Tips Mencegah Osteoporosis

504

Diedit:

Bagi orang yang telah menginjak usia senja, kemungkinan terkena penyakit osteoporosis sangat besar. Osteoporosis ternyata tak hanya terjadi pada wanita, kaum pria juga berpotensi terjangkit osteoporosis.

Osteoporosis memang ditakutkan mayoritas orang karena penderitanya sangat rentan mengalami patah tulang akibat kekeroposan dan kerapuhan tulang.

Kalangan wanita merupakan yang banyak terkena osteoporosis karena mereka memiliki siklus menstruasi atau haid yang memungkinkan kalsium keluar berbarengan dengan darah yang keluar dari tubuh.

Lantas, apakah Anda sekarang ini sudah terkena osteoporosis? Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kata “Ya” dan “Tidak” sesuai dengan fakta yang ada pada diri Anda.

  • Apakah Anda termasuk ras kulit putih atau Asia?
  • Apakah Anda memiliki usia di atas 50 tahun?
  • Apakah Anda memiliki postur tubuh yang cenderung tinggi dan ramping?
  • Apakah Anda dari keluarga yang terkena osteoporosis?
  • Apakah Anda menggunakan obat-obatan untuk asma atau reumatik?
  • Apakah Anda juga menggunakan obat-obatan untuk penyakit tiroid?
  • Apakah Anda sudah melewati masa menopause?
  • Apakah Anda jarang melakukan olahraga atau kegiatan fisik lainnya?
  • Apakah makanan yang dikonsumsi dalam keseharian mengandung kalsium yang rendah?
  • Apakah Anda merokok?
  • Apakah Anda mengonsumsi minuman beralkohol?

Kalau jawaban “Ya” lebih mendominasi maka semakin besar resiko Anda terkena osteoporosis. Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan atau menghindari resiko terkena osteoporosis.

Memperbanyak Asupan Kalsium

Salah satu cara untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya osteoporosis ialah dengan memperbanyak asupan kalsium.

Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain: sereal, susu, kedelai, ikan laut, jus jeruk, kuning telur, brokoli, yoghurt, dan sayuran berhijau daun.

Berhenti Merokok

Harap diperhatikan bahwa para perokok aktif sangat rawan terkena osteoporosis karena adanya zat nikotin yang dapat menghambat penyerapan dan penggunaan kalsium dalam tubuh.

Baca juga:  Apakah Anda Punya Risiko Osteoporosis?

Ada lumayan banyak penelitian yang berhasil menemukan hubungan antara aktifitas merokok dengan osteoporosis baik pada pria maupun wanita.

Dalam sebuah penelitian yang mengamati kasus patah tulang pinggul pada wanita lansia, disimpulkan bahwa 1 dari 8 kasus patah tulang disebabkan oleh kehilangan massa tulang yang disebabkan oleh rokok.

Dengan berhenti merokok, Anda bisa mengurangi resiko massa tulang yang rendah dan mengurangi terjadinya patah tulang serta osteoporosis.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin seperti berjalan kaki, senam, jogging, dan angkat beban bisa membantu menjaga kondisi tulang tetap kuat dan kokoh.

Cukup dengan berjalan kaki selama setengah jam saja sebanyak 3 kali dalam seminggu sangat berperan besar untuk mencegah osteoporosis.

Mengurangi Konsumsi Kopi

Anda harus tahu bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat mendorong terjadinya pengeluaran kalsium dari dalam tubuh. Jika Anda sangat ingin minum kopi, Anda bisa mencampurkannya dengan susu atau krim untuk mengurangi kadar kafein di dalam kopi.

Hormone Replacement Therapy (HRT)

Sebagaimana diketahui, osteoporosis biasanya terjadi pada masa pasca menopause dimana produksi hormon estrogen menurun drastis. Sementara, fungsi hormon estrogen inilah yang berperan dalam memelihara kepadatan tulang.

Nah, dalam konteks ini Anda bisa melakukan penggantian hormon estrogen dengan cara melakukan Hormone Replacement Therapy (HRT)/Terapi pengganti hormon untuk memperlambat kehilangan kalsium dan membantu mengembalikan massa tulang.

Namun, patut diperhatikan juga bahwa beberapa jenis terapi ini malah bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara, stroke, dan penyakit hati.

Dengan melakukan beberapa tips pencegahan resiko osteoporosis di atas, Anda bisa meminimalisir resiko terkena osteoporosis yang menjadi momok khususnya bagi banyak kalangan wanita pasca menopause. Osteoporosis bisa dicegah dan diminimalisir dengan melakukan tips-tips di atas secara konsisten.

Baca juga:  Tips Rumahan Untuk Mencegah Osteoporosis
Advertisement
Alinesia