5 Tanda Awal Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung


By Cindy Wijaya

Dengan semakin bekennya gaya hidup malas gerak dan konsumsi makanan cepat saji, masalah penyumbatan pembuluh darah makin banyak dialami anak muda usia 20-an. Penyumbatan pada pembuluh yang bertanggung jawab membawa darah beroksigen dari dan ke jantung dapat sangat berdampak pada kesehatan Anda. Bagaimana cara mengetahui tanda atau gejala penyumbatan pembuluh darah jantung?

Penyumbatan pembuluh darah paling utama disebabkan oleh penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah tersebut. Penumpukan plak ini dapat menyumbat sebagian atau seluruh aliran darah yang melewati pembuluh tersebut.

Tergantung pada seberapa parah penyumbatan pembuluh darah tersebut, gejala atau tanda yang ditimbulkan juga dapat bervariasi, dan awalnya mungkin tidak muncul di daerah sekitar jantung atau dada. Bacalah artikel ini sebagai cara untuk mengetahui apa saja gejala-gejala yang dapat menjadi tanda awal penyumbatan pembuluh darah dari dan ke jantung.

Agar informasi yang tertera akurat, kami mengambil sumber dari sejumlah situs web kesehatan yang bisa dipercaya. Anda bisa melihat sumber-sumber itu pada “sumber referensi” di bagian paling bawah.

Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung: Disfungsi Ereksi

Seorang pria yang kesulitan atau tidak bisa mencapai ereksi mungkin itu karena penyumbatan pembuluh darah di daerah panggul. Gejala semacam ini dapat muncul sebelum serangan jantung menyerang.

Rata-rata ada waktu 3 – 5 tahun antara munculnya gangguan disfungsi ereksi dan dideteksinya penyakit jantung koroner. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah ini, ada baiknya coba telusuri apa penyebab sebenarnya selagi masih ada waktu. Jangan dulu menggunakan obat kuat sebelum memastikan penyebab di balik disfungsi ereksi.

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung: Nyeri Betis Saat Berjalan

Keluhan ini disebut “klaudikasio”, yaitu nyeri akibat peredaran darah yang tidak lancar. Sebelum muncul penyakit koroner jantung kemungkinan akan terjadi penyumbatan pembuluh darah di kaki, terutama pada seorang perokok.

Ada baiknya periksakan gejala ini ke dokter. Dokter mungkin akan memeriksa denyut nadi di kaki Anda serta melakukan pengukuran tekanan darah dan aliran darah di kaki. Ingatlah bahwa gangguan jantung harus dideteksi sedini mungkin, selagi gejala-gejalanya masih mudah ditangani.

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung: Rahang Kaku

Gejala penyumbatan pembuluh darah jantung ini lebih sering dialami oleh wanita, tapi pria juga harus tetap waspada. Harvard Medical School menyebutka bahwa rasa nyeri dan sakit di rahang dan leher merupakan gejala umum dari angina, yang diakibatkan oleh buruknya peredaran darah ke jantung.

Rasa sakit itu muncul karena saraf vagus (saraf utama yang mengirimkan sinyal-sinyal saraf ke jantung) secara konstan melakukan kontak dengan leher, rahang, kepala, dan lengan kiri. Jadi ada baiknya kunjungi dokter sebagai cara untuk mengetahui apakah ini adalah tanda dari penyumbatan pembuluh darah jantung atau bukan.

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung
Credit Photo: yacobchuk1 / depositphotos

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung: Sakit Punggung Bawah

Sakit punggung bawah yang sering dirasakan orang-orang bisa jadi bukan sekadar tanda-tanda penuaan. Menurut Physicians Community for Responsible Medicine, sakit punggung sebelah bawah juga dapat menjadi tanda adanya penyumbatan pembuluh darah dari dan ke jantung akibat penumpukan plak.

Rasa sakit di punggung bawah bisa Anda rasakan apabila peredaran darah ke area tersebut berkurang sehingga melemahkan cakram-cakram yang melindungi tulang belakang Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah itu benar-benar tanda penyumbatan pembuluh darah jantung adalah dengan periksa ke dokter.

