Tanya Jawab Tongkat Ali

144

Diedit:

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan sehubungan dengan produk herbal Tongkat Ali yang kami rangkumkan sebagai informasi untuk Anda. Mari Perhatikan Tanya Jawab Tongkat Ali berikut!

  • Apa itu Tongkat Ali?

    Tongkat Ali adalah tanaman berkhasiat yang dapat ditemukan di hutan-hutan Indonesia bagian barat. Tongkat Ali telah digunakan sejak zaman dulu untuk menangani keluhan kesehatan seksual dan kesuburan.

  • Apa saja khasiat utama Tongkat Ali?

    Tongkat Ali terbukti secara empiris sanggup membantu meningkatkan meningkatkan kemampuan seksual pria dan kebugaran tubuh. Dengan cara merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon testosteron yang terbukti berperan dalam kemampuan seksual pria.

  • Apakah manfaat Tongkat Ali bisa langsung Dirasakan?

    Tongkat Ali bukanlah obat kuat berisiko yang dalam waktu beberapa jam bisa membuat Anda bergairah, namun kemudian ‘loyo’ lagi. Ekstrak Tongkat Ali bisa diminum secara teratur selama 1-2 bulan agar performa si pengguna di ranjang meningkat, ereksi lebih kuat dan bertahan lama, dan secara keseluruhan merasa lebih jantan.

  • Apakah ada jaminan saya akan lebih “perkasa”?

    Tidak ada jenis pengobatan manapun, baik secara medis maupun alternatif dan herbal, yang bisa menjamin kesembuhan dari suatu masalah kesehatan. Namun, seperti yang sudah disbutkan pada umumnya pengguna Tongkat Ali akan merasakan peningkatan secara seksual dan lebih berstamina setelah pemakaian teratur selama 1-2 bulan.

  • Apakah saya akan ketergantungan Tongkat Ali?

    Tongkat Ali dianjurkan dikonsumsi sampai dirasa cukup, setelah itu bisa dilanjutkan dengan dosis perawatan (dosis yang lebih rendah). Atau bisa juga dihentikan jika dirasa sudah memuaskan hasilnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan selalu bergantung pada Tongkat Ali.

  • Adakah efek samping dari penggunaan Tongkat Ali?

    Sampai saat ini belum ada laporan mengenai efek samping serius akibat penggunaan Tongkat Ali, asalkan dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

  • Adakah efek samping bila dikonsumsi jangka panjang?

    Tongkat Ali sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dengan dosis yang tepat. Tidak ada catatan efek samping mengenai pengaruh Tongkat Ali terhadap kesuburan, keseimbangan hormon pria, kesehatan prostat, testis, dan kualitas semen dalam pemakaian jangka panjang.

  • Apakah Tongkat Ali bisa dikombinasikan dengan obat/herbal lain?

    Tongkat Ali boleh dikombinasikan dengan herbal atau obat medis lain asalkan diberi jeda waktu konsumsi 1-2 jam. Namun disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum mengombinasikan obat.

  • Bolehkah wanita mengonsumsi Tongkat Ali?

    Tongkat Ali bisa dikonsumsi oleh wanita, karena mempunyai berbagai manfaat lain, seperti misalnya membantu pengobatan kanker, malaria, dan pegal-pegal pada sendi.

  • Bolehkah dikonsumsi oleh penderita gangguan kesehatan lainnya?

    Hasil penelitian mengenai dampak terapi testosteron terhadap penderita masalah jantung, prostat, hati, ginjal, dan diabetes berbeda-beda. Untuk Tongkat Ali sendiri, cara kerjanya berbeda dengan testosteron buatan, yaitu dengan merangsang produksi hormon testosteron dalam tubuh secara alami. Karena efek pengobatan bisa jadi berbeda pada tiap orang, maka selama konsumsi Tongkat Ali disarankan untuk memantau perkembangan kesehatan secara berkala, baik dari segi hormon, darah, dan kondisi organ tubuh lain yang sedang bermasalah.


Dr. Ismail Tambi. The Singapore Straits Times. Feb 2003

Artikel dari buku Molecular Biology of the Cell. Published: 2002-09-01

Bab 39-a dari buku Eureka Bioscience Collection. Published: 2003-10-03

Ang, H H, dkk. 2001. Evaluation of the Potency Activity of Aphrodisiac in Eurycoma Longifolia Jack. Phytotherapy Research. 15(5):435-436

Serge Kreutz, Dan White. British Journal of Sports Medicine.

Hamzah S, Yusof A. 2003. The Ergogenic Effects of Eurycoma Longifolia Jack: A Pilot Study. British Journal of Sports Medicine. 37:465–6