Tenangkan Stres & Stabilkan Mood Anda dengan Tongkat Ali


By Cindy Wijaya

Jika Anda menjalani hidup yang sibuk, sering bepergian, dikejar tenggat waktu pekerjaan, dan kesibukan lain, Anda butuh suplemen mood booster. Maksudnya suplemen yang sanggup meningkatkan mood dan mengurangi stres tidak soal seberapa banyak aktivitas harian Anda. Tongkat Ali dapat Anda pertimbangkan.

Mengapa Tongkat Ali bermanfaat untuk mood & stres? Adakah bukti nyata dari manfaatnya ini? Apakah bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan? Amankah bila dikonsumsi sebagai suplemen harian?

Artikel ini akan mengupas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan berbagai bukti dari penelitian ilmiah.

Mengapa Tongkat Ali Bermanfaat untuk Mood & Stres?

Dari berbagai ulasan yang dikirimkan oleh para pengguna Tongkat Ali, banyak yang menulis bahwa mereka merasakan mood yang lebih baik.

Kemungkinan besar ini berkat kandungan dalam Tongkat Ali yang memberikan manfaat anti-stres. Kandungan tersebut adalah komponen glikoprotein, yakni eurypeptides dengan 36 asam amino.

Selaras dengan itu, para ahli herbal menganggap Tongkat Ali sebagai adaptogen. Sebuah herbal layak disebut adaptogen bila sanggup membantu tubuh beradaptasi terhadap berbagai jenis stres, termasuk stres psikologis, biologis, dan fisik.

Sebenarnya stres ada gunanya juga, yaitu membantu Anda memiliki ketahanan lebih tinggi dari rata-rata ketika dihadapkan pada kesulitan baru. Namun stres perlu dijaga agar tidak naik lebih tinggi dari tingkat moderat, karena jika sudah berlebihan akan berbahaya dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Tingkat stres Anda erat kaitannya dengan kondisi mood Anda. Anda akan lebih mudah untuk merasa tegang, cemas, bingung, dan marah apabila sedang stres tingkat tinggi.

Nah, Tongkat Ali tepat dijadikan suplemen harian untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan macam-macam situasi dalam kehidupan Anda, sehingga tingkat stres dalam tubuh dijaga tetap seimbang dan mood Anda pun akan lebih baik.

Tongkat Ali Terbukti Mengurangi Emosi Negatif

Kita sudah tahu alasan kenapa Tongkat Ali bermanfaat bagi mood dan stres. Kini kita akan melihat bukti nyata dari manfaat tersebut, dari penelitian terhadap subjek manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa Tongkat Ali dapat memperbaiki mood Anda dengan cara mengurangi emosi-emosi negatif.

Ini terlihat dari sebuah penelitian yang mengikutsertakan 63 subjek (32 pria dan 31 wanita) yang memiliki stres tingkat moderat untuk menjalani pengujian selama 4 minggu.

Mereka dibagi menjadi 2 kelompok—kelompok yang menerima ekstrak Tongkat Ali 200mg setiap hari, dan kelompok yang menerima plasebo setiap hari. Plasebo adalah obat kosong yang digunakan sebagai pembanding untuk melihat efek Tongkat Ali.

Setelah 4 minggu diperoleh hasil bahwa kelompok yang mengonsumsi Tongkat Ali mengalami penurunan pada tingkat kemarahan (-12%), ketegangan (-11%), dan kebingungan (-15%) yang lebih besar dibandingkan kelompok plasebo.

Tongkat Ali menghasilkan tingkat perbaikan yang lebih baik pada Profile Mood State (PMS) dari subjek pengujian. PMS adalah skala penilaian psikologis yang digunakan oleh para pakar untuk menilai keadaan mood.

Juga Mengurangi Kadar Hormon Stres

Bersamaan dengan perbaikan keadaan mood, subjek pengujian juga mengalami perbaikan pada kadar hormon stres dalam tubuh mereka, yang disebut kortisol. Tes air liur mendapati bahwa kadar kortisol pada kelompok Tongkat Ali berkurang 16% lebih banyak daripada kelompok plasebo.

