Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok dan Bercabang


By Cindy Wijaya

Untuk Anda yang hobi mengganti-ganti model rambut, tentuknya Anda sudah akrab dengan proses pewarnaan, catok, pemakaian hair spray, hingga pemakaian hair extension. Ada kalanya rambut merasa ‘lelah’ untuk menerima perawatan-perawatan tersebut. Untuk itu, rambut memerlukan ‘istirahat’ dari segala rutinitas styling rambut. Artikel ini akan menjelaskan tips-tips merawat rambut agar tidak bercabang dan rontok.

Tips Merawat Rambut Rontok

Banyak bermunculan tips merawat rambut agar tidak rontok dan efek sampingnya penggunaan aneka bahan kimiawi untuk perawatan rambut. Untuk itu, beralihlah ke cara alami yang lebih aman dan tentunya membuat rambut Anda menjadi lebih sehat.

Gunakan lendir aloevera (lidah buaya) untuk memijat bagian kulit kepala. Biarkan meresap selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan vitamin alami yang ada pada lidah buaya dipercaya mampu memulihkan kekuatan akar serta batang rambut sehingga menghindarkan rambut dari kerontokan.

Selain menggunakan aloevera, Anda juga bisa menggunakan aneka minyak zaitun ataupun minyak kelapa yang dipanaskan terlebih dahulu. Pijat bagian kulit kepala dengan minyak tesebut, lalu di utup dengan menggunakan handuk atau shower cap. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Proses pemanasan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan kandungan vitamin dalam minyak sehingga lebih efektif dalam menjaga kekuatan rambut.

Tips Merawat Rambut Bercabang

Akibat seringnya rambut mengalami proses pewarnaan, biasanya mengakibatkan kondisi rambut yang kusam, kering, serta bercabang. Anda tidak perlu memotong rambut Anda. Solusinya yaitu menghindari pemakaian sisir yang rapat. Hindari pula pemakaian alat pemanas rambut, misalnya hair dryer atau catok.

Jangan lupa untuk tidak menggosok rambut ketika keramas, ataupun setelah keramas. Gunakan jari-jari Anda untuk merapikannya dengan pelan, biarkan kering secara alami tidak perlu menggunakan pengering rambut, dan gunakan sisir yang kerapatannya renggang.

Baca Juga:  10 Cara Menumbuhkan Rambut Agar Cepat Panjang

Mengatasi rambut bercabang juga bisa dengan memakai kondisioner setelah keramas secara teratur. Kandungan pelembab yang tinggi pada kondisioner sangat baik untuk memperbaiki rambut yang kering dan kusam. Selain itu, konsumsilah buah-buahan segar dan banyak air mineral.

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam buah mampu menjaga keadaan rambut agar tetap sehat. Solusi terakhir yaitu memotong ujung rambut setidaknya 6 bulan sekali untuk menghilangkan ujung rambut yang telah tua. Sekian ulasan mengenai tips merawat rambut rontok dan bercabang. Semoga rambut Anda selalu sehat dan indah.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}