Tangan Gemetaran: Penyebab dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Akhir-akhir ini Anda merasa tangan jadi sering gemetaran. Atau mungkin gejala ini sudah lama dirasakan, hanya belakangan ini terasa semakin parah. Mungkin gejala ini berangsur-angsur kian terasa. Atau bisa juga hanya terjadi sewaktu sedang stres atau marah. Tetapi ada penyebab tangan gemetaran yang lebih berbahaya, yang bisa jadi merupakan penyakit di dalam tubuh.

Apa pun penyebabnya, gejala tangan (atau kadang-kadang kaki dan bagian tubuh lain) yang bergetar sendiri ini disebut dengan istilah ‘tremor’.

Kebanyakan orang punya sedikit tremor di tangannya, dan terutama akan terlihat saat menahan posisi tangan lurus di depan tubuh.

Tetapi ada orang-orang yang punya tangan yang sering gemetaran atau yang gemetarnya cukup parah, sampai mengganggu kegiatan normalnya.

Dalam artikel ini kita akan mengupas penyebab umum dan cara mengatasi tangan gemetar.

Apa Itu Tremor?

Tremor adalah gangguan gerakan yang umum dialami orang-orang. Getaran tremor disebabkan oleh kontraksi otot ritmis yang tidak disengaja. Ini paling sering terjadi di tangan, tapi bisa juga terjadi di lengan, kepala, pita suara, bagian tengah tubuh (torso), dan kaki.

Getaran tremor bisa terjadi sebentar-bentar, terjadi dengan sering, atau terus-menerus (konstan). Kadang getaran muncul sendiri, dan kadang itu bisa menandakan adanya masalah kesehatan dibaliknya.

Tangan gemetaran dapat menyulitkan kita untuk menulis atau menggambar. Seseorang mungkin juga kesulitan untuk memegang dan menggunakan alat, seperti peralatan makan.

Ada lebih dari 20 jenis tremor, tapi kebanyakan tergolong dalam dua kategori berikut:

Tremor istirahat: Terjadi saat otot-otot sedang rileks, misalnya saat tangan beristirahat di pangkuan.

Tremor aksi: Kebanyakan jenis tremor adalah tremor aksi. Mereka terjadi ketika otot berkontraksi karena gerakan yang disengaja.

Apa Penyebab Tangan Gemetar?

Ada dua jenis penyebab tangan gemetar, yaitu yang tidak berbahaya atau yang berbahaya. Penyebab yang tidak berbahaya biasanya hanya sesekali membuat tangan gemetaran dan tidak perlu ditangani. Sedangkan penyebab yang berbahaya biasanya ada hubungannya dengan penyakit sehingga perlu ditangani.

Penyebab Tangan Gemetar yang Tidak Berbahaya

Sewaktu Anda mengalami tangan gemetaran perhatikanlah apakah Anda memiliki faktor-faktor berikut:

  • Anda sedang stres, lelah, cemas, atau marah
  • Baru saja minum minuman berkafein (misalnya kopi, teh, atau kola)
  • Baru saja merokok
  • Anda sedang kepanasan atau kedinginan
  • Sudah mulai memasuki usia tua

Kadang konsumsi obat tertentu juga dapat menjadi penyebab tangan gemetar. Jadi jika setelah mengonsumsi suatu obat Anda mengalami tangan gemetaran yang cukup mengganggu, sebaiknya beritahukan itu kepada dokter Anda.

Penyebab Tangan Gemetar yang Berbahaya

Adakalanya tremor di tangan disebabkan oleh masalah yang memengaruhi fungsi otak. Sering kali masalah tersebut berkaitan dengan kondisi neurologis (saraf), gangguan pergerakan, atau masalah kesehatan lainnya.

Kondisi Neurologis

Beberapa kondisi neurologis yang dapat menjadi penyebab tangan gemetar antara lain:

  • Multiple sclerosis (MS): Banyak penderita MS mengalami tangan gemetaran. Ini seringnya karena penyakit MS merusak area-area di jalur sistem saraf pusat yang mengontrol pergerakan.
  • Stroke: Stroke jenis iskemik terjadi karena gumpalan darah menyumbat arteri, menghalangi aliran darah untuk mencapai otak. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada jalur neurologis dan menyebabkan tremor.
  • Cedera otak traumatis: Cedera fisik pada otak juga bisa merusak saraf-saraf yang mengontrol koordinasi pergerakan. Akibatnya seseorang bisa mengalami tangan gemetaran setelah cedera tersebut.
  • Penyakit Parkinson: Lebih dari 25 persen penderita Parkinson mengalami tremor aksi serta tremor istirahat pada salah satu atau kedua tangan. Tremor bisanya dimulai dari satu sisi tubuh, dan bisa menyebar ke sisi lain. Tremor itu mungkin menjadi lebih terasa saat sedang stres atau mengalami emosi kuat.

