memulihkan Kadar Tesosteron pada Pria Berumur & Lansia

Penurunan testosteron hingga di bawah kisaran normal umum dialami oleh pria yang sudah berumur dan lansia. Ini membuat pria usia 50 ke atas berisiko mengalami hipogonadisme, yaitu kondisi tubuh yang tidak mampu menghasilkan cukup testosteron.

Akibatnya beragam, mulai dari disfungsi ereksi, ketidaksuburan, berkurangnya massa otot, hingga osteoporosis. Juga bisa memengaruhi kesanggupan mental dan emosional, misalnya kesulitan untuk konsentrasi dan mood yang buruk.

Apakah Tongkat Ali dapat membantu memperbaiki kondisi testosteron pada pria yang berumur dan lansia?

Sebuah studi oleh Phytotherapy Research pada tahun 2014 pada pria antara 55 tahun hingga 72 tahun menunjukkan peningkatan 61% dari testosteron bebas setelah 5 minggu mengkonsumsi ekstrak akar Tongkat Ali.

Dimana hasilnya menunjukkan bahwa di akhir penelitian para peserta mengalami peningkatan signifikan pada kadar testosteron total dan testosteron bebas. Kadar testosteron total dari yang tadinya 3,84 ng/mL menjadi 4,42 ng/mL. Dan kadar testosteron bebas dari 5,20 pg/mL menjadi 8,38 pg/mL.

Kemampuan pemulih testosteron Tongkat Ali bahkan efektif bagi pria berumur dan lansia. Khasiatnya ini dapat membantu mencegah hipogonadisme yang rentan dialami pria 50 tahun ke atas.

Wanita Juga Mendapat Manfaat dari Pemulihan Testosteron

Memang wanita tidak memiliki kadar testosteron sebanyak pria, tetapi hormon ini tetap dibutuhkan oleh tubuh para wanita.

Hormon testoteron wanita berperan dalam menjaga kesehatan tulang, kondisi payudara, kesuburan, gairah seksual, dan kondisi vagina. Kekurangan testosteron dapat mengganggu fungsi-fungsi penting tersebut.

Tongkat Ali dapat membantu mengoptimalkan kadar testosteron pada tubuh seorang wanita agar tersedia cukup testosteron untuk menjalankan fungsi-fungsi penting itu.

Kemampuan herbal ini terlihat pada penelitian yang dipublikasikan Phytotherapy Research. Wanita berusia antara 57 – 72 tahun diberikan suplemen Tongkat Ali 400mg setiap hari selama 5 minggu, hasilnya ada pengingkatan kadar testosterone bebas  hingga 122%.

Hasilnya menunjukkan bahwa di akhir penelitian para peserta mengalami peningkatan pada kadar testosteron total dan testosteron bebas. Kadar testosteron total dari awalnya 0,35 ng/mL menjadi 0,52 ng/mL. Dan kadar testosteron bebas dari 0,50 pg/mL menjadi 1,11 pg/mL.

Wanita juga mendapat manfaat dari Tongkat Ali. Kadar testosteron akan dioptimalkan sehingga dapat memenuhi perannya dalam menjaga kesehatan tulang, kekencangan payudara, kesuburan, gairah seksual, dan kondisi vagina.

Tongkat Ali Meningkatkan Libido dan Performa Seksual

Kadar testosteron erat kaitannya dengan gairah dan kemampuan seks seorang pria. Manfaatnya sebagai pemelihara dan pemulih testosteron mungkin salah satu alasan kenapa Tongkat Ali punya reputasi sebagai herbal afrodisiak. Afrodisiak ialah kemampuan untuk meningkatkan hasrat, gairah, perilaku, performa, dan kesenangan seksual.

Hal ini dibuktikan oleh berbagai penelitian modern, salah satunya yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Penelitian dilakukan selama 12 minggu, mengikutsertakan 109 pria usia 30 – 55 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok: kelompok penerima ekstrak Tongkat Ali 300mg dan kelompok penerima plasebo. Sekali lagi plasebo adalah obat kosong yang digunakan sebagai pembanding untuk melihat efek dari Tongkat Ali.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok Tongkat Ali mengalami peningkatan lebih tinggi dalam fungsi ereksi, libido seksual, volume semen (air mani), dan motilitas sperma (pergerakan sperma) dibandingkan kelompok plasebo.

Hormon testosteron erat kaitannya dengan fungsi & performa seksual pria. Di samping memulihkan kadar testosteron, Tongkat Ali juga sanggup meningkatkan fungsi ereksi, libido seks, volume semen, dan motilitas sperma.

Kesimpulan: Tongkat Ali Memulihkan & Memelihara Hormon Testosteron Anda

Tongkat Ali adalah pilihan yang jauh lebih aman daripada testosteron buatan. Herbal ini membantu memelihara dan memulihkan hormon testosteron Anda hingga ke kadar yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda.

Dengan kadar testosteron yang optimal, Anda bisa punya lebih banyak energi, mood lebih baik, lebih fokus, lebih sanggup membentuk & mengembangkan otot, lebih gampang mengurangi lemak tubuh, dan lain sebagainya.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat tersebut juga terlihat pada pengguna Tongkat Ali yang sudah berumur di atas 50 tahun.

Tongkat Ali punya manfaat tambahan bagi Anda yang sudah menikah, karena testosteron erat kaitannya dengan gairah dan performa seksual. Mengonsumsi Tongkat Ali secara rutin akan membuat Anda lebih bergairah secara seksual, lebih mampu untuk ereksi, bahkan lebih subur.

Tidak soal apakah Anda seorang pria muda atau sudah berumur, aktif secara fisik atau biasa-biasa saja, atau apakah sudah menikah, Tongkat Ali dapat membuat Anda lebih bugar dan prima.

Sumber

University of Rochester Medical Center Rochester. Free Testosterone. URL: https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=167&contentid=testosterone_free

Chan, K. Q., Stewart, C., Chester, N., Hamzah, S. H., & Yusof, A. (2021). The effect of Eurycoma Longifolia on the regulation of reproductive hormones in young males. Andrologia, 53(4), e14001. URL: https://doi.org/10.1111/and.14001

Schulster, M., Bernie, A. M., & Ramasamy, R. (2016). The role of estradiol in male reproductive function. Asian journal of andrology, 18(3), 435–440. URL: https://doi.org/10.4103/1008-682X.173932

Henkel, R. R., Wang, R., Bassett, S. H., Chen, T., Liu, N., Zhu, Y., & Tambi, M. I. (2014). Tongkat Ali as a potential herbal supplement for physically active male and female seniors–a pilot study. Phytotherapy research : PTR, 28(4), 544–550. URL: https://doi.org/10.1002/ptr.5017

Ismail, S. B., Wan Mohammad, W. M., George, A., Nik Hussain, N. H., Musthapa Kamal, Z. M., & Liske, E. (2012). Randomized Clinical Trial on the Use of PHYSTA Freeze-Dried Water Extract of Eurycoma longifolia for the Improvement of Quality of Life and Sexual Well-Being in Men. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2012, 429268. URL: https://doi.org/10.1155/2012/429268

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>