Penyebab Sakit Telinga Kanan Yang Perlu Diwaspadai

796
Penyebab Sakit Telinga Kanan

Diedit:

Indera Pendengaran – Sakit telinga, khususnya di bagian sebelah kanan seringkali menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu. Apabila ini terjadi maka pendengaran pun dapat ikut terganggu, dan yang cukup parah yaitu terjadinya gangguan pendengaran permanen, mungkin Anda biasa mendengarnya dengan sebutan tuli. Apa penyebab sakit telinga kanan?

Dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa penyebab sakit telinga kanan yang bisa dialami oleh Anda atau anak-anak. Berdasarkan ulasan singkat alodokter, berikut penjelasannya!

Penyebab Sakit Telinga Kanan

Pada lain kasus, sakit telinga sebelah kanan juga dapat diikuti oleh keluarnya cairan dari telinga tersebut. Metode penyembuhan terbaik adalah dengan resep obat dari dokter THT, Anda harus langsung berkonsultasi ke dokter THT terbaik di kota Anda. Rasa sakit pada telinga kanan tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga bisa terjadi pada anak-anak. Selengkapnya silahkan Anda baca di bawah ini.

Bila Sakit Telinga Kanan Terjadi Pada Anak-Anak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga kemungkinan terkena gangguan sakit telinga kanan mereka. Namun jika anak-anak terkena gangguan ini, sebagai orang tua Anda juga harus cepat-cepat mengetahuinya, sebelum terlambat.

Terutama apabila rasa nyeri yang dirasakan sudah termasuk berlebihan. Anak-anak terkadang juga akan merasa telinga bagian kanannya sakit ketika mereka sedang makan ataupun tertawa, kondisi ini bisa saja terjadi.

Langkah awal yang bisa Anda coba yaitu dengan melihat telinga anak, sebelum Anda membawanya konsultasi ke dokter THT. Gunakan senter untuk melihat telinga anak Anda, cek rongga telinga mereka. Anda coba perhatikan apakah di daerah rongga telinga anak ada keanehan. Juga jangan lupa cek apakah kotoran telinga berlebih ada pada bagian kanan dari telinga anak yang terasa nyeri atau tidak.

Baca juga:  10 Penyebab Gangguan Pendengaran yang Perlu Diwaspadai

Keberadaan Benda Asing

Jika telinga sebelah kanan sakit, tentu saja ada penyebab tertentu yang menyebabkan kondisi tersebut. Anda sebaiknya mengerti apa saja yang menjadi faktor penyebab sakit telinga kanan. Kotoran telinga menumpuk terlalu banyak juga merupakan salah satu penyebab, namun masih ada beberapa penyebab yang lain juga, tak hanya itu saja.

Penyebab kedua karena benda asing ataupun serangga yang masuk ke dalam rongga telinga, ini juga bisa saja terjadi. Apabila kondisi ini terjadi pada Anda, maka Anda harus sesegera mungkin mengeluarkan benda asing ataupun serangga yang masuk ke rongga telinga tersebut.

Jangan sampai serangga yang masuk terlalu lama dan kemudian membuat sarang, karena serangga senang dengan tempat yang gelap, dan memang rongga telinga seseorang memenuhi kriteria tempat tinggal serangga tersebut.

Belum lagi kondisi rongga telinga bagian dalam yang cukup hangat, membuat serangga betah tinggal di dalamnya. Namun Anda akan merasa kesakitan dan tak nyaman. Selain itu, kehadiran serangga dan benda asing lainnya pada rongga telinga kanan akan menyebabkan terjadinya infeksi yang cukup parah.

Kotoran Telinga Mengeras

Kotoran telinga yang mengeras juga dapat menjadi penyebab sakit telinga kanan. Umumnya apabila kondisi ini terjadi, dokter THT akan menggunakan obat tetes telinga. Obat tetes tersebut digunakan oleh penderita dengan dosis 3x per 1 hari.

Dengan menggunakan obat tetes telinga tersebut, maka kotoran telinga yang menumpuk dan mengeras kemudian perlahan-lahan akan melunak dan dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

Ya, karena tidak mungkin Anda bisa mengeluarkan kotoran telinga yang sudah mengeras, bisa menyebabkan luka pada rongga telinga jika dipaksa. Namun lain halnya jika kotoran telinga sudah melembek karena menggunakan obat tetes tersebut.

Baca juga:  Penyebab Telinga Gatal Yang Perlu Diwaspadai

Sekian artikel tentang telinga kanan terasa sakit. Dengan mengetahui penyebab sakit telinga kanan dan bagaimana cara menanganinya, semoga Anda bisa cepat tanggap dalam mengatasi keluhan yang dirasakan anak Anda maupun diri sendiri. Nantikan informasi terkini seputar pengobatan alternatif dan gangguan kesehatan lainnya – hanya di deherba.

Advertisement
Alinesia