Kortisol merupakan hormon yang mengatur mood, motivasi, dan rasa takut Anda. Disebut sebagai hormon stres karena kortisol beperan penting dalam membantu tubuh menghadapi stres dan mengembalikan keseimbangan. Bila kadarnya berkurang, itu menandakan tingkat stres tubuh sudah menurun.

Mengonsumsi Tongkat Ali setiap hari dapat memperbaiki keadaan mood—ditandai dengan berkurangnya ketegangan, kemarahan, dan kebingungan; serta mengurangi kadar hormon kortisol—hormon yang menandakan tingkat stres dalam tubuh Anda.

Suplemen yang Cocok bagi Anda yang Super Sibuk

Bagaimana jika Anda seorang yang sangat sibuk, menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Bisakah herbal ini membantu untuk menyeimbangkan mood dan mengendalikan tingkat stres Anda?

Berikut adalah ulasan selama 30 hari mengonsumsi Tongkat Ali dari seorang wirausahawan yang sangat sibuk, bekerja bisa sampai 14 jam sehari. (Lihat sumber di bagian bawah artikel ini).

Hari 1 – 2 Konsumsi:

Efek yang langsung dirasakan adalah bisa lebih fokus bekerja, dan itu dirasakan dalam waktu 2 – 3 jam setelah konsumsi pertama. Di hari kedua ia juga tidak merasa lesu atau malas.

Hari 3 – 10 Konsumsi:

Meski harus bekerja lembur sampai jam 8 malam, tapi ia sanggup menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada biasanya. Ia merasa fokus mentalnya meningkat. Bahkan setelah bekerja ia masih sanggup lari 5 km di gym.

Lalu setelah makan malam, ia masih punya gairah seksual untuk menghabiskan malam bersama pasangannya. Seolah energi yang dimilikinya tidak ada habisnya untuk kegiatan pagi sampai malam.

Hari 11 – 30 Konsumsi:

Saat pergi ke gym ia mampu menggandakan beban dan repetisi, juga meningkatkan intensitas dari berbagai latihan HIIT.

Ketika bekerja ia merasakan ketenangan dan bisa mengatur pekerjaannya dengan lebih baik, termasuk saat meeting yang seharusnya menegangkan bersama investor.

Apa yang dirasakan olehnya ini terbilang sangat baik, mengingat ia tidak menjalani gaya hidup sehat, sebab menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja di depan laptop. Meski begitu, ia tetap merasakan manfaat Tongkat Ali untuk meningkatkan mood dan fokus mentalnya.

Jadi bila Anda saat ini sering tidak mood atau stres karena beban pekerjaan, Anda bisa mencoba konsumsi Tongkat Ali setiap hari dan rasakan perbedaannya setiap bangun pagi hingga malam sebelum tidur.

Tongkat Ali Membantu Meredakan Kecemasan

Gangguan kecemasan ditandai dengan rasa cemas atau khawatir yang berlebihan dan tidak terkendali atas kondisi tertentu, terkadang penyebabnya bahkan tidak jelas. Apakah manfaat Tongkat Ali untuk mood & stres dapat membantu meredakan gangguan kecemasan?

Jawabannya terlihat dari sebuah penelitian yang dirilis pada Japanese Journal of Pharmacology. Penelitian tersebut menyelidiki efek ansiolitik dari ekstrak Tongkat Ali terhadap subjek hewan penelitian. Efek ansiolitik adalah kemampuan untuk mengurangi kecemasan.

Hasilnya didapati bahwa ekstrak Tongkat Ali memang sanggup mengurangi gejala-gejala kecemasan yang dimiliki oleh subjek penelitian.

Efek ansiolitik herbal ini ditunjukkan dalam berbagai tes perilaku, termasuk peningkatan pada tes plus-maze, open field, dan anti-fighting.

Bahkan efek ansiolitik herbal ini sebanding dengan efek dari obat diazepam yang umum diresepkan dokter untuk gangguan kecemasan.

Meski begitu penelitian efek ansiolitik dari Tongkat Ali pada subjek manusia masih terbatas, sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memperjelas manfaatnya ini. Namun bukti yang sudah ada menunjukkan bahwa herbal ini memang memiliki manfaat dalam meredakan gejala-gejala kecemasan.

