Bangun Kekuatan Otot Lebih Maksimal dengan Tongkat Ali


By Cindy Wijaya

Tongkat Ali bukan hanya dikenal sebagai herbal untuk performa seksual, tetapi juga untuk performa fisik. Banyak olahragawan dan penggemar olahraga yang mengonsumsi suplemen Tongkat Ali atau suplemen yang mengandung Tongkat Ali. Ini karena herbal ini dapat menambah kekuatan otot.

Mengapa Tongkat Ali bermanfaat untuk kekuatan otot? Adakah bukti nyata dari manfaatnya ini? Apakah bisa membuat latihan fisik Anda menjadi lebih efektif? Bagi Anda yang sudah cukup berumur, bisakah tetap mendapat manfaatnya ini? Dan amankah jika dikonsumsi atlet profesional, apakah Tongkat Ali doping?

Artikel ini akan mengupas jawaban dari semua pertanyaan itu. Sudah ada berbagai bukti ilmiah dan penelitian pada subjek manusia yang memperjelas manfaat Tongkat Ali untuk kekuatan otot.

Mengapa Tongkat Ali Bermanfaat untuk Kekuatan Otot?

Tongkat Ali mengandung senyawa bernama quassinoid, antara lain eurycomaoside, eurycolactone, dan eurycomanone, yang membantu tubuh untuk menggunakan energi dengan lebih efisien, mengurangi kelelahan, serta meningkatkan daya tahan.

Karena kandungan senyawa tersebut, herbal ini dapat bermanfaat sebagai ergogenik. Artinya mampu meningkatkan kekuatan otot dan performa fisik.

Herbal ini juga terkenal sebagai peningkat testosteron alami. Cara kerjanya adalah dengan membantu tubuh untuk memproduksi testosteron dalam jumlah lebih banyak.

Ada kaitan erat antara hormon testosteron dengan kekuatan otot Anda. Testosteron bertanggung jawab terhadap perkembangan massa dan kekuatan otot Anda.

Hormon ini meningkatkan neurotransmiter, yang mendorong pertumbuhan jaringan. Juga berinteraksi dengan reseptor dalam DNA, yang menyebabkan sintesis protein. Testosteron meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Semuanya itu membuat latihan fisik yang Anda lakukan menjadi lebih efektif membangun otot.

Jadi secara teori, Tongkat Ali bermanfaat untuk menambah kekuatan otot karena bermanfaat sebagai ergogenik dan karena kemampuannya untuk meningkatkan hormon testosteron.

Bukti Nyata dari Manfaat Tongkat Ali untuk Kekuatan Otot

Kita sudah melihat penjelasan dasar mengenai manfaat Tongkat Ali untuk kekuatan otot. Lalu apakah ada bukti nyata dari manfaat ini?

Sudah dilakukan berbagai penelitian ilmiah untuk menyelidiki pengaruh Tongkat Ali terhadap pembentukan dan pengembangan otot. Mari kita lihat beberapa diantaranya.

British Journal of Sports Medicine 2003 memuat sebuah penelitian selama 5 minggu yang melibatkan 14 pria menunjukkan manfaat nyata dari Tongkat Ali dalam menambah kekuatan otot.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok—7 pria diberikan ekstrak Tongkat Ali 100mg setiap hari, sedangkan 7 pria diberikan plasebo (obat semu) sebagai pembanding. Semua pria tersebut melakukan program latihan kekuatan yang sama.

Didapati bahwa kelompok pria yang mengonsumsi Tongkat Ali bukan hanya mengalami peningkatan pada kekuatan otot yang lebih besar, tetapi juga pada massa tubuh tanpa lemak dan pengurangan pada massa lemak.

Tongkat Ali Membuat Latihan Fisik Anda Lebih Efektif

Sebuh penelitian yang dirilis pada International Journal of Preventive Medicine 2019 menyelidiki efek dari latihan ketahanan (resistance training) dan suplemen Tongkat Ali terhadap kekuatan otot isokinetik dan kekuatan anaerobik pada pria muda.

Sebanyak 40 pria muda dilibatkan dan dibagi menjadi empat kelompok—kelompok yang diberi plasebo, kelompok yang diberi Tongkat Ali, kelompok yang menjalani latihan ketahanan, dan kelompok yang menjalani latihan ketahanan sekaligus diberikan Tongkat Ali.

Peserta dalam kelompok Tongkat Ali dan latihan ketahanan & Tongkat Ali diberikan suplemen Tongkat Ali 200mg setiap hari. Sedangkan peserta kelompok plasebo dan latihan ketahanan mengonsumsi kapsul plasebo setiap hari. Semua berlangsung selama 8 minggu.

Hasilnya didapati bahwa latihan ketahanan saja sudah mampu meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan anaerobik. Namun peningkatannya menjadi lebih besar lagi bila ditambah dengan suplemen Tongkat Ali.

Ini menunjukkan bahwa konsumsi Tongkat Ali sebagai suplemen olahraga dapat membuat latihan fisik Anda menghasilkan peningkatan yang lebih efektif.

Orang yang Berumur & Lansia Juga Mendapatkan Manfaat Tongkat Ali

Otot yang kuat penting juga untuk Anda yang menuju usia tua atau sudah lansia. Massa otot cenderung berkurang seraya usia menua. Jadi Anda perlu menjaga kesehatan dan kekuatan otot agar tetap leluasa beraktivitas.

Tongkat Ali bisa membantu Anda. Phytotherapy Research 2014 memuat sebuah penelitian selama 5 minggu pada 25 orang yang sudah cukup berumur hingga yang sudah lansia, dan terlihat peningkatan kekuatan otot meski herbal ini dikonsumsi pada usia tua.

