Tenang, Anda Bisa Memperbaiki Rambut Kering & Kusam dengan Cara Alami Ini!

457

Diedit:

Apakah Anda jadi kurang percaya diri karena rambut kering & kusam? Sebenarnya, masalah rambut kusam merupakan masalah yang banyak sekali dialami wanita. Jika Anda salah satu yang mengalaminya, mungkin Anda sudah putar otak untuk memperbaiki rambut yang rusak.

Tenang saja, kami sediakan tips-tips ampuh untuk memperbaiki rambut kering & kusam dengan cara alami. Cara-cara di bawah ini benar-benar alami sehingga Anda tidak perlu takut keluar banyak biaya. Dan cara ini pun tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Bikin sendiri masker rambut alpukat

Tumbuk halus 1 buah alpukat matang dan campurkan dengan 1 telur, kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut yang sudah dibasahi dengan air. Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang membantu mengembalikan kilau rambut Anda, demikian kata Stephen Sanna, penata rambut ahli di Pierre Michel Salon di New York. Diamkan masker alpukat tersebut di rambut selama setidaknya 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Ulangi langkah tadi seminggu sekali untuk rambut yang rusak, dan lakukan sebulan sekali untuk perawatan rambut sehat.

Pijat dengan mentega

Obati rambut yang kering & rapuh dengan mentega secukupnya agar rambut jadi mengkilap. Pijat-pijat mentega ke rambut Anda, lalu tutupi rambut dengan shower cap selama sekitar ½ jam. Kemudian cuci rambut dengan sampo seperti biasa, dan bilas sampai benar-benar bersih.

Minyaki dengan minyak zaitun

Kembalikan kelembapan rambut Anda dengan cara ini: Hangatkan ½ cangkir minyak zaitun di mirowave (jangan sampai terlalu panas), dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Tutupi rambut dengan kantung plastik, lalu tutupi lagi dengan handuk. Diamkan selama setidaknya 45 menit, lalu keramasi rambut dan bilas sampai benar-benar bersih.

Baca juga:  Cara Menebalkan Rambut dengan Cepat Tanpa Obat

Bilas dengan teh

Teh biasanya digunakan untuk menyegarkan tenggorokan, tapi khasiat teh juga bisa untuk menyegarkan rambut kusam. Seduhlah teh secukupnya ke dalam 1 liter air hangat, tapi jangan tambahkan gula. Gunakan teh tersebut sebagai bilasan akhir setelah keramas. Teh mampu memperkuat warna rambut, karena itu bilasan ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin rambutnya terlihat sehat alami. Catatan: bagi yang rambutnya hitam, gunakan teh yang berwarna pekat; sedangkan yang berambut pirang, gunakan teh yang berwarna cerah.

Siapkan masker rambut cuka apel

Kembalikan kesegaran rambut kering & rusak dengan ramuan ini: campurkan 1 sendok teh cuka apel dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 3 putih telur. Lalu oleskan campuran tadi ke seluruh bagian rambut. Setelahnya tutupi rambut selama sekitar ½ jam menggunakan shower cap atau kantung plastik biasa, kemudian keramasi rambut dan bilas sampai bersih.

Lembutkan dengan “sampo telur”

Campurkan 1 telur dengan sedikit sampo, lalu usapkan ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Sampo telur ini membantu memperbanyak protein dalam rambut.

Obati dengan minyak herbal

Berbagai jenis minyak herbal biasanya tersedia di toko-toko makanan sehat. Misalnya minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak almond, semuanya dapat bermanfaat untuk memperindah rambut yang kering atau rusak. Basahi rambut Anda dan oleskan minyak herbal secukupnya ke seluruh bagian rambut. Tutupi selama sekitar ½ jam dengan shower cap dan handuk hangat, kemudian keramas dan bilas sampai bersih.

Cobalah minyak cendana

Campurkan beberapa tetes minyak cendana dengan beberapa tetes minyak zaitun atau jojoba, lalu oleskan ke telapak tangan dan usapkan dari bagian tengah sampai ujung rambut. Cara ini akan membuat rambut tampak lembut dan bisa secara instan menutupi kondisi rambut yang rapuh & kusut. Cara lainnya adalah dengan menyemprotkan losion minyak cendana ke telapak angan lalu usapkan dari bagian tengah sampai ujung rambut.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Rambut Menggunakan Bahan-Bahan Alami (Bagian 2)

Makanlah suplemen omega-3

Cukupi kebutuhan omega-3 tubuh dengan 1-3 kapsul minyak borage, minyak evening primrose, atau minyak biji rami dalam sehari. Semua itu kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk menjaga kelembapan rambut, demikian kata Kathleen W. Wilson, MD, seorang internis di Ochsner Health Center di New Orleans.

Setelah membaca semua cara-cara diatas, pilihlah salah satu yang paling cocok buat Anda. Dan segeralah lakukan itu, jangan tunggu sampai rambut semakin rusak.

Tapi ingatlah bahwa tidak ada yang instan jika ingin mencoba dengan bahan-bahan alami. Karena itu lakukan cara alami memperbaiki rambut kering & kusam di atas selama setidaknya 1-2 bulan, dan lihat sendiri hasilnya.

Advertisement
Alinesia