Tongkat Ali diketahui memiliki efek ansiolitik (anti-kecemasan) yang sebanding dengan obat diazepam, yang umum diresepkan dokter untuk gangguan kecemasan.

Aman Dikonsumsi sebagai Suplemen Harian

Apakah Tongkat Ali aman bila dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kestabilan mood dan tingkat stres sehari-hari? Bisakah herbal ini dikonsumsi bersama suplemen lain?

Penelitian yang dimuat pada Food & Nutrition Research menyelidiki keamanan dan kemanjuran Tongkat Ali yang dikombinasikan dengan konsumsi multivitamin.

Pengujian dilakukan selama 24 minggu (± 6 bulan) melibatkan 93 partisipan usia 25 – 65 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok; kelompok yang mengonsumsi Tongkat Ali + multivitamin dan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Hasil penelitian mendapati perbaikan signifikan dalam kualitas hidup, mood, dan stres pada kelompok Tongkat Ali + multivitamin. Mereka melaporkan merasakan peningkatan kekuatan, kemampuan mental, kesejahteraan emosional, fungsi kognitif, dan kadar testosteron yang mungkin dikarenakan keseimbangan hormonal dan asupan gizi dari multivitamin.

Kemudian pengukuran pada tanda-tanda vital (tekanan darah sistolik & diastolik, suhu tubuh, laju pernapasan, dan denyut jantung) menunjukkan hasil serupa antara kelompok Tongkat Ali + Multivitamin dan kelompok plasebo setelah 24 minggu pengujian. Hasil ini memperlihatkan konsumsi Tongkat ALi + multivitamin terbukti aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh.

Ini membuktikan sekaligus dua hal: bahwa Tongkat Ali aman untuk dikonsumsi sebagai suplemen harian dan aman juga untuk dikonsumsi bersama suplemen vitamin lain.

Kesimpulan: Tongkat Ali Suplemen Mood Booster

Situasi zaman sekarang yang cepat berubah dapat menimbulkan stres dalam kehidupan Anda. Tingkat stres yang tak terkontrol juga bisa membuat mood Anda cenderung buruk.

Tongkat Ali dapat Anda pertimbangkan sebagai suplemen harian untuk membantu tubuh cepat menyesuaikan diri dengan situasi. Dengan begitu tingkat stres lebih terkendali, tidak berlebihan, sehingga mood Anda juga akan lebih baik.

Dengan mood yang baik, Anda bisa bekerja atau melakukan kegiatan lain dengan lebih fokus, tenang, dan optimis.

Dan bukan hanya memperbaiki mood, Tongkat Ali juga membuat Anda punya lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk kegiatan dari pagi hingga malam.

Anda juga tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya setiap hari karena herbal ini sudah terbukti aman, termasuk jika Anda juga mengonsumsi suplemen vitamin lainnya.

Tongkat Ali suplemen mood booster yang membantu mengendalikan mood & tingkat stres sehari-hari, membuat Anda lebih mudah menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dalam kehidupan.

Sumber

Talbott, S. M., Talbott, J. A., George, A., & Pugh, M. (2013). Effect of Tongkat Ali on stress hormones and psychological mood state in moderately stressed subjects. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 10(1), 28. URL: https://doi.org/10.1186/1550-2783-10-28

WebMD. What Is Cortisol?. URL: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-cortisol

Ang, H. H., & Cheang, H. S. (1999). Studies on the anxiolytic activity of Eurycoma longifolia Jack roots in mice. Japanese Journal of Pharmacology, 79(4), 497–500. URL: https://doi.org/10.1254/jjp.79.497

Akarali. 30 Days With Tongkat Ali – A Long Term Review. URL: https://akarali.com/tongkat-ali-long-term-review/

George, A., Udani, J., Abidin, N. Z., & Yusof, A. (2018). Efficacy and safety of Eurycoma longifolia (Physta®) water extract plus multivitamins on quality of life, mood and stress: a randomized placebo-controlled and parallel study. Food & nutrition research, 62, 10.29219/fnr.v62.1374. URL: https://doi.org/10.29219/fnr.v62.1374

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>