Mereka terdiri dari 13 pria aktif dan 12 wanita aktif yang sudah berumur (57-72 tahun). Mereka diberikan ekstrak Tongkat Ali 400mg setiap hari selama 5 minggu. Hasilnya didapati bahwa terjadi peningkatan kekuatan otot baik pada partisipan pria maupun wanita.

Hasil penelitian ini meneguhkan manfaat ergogenik dari Tongkat Ali melalui peningkatan kekuatan otot, bahkan pada orang yang sudah berumur.

Tongkat Ali Tidak Termasuk Doping, Jadi Aman bagi Atlet Profesional

Tongkat Ali memang dapat meningkatkan kekuatan otot, namun herbal ini aman digunakan di pertandingan olahraga resmi yang diatur secara ketat berdasarkan peraturan doping saat ini.

Hal ini telah diuji pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine. Sebanyak 13 pria yang aktif berolahraga dilibatkan dalam penelitian untuk memeriksa efek peningkatan testosteron dari Tongkat Ali.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok—kelompok yang mengonsumsi 400mg Tongkat Ali setiap hari selama 6 minggu dan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Hasilnya di akhir penelitian didapati rasio testosteron : epitestosteron (T:E) yang serupa pada kelompok plasebo maupun kelompok Tongkat Ali, antara 0,63:1 dan 0,74:1. Ini menunjukkan bahwa suplemen Tongkat Ali pada dosis 400mg per hari selama 6 minggu tidak memengaruhi rasio T:E pada urin para peserta.

Selain itu, rasio T:E urin dari semua peserta berada di bawah 4:1 yang ditetapkan sebagai rasio batas oleh International Olympic Committee (IOC). Dengan demikian penggunaan Tongkat Ali sebagai suplemen tidak akan melanggar peraturan tentang doping.

Meski begitu, bagi Anda yang akan berpartisipasi dalam pertandingan olahraga resmi, sangat disarankan untuk memeriksa peraturan pada pertandingan tersebut mengenai doping, dan berkonsultasi dengan ahli gizi dan panitia pertandingan tersebut sebelum mengonsumsi Tongkat Ali.

Kesimpulan: Tongkat Ali Adalah Suplemen Olahraga yang Sangat Baik

Tidak soal apakah Anda seorang atlet, penggemar olahraga, atau hanya ingin memperkuat otot tubuh, Anda bisa memanfaatkan Tongkat Ali sebagai suplemen harian. Manfaat peningkatan kekuatan otot dari herbal ini sangat baik bagi siapa pun yang harus menjalani aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan otot.

Bahkan Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi herbal ini saat berpartisipasi dalam pertandingan olahraga yang resmi. Tongkat Ali bukanlah doping.

Sebagai suplemen olahraga, herbal ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga/latihan fisik. Suplemen Tongkat Ali sebelum atau sesudah latihan punya manfaat berbeda.

Untuk mendapat tambahan energi dan daya tahan saat latihan fisik, Anda bisa mengonsumsi Tongkat Ali sebelum latihan. Untuk membantu pemulihan otot dan pembangunan otot, Anda bisa mengonsumsinya setelah latihan.

Satu-satunya cara untuk merasakan sendiri manfaat Tongkat Ali untuk kekuatan otot adalah dengan mencobanya. Cobalah konsumsi suplemen herbal ini secara rutin setiap hari dan Anda akan merasakan perbedaannya.

Sumber

Hamzah, S.H. (2003). The ergogenic effects of Eurycoma longifolia Jack: A pilot study. British Journal of Sports Medicine 2003;37:464–470. URL: http://dx.doi.org/10.1136/bjsm.37.5.464

Chen, C. K., Ooi, F. K., Abu Kasim, N. A., & Asari, M. A. (2019). Effects of Eurycoma Longifolia Jack Supplementation Combined with Resistance Training on Isokinetic Muscular Strength and Power, Anaerobic Power, and Urinary Testosterone: Epitestosterone Ratio in Young Males. International journal of preventive medicine, 10, 118. URL: https://doi.org/10.4103/ijpvm.IJPVM_404_17

Henkel, R. R., Wang, R., Bassett, S. H., Chen, T., Liu, N., Zhu, Y., & Tambi, M. I. (2014). Tongkat Ali as a potential herbal supplement for physically active male and female seniors–a pilot study. Phytotherapy research : PTR, 28(4), 544–550. URL: https://doi.org/10.1002/ptr.5017

Chen, C. K., Mohamad, W. M., Ooi, F. K., Ismail, S. B., Abdullah, M. R., & George, A. (2014). Supplementation of Eurycoma longifolia Jack Extract for 6 Weeks Does Not Affect Urinary Testosterone: Epitestosterone Ratio, Liver and Renal Functions in Male Recreational Athletes. International journal of preventive medicine, 5(6), 728–733.

Khanijo, T., & Jiraungkoorskul, W. (2016). Review Ergogenic Effect of Long Jack, Eurycoma Longifolia. Pharmacognosy reviews, 10(20), 139–142. URL: https://doi.org/10.4103/0973-7847.194041

Chan, K. (2021). Effects of Eurycoma longifolia supplementation: An evaluation of cell growth, exercise performance and wellbeing in adult males. Doctoral thesis, Liverpool John Moores University. URL: https://doi.org/10.24377/LJMU.t.00015104

Healthline. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia): Everything You Need to Know. URL: https://www.healthline.com/nutrition/tongkat-ali-longjack-review#benefits

Healthline. The Effects of Testosterone on the Body. URL: https://www.healthline.com/health/low-testosterone/effects-on-body#Muscle,-Fat,-and-Bone

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>