Terapi Pengganti Nikotin bagi Pecandu Rokok

545
Shutterstock

Diedit:

Anda pecandu rokok? Masyarakat di negeri ini, terutama kaum pria, sangat banyak yang menjadi perokok aktif. Kecanduan rokok memang sangat melenakan dan sulit untuk dihentikan. Para pecandu rokok biasanya mengabaikan bahaya dari merokok. Padahal, segala dampak merokok yang merugikan kesehatan, secara jelas ditulis di bungkus rokoknya.

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan kehamilan, resiko kanker, dan penyakit lainnya. Meskipun begitu, rupanya hal tersebut tak membuat para perokok menjadi ketakutan dan menghentikan aktifitas merokoknya.

Sebaliknya, jumlahnya semakin meningkat. Bukan hanya sang perokok, orang-orang di sekitarnya (perokok pasif) jelas akan merasakan dampak buruknya.

Yang membuat miris, para perokok aktif bukan hanya ada di kalangan dewasa saja, namun juga banyak anak-anak yang sudah mulai merokok.

Kecanduan nikotin akan sulit dihilangkan karena tak berbeda jauh dengan kecanduan kokain atau heroin yang sangat sulit dihentikan. Bagi Anda yang berniat berhenti merokok, namun sulit melakukannya, beberapa terapi pengganti nikotin berikut boleh jadi dapat membantu Anda melakukannya.

Terapi pengganti nikotin memang tidak membuat Anda dapat menghentikan kecanduan rokok secara otomatis, melainkan dengan membantu Anda secara bertahap untuk lepas dari ketergantungan tersebut.

Prinsipnya adalah dengan melakukan penggantian nikotin dari rokok dengan benda lain yang juga mengandung nikotin, namun berkadar rendah dan tidak memiliki toksin seperti rokok.

Tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan terhadap nikotin secara bertahap. Dan berikut merupakan beberapa cara yang dinilai efektif untuk melakukannya.

Permen Karet Nikotin

Salah satu cara terapi pengganti nikotin ialah dengan mengunyah permen karet nikotin. “Wah, memangnya ada?” Tentu saja. Kini, sudah ada permen karet yang mengandung zat nikotin rendah, namun tidak membahayakan.

Baca juga:  “Hari Ke-50 Bebas Rokok!”

Permen ini bisa Anda kunyah layaknya permen karet pada umumnya. Kunyahlah sampai merasakan rasa pedas. Terapi ini dapat dilakukan selama 20-30 menit Anda mengunyah.

Terapi jenis ini dinilai sebagai cara yang termudah. Penggunaan permen karet ini tentu tidak boleh secara terus-menerus. Harus ada jangka waktu kapan dihentikannya!

Koyo Nikotin

Selain permen karet, Anda juga bisa menggunakan koyo nikotin yang juga menjadi salah satu alternatif untuk dapat menggantikan rokok.

Koyo nikotin berbentuk seperti koyo pada umumnya yakni berbentuk lembaran dan penggunaannya dengan cara ditempelkan di kulit untuk memberikan pengaruh nikotin yang biasanya didapatkan dari rokok.

Biasanya, pemakaian koyo ini ditempatkan pada bagian lengan untuk mengurangi efek ketergantungan nikotin dari rokok. Kadar nikotinnya tentu lebih rendah dibandingkan nikotin yang terkandung dalam rokok.

Nikotin Inhaler

Mungkin terapi jenis ini yang dianggap paling identik dengan merokok itu sendiri karena penggunanya seperti sedang merokok. Inhalernya sendiri terbuat dari bahan plastik yang di dalamnya mengandung nikotin.

Dengan alat ini, kebutuhan tubuh Anda akan nikotin dapat dipenuhi. Nikotin dari inhaler biasanya masuk lewat mulut dan tenggorokan kemudian diserap oleh membran mukosa.

Inhaler nikotin bisa dipesan dengan resep. Seperti alat terapi lainnya, kandungan nikotin di dalam inhaler ini dapat dikurangi. Meski begitu, efek samping penggunaannya cukup besar seperti adanya iritasi pada tenggorokan dan mulut.

Tablet Nikotin

Tablet nikotin dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nikotin akibat kecanduan rokok. Penggunaannya sendiri ialah dengan memasukkannya ke dalam  mulut dan disimpan di bagian bawah lidah.

Diamkan beberapa saat sampai sekiranya nikotin yang terkandung di dalamnya dilepaskan semuanya dan diserap oleh darah. Penggunaan tablet nikotin ini sangatlah mudah.

Baca juga:  Amankah Mengonsumsi Rokok Elektrik?

Ada yang berpendapat bahwa terapi pengganti nikotin cukup membantu mereka dalam mengendalikan ketergantungan terhadap rokok.

Sebaliknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi jenis ini tidak membantu sama sekali bagi orang-orang yang ingin berhenti melakukannya.

Bagaimana pandangan Anda dalam hal ini? Apapun itu, menghentikan sama sekali konsumsi nikotin yang Anda lakukan dengan berbagai cara, termasuk merokok, harus menjadi tujuan akhir yang harus Anda capai.

Advertisement
Alinesia