Gangguan Pergerakan

Beberapa gangguan pergerakan yang dapat menjadi penyebab tangan gemetar antara lain:

  • Tremor esensial: Ini adalah salah satu jenis gangguan pergerakan yang paling umum. Tremor esensial biasanya terjadi di kedua sisi tubuh, tapi mungkin akan lebih terasa di tangan yang lebih sering dipakai. Ini cenderung terjadi ketika seseorang bergerak dan saat berdiri diam. Ada kemungkinan tremor ini menurun dalam keluarga.
  • Tremor distonik: Pada penderita distonia, otak mengirimkan pesan yang salah, mengakibatkan otot terlalu aktif, postur tubuh abnormal, dan gerakan yang tidak diinginkan yang terus-menerus. Tremor ini dapat terjadi pada otot manapun dan lebih sering dialami oleh orang dewasa yang masih muda dan yang berusia paruh baya.

Masalah Kesehatan

Selain karena kondisi neurologis dan gangguan pergerakan, ada sejumlah masalah kesehatan lain yang bisa menjadi penyebab tangan gemetar, antara lain:

  • Masalah kesehatan mental, misalnya depresi dan gangguan kecemasan
  • Kelainan degeneratif bawaan, misalnya ataksia herediter atau sindrom fragile X
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Keracunan merkuri
  • Hipertiroidisme

Bagaimana Cara Mengatasi Tangan Gemetar?

Jika penyebab tangan gemetar bukan sesuatu yang berbahaya, kita biasanya bisa mengatasi dengan melakukan cara berikut:

  • Penyesuaian gaya hidup: Membatasi konsumsi zat yang dapat menyebabkan tangan gemetaran, misalnya kafein atau alkohol.
  • Terapi fisik: Ini untuk memperbaiki kontrol, fungsi, dan kekuatan otot sambil meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Seorang ahli terapi dapat membantu penderita tremor untuk melakukan terapi fisik ini.
  • Teknik psikologis: Jika rasa cemas atau stres adalah penyebab tangan gemetaran, kita bisa mencoba melakukan teknik-teknik relaksasi yang menenangkan, misalnya dengan latihan pernapasan.

Bagaimana jika penyebab tangan gemetar adalah masalah kesehatan tertentu? Cara mengatasi tangan gemetar itu harus dengan mengobati masalah kesehatan penyebabnya, sebab tangan gemetaran hanyalah gejala.

Ada beberapa jenis obat yang dapat membantu untuk cara mengatasi tangan gemetar sesuai dengan masalah kesehatan penyebabnya, antara lain:

Obat untuk Tremor Esensial

Dokter dapat meresepkan obat beta-blocker, seperti propranolol, metoprolol, atau nadodol. Dokter juga dapat meresepkan obat anti-kejang seperti primidone.

Obat untuk Parkinson

Dokter sering meresepkan obat khusus seperti levodopa dan carbidopa untuk menangani kasus yang sudah lanjut.

Obat untuk MS

Pilihan obat untuk tremor terkait penyakit MS antara lain obat beta-blocker, obat anti-cemas, dan obat anti-konvulsan.

Kesimpulan tentang Tangan Gemetaran

Gejala tangan yang bergetar disebut dengan istilah “tremor”. Tremor di tangan dapat terjadi ketika sedang beristirahat (disebut tremor istirahat) atau ketika sedang melakukan gerakan (disebut tremor aksi).

Apa penyebab tangan gemetar? Ada berbagai penyebab tangan gemetaran. Biasanya penyebab yang tidak berbahaya apabila tangan gemetaran karena stres atau cemas, setelah mengonsumsi kafein, saat kedinginan atau kepanasan, atau karena usia tua.

Tetapi ada penyebab yang berkaitan dengan masalah kesehatan, misalnya tremor esensial, multiple sclerosis, cedera otak, stroke, penyakit Parkinson, tremor distonik, hipertiroidisme, dan kelainan degeneratif bawaan.

Bagaimana cara mengatasi tangan gemetar? Jika tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan, tangan gemetaran mungkin bisa diatasi cukup dengan penyesuaian gaya hidup, terapi fisik, dan teknik psikologis. Tetapi jika berkaitan dengan penyakit tertentu, cara mengatasi tangan gemetar haruslah dengan mengobati dulu penyakit penyebabnya.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang tangan gemetaran. Semoga informasi ini berguna bagi Anda. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

NHS. Tremor or shaking hands. URL: https://www.nhs.uk/conditions/tremor-or-shaking-hands/

Medical News Today. What does it mean if you have shaky hands?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322195

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>