Teh Hijau Bisa untuk Mengatasi Jerawat? Baca Selengkapnya Disini

469

Diedit:

Anda tentu mengamini fakta bahwa teh hijau adalah salah satu minuman dengan kadar anti oksidan tertinggi. Kadar katekin di dalamnya diklaim oleh demikian banyak pakar memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari sebagai anti toksin, regenerasi tubuh sampai sebagai agen anti karsinogen.

Tetapi tahukah Anda bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin juga bisa membantu Anda mengatasi jerawat? Bagaimana teh hijau dapat bekerja mengatasi jerawat membandel dan membantu Anda memiliki wajah yang lebih mulus?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana teh hijau bekerja melawan jerawat, mari kita coba mengulas dulu masalah jerawat ini dan memahami kaitannya dengan cara kerja teh hijau terhadap tubuh Anda.

Jerawat secara umum adalah infeksi bakteri pada lapisan terluar kulit terkait dengan sumbatan lemak dan minyak beserta kotoran di dalam pori-pori. Infeksi ini menyebabkan pori-pori membengkak terisi oleh lemak dan darah putih.

Menariknya, tidak semua orang mengalami jerawat dan terbukti bahwa ada kaitan erat antara jerawat dan masalah hormonal pada seseorang dengan masalah toksin di dalam darah yang mengkontamilasi sistem sirkulasi darah menuju area kulit.

Toksin yang tinggi dan masalah hormonal yang tidak seimbang dapat memicu produksi berlebihan minyak pada sistem jaringan kulit. Biasanya masalah muncul pada area wajah karena sistem kelenjar minyak pada wajah cenderung sangat aktif.

Di sinilah peran teh hijau bekerja melawan serangan jerawat. Ini dibuktikan dalam riset terbaru yang dijurnalkan oleh National Yang-Ming University, Taiwan. Studi ini melibatkan 80 orang partisipan yang terdiri dari kalangan dewasa 25 tahun sampai 40 tahunan dengan kondisi jerawat dalam stadium berbeda.

Riset ini dilakukan dengan memberikan teh hijau tanpa kafein secara rutin selama 4 minggu dalam takaran normal 120 cc perharinya. Dari riset ini dtemukan pasien dengan wajah berjerawat menunjukan perubahan positif dengan berkurangnya jerawat sampai lebih dari 30% dengan beberapa perbedaan prosentasi.

Baca juga:  3 Manfaat Teh Hijau sebagai Anti Kanker yang Ampuh

Menurut salah satu pakar kesehatan kulit dari Amerika, pendiri Athority Skin, Celeste Hilling dikatakan bahwa kandungan katekin dan polifenol dalam teh hijau memiliki peran besar dalam membantu mengatasi jerawat.

Anti oksidan dalam teh hijau bekerja menetralisir kandungan toksin dan residu tubuh yang terlarut dalam darah. Bila toksin dinetralkan, hati bisa bekerja dengan lebih ringan dan sirkulasi darah menjadi lancar, maka akan memperbaiki imunitas yang bekerja efektif mengurangi kerentanan kulit untuk mengalami infeksi jerawat.

Kandungan katekin juga diketahui memberi efek anti bakteri yang baik untuk mendorong daya lawan tubuh terhadap serangan bakteri ringan seperti bakteri penyebab jerawat. Ini memberi efek ganda dalam melawan serangan jerawat.

Namun kekuatan lain dari teh hijau dalam membantu mengatasi jerawat rupanya tidak berhenti sampai di sini. Karena dalam teh hijau juga dijumpai sejumlah elemen senyawa anti oksidan lain yang tidak kalah berkhasiat bagi tubuh seperti L-theanin dan Epigallocatechin Gallate (EGCG).

Yang menarik dari kedua senyawa anti oksidan ini adalah kemampuannya dalam mengatasi pembentukan sel-sel abnormal termasuk perubahan sistem kerja hormonal dan kelenjar. Keduanya bekerja unik dengan membantu menormalkan fungsi dan kombinasi struktur hormonal. Untuk Anda ketahui 80% dari kasus jerawat dewasa disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal.

Keduanya juga bekerja membantu menormalkan produksi minyak oleh kelenjar minyak pada wajah. Sehingga mencegah wajah menjadi lebih berminyak, karena minyak berlebih ini menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

EGCG juga menjadi salah satu materi stimulan produksi sejumlah enzim dalam hati yang berfungsi meningkatkan pembuangan glukosa berlebih dalam darah. Fungsi ini bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat karena ketika darah mengandung lebih banyak glukosa, Anda akan menjadi lebih mudah mengalami infeksi.

Baca juga:  Manfaat Teh Hijau

EGCG juga bekerja membantu menghambat produksi enzim yang bekerja membentuk kelebihan lemak menajdi gliserida atau lemak cadangan yang tersimpan dalam tubuh dan sekitar area hati. Masalahnya gliserida ini kerap pula menurunkan fungsi hati sekaligus mengaktivasi kelenjar minyak dua kali lebih tinggi.

Jadi, untuk Anda yang mengalami keluhan jerawat di usia dewasa, Anda bisa lebih tenang berkat hasil riset menarik ini. Anda bisa mengatasi jerawat dengan cukup hanya mengkonsumsi 1 cangkir ukuran kecil teh hijau rendah kafein. Terdengar mudah dan menyenangkan bukan?

Advertisement
Alinesia