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung: Kebiasaan Merokok

Apa maksudnya kebiasaan merokok jadi gejala penyumbatan pembuluh darah jantung? Maksudnya, seseorang yang sering merokok lebih rentan untuk mengalami penyumbatan pembuluh jantung. Itu karena zat-zat kimia pada rokok merusak struktur dan fungsi dari pembuluh darah Anda dan akhirnya merusak fungsi jantung Anda.

Kerusakan ini memperbesar risiko Anda untuk mengalami penyakit aterosklerosis, yang merupakan salah satu gangguan jantung paling umum. Segeralah berhenti merokok apabila Anda khawatir dengan risiko ini.

Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah Sudah Menimbulkan Penyakit Jantung


Masalah penyumbatan pembuluh darah dari dan ke jantung yang dibiarkan tak tertangani akan menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah disebut “penyakit jantung koroner” atau “penyakit arteri koroner”.

Bagaimana cara mengetahui bahwa penyumbatan pembuluh darah sudah menimbulkan penyakit jantung ini? Perhatikanlah gejala-gejala di bawah ini:

  • Rasa sesak, berat, atau tertekan di dada
  • Sesak napas
  • Banyak mengeluarkan keringat
  • Merasa lemas
  • Pusing
  • Mual
  • Jantung berdebar-debar
  • Detak jantung tidak beraturan

Jangan abaikan gejala-gejala di atas. Apabila Anda merasa ada yang tidak beres dengan jantung Anda, sebaiknya segera periksa ke dokter. Semakin cepat perawatan dilakukan, semakin besar juga peluang Anda untuk pulih.

Herbal untuk Penyumbatan Pembuluh Darah

Pengobatan herbal cocok apabila tanda-tanda penyumbatan pembuluh darah belum berujung pada penyakit jantung. Herbal yang kami rekomendasikan untuk itu adalah Noni juice, yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Apa khasiat dari herbal ini?

Masalah penyumbatan pada pembuluh darah bisa digambarkan seperti saluran pipa yang tersumbat oleh kotoran yang mengendap. Agar lancar kembali, digunakanlah semacam cairan kimiawi untuk menghancurkan endapan tersebut.

Obat Herbal untuk Penyumbatan Pembuluh Darah

Khasiat Noni juice bisa disamakan seperti cairan tersebut. Noni bertindak sebagai penghancur “endapan kotoran” pada pembuluh darah yang tersumbat. Selain itu Noni juga berfungsi sebagai pelebar pembuluh darah yang menyempit, yang akan semakin melancarkan peredaran darah.

Jadi bisa dikatakan bahwa Noni memiliki khasiat ganda untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah, yaitu membersihkan sekaligus melebarkan pembuluh darah yang bermasalah.

Apakah Anda tertarik dengan khasiat Noni juice ini? Kami menganjurkan Anda untuk membacanya lebih lanjut di artikel ini: Noni Juice: Obat Penyumbatan Pembuluh Darah Alami.

Kesimpulan tentang Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung

Semakin awal gejala-gejala penyumbatan pembuluh darah jantung terdeteksi, maka semakin mudah juga masalah ini diatasi. Apa saja tanda-tanda yang perlu dicurigai? Antara lain disfungsi ereksi, nyeri betis saat berjalan, rahang kaku, sakit punggung bawah, dan kebiasaan merokok.

Karena gejala-gejala tersebut bisa saja disebabkan oleh masalah lain, bagaimana cara mengetahui bahwa mereka benar adalah tanda penyumbatan pembuluh darah jantung? Satu-satunya cara efektif untuk memastikannya ialah dengan periksa ke dokter.

Memang kemungkinan itu tidak disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah, tetapi lebih baik mengantisipasi daripada menyesal belakangan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang tanda penyumbatan pembuluh darah jantung. Semoga informasi ini membuat Anda semakin peduli dengan keluhan-keluhan yang dirasakan pada tubuh Anda.

Sumber

Sumber Referensi:

Kahn, Joel K. Subtle Signs You May Have Clogged Arteries. Updated: 2019-11-04. URL: https://www.thehealthy.com/heart-disease/clogged-arteries-silent-signs/. Accessed: 2020-02-12

Healthline. Coronary Artery Disease Symptoms. Reviewed: 2018-01-19. URL: https://www.healthline.com/health/coronary-artery-disease/symptoms. Accessed: 2020-02-12

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}