Noni Juice: Obat Penyumbatan Pembuluh Darah Alami

127
Noni, Obat Alami untuk Penyumbatan & Penyempitan Pembuluh Darah
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: SOMMAI / Shutterstock)

Diedit:

Masalah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah tidak boleh terus dibiarkan berlarut-larut. Banyak penderita penyakit jantung atau stroke awalnya bermula dari masalah ini. Apakah Anda salah seorang yang juga mengalami masalah serupa? Apakah Anda sedang mencari herbal untuk obat penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah yang alami?

Herbal Noni juice adalah pilihan yang masuk akal sebagai solusi alami untuk mengatasi gangguan pada pembuluh darah. Herbal asli Indonesia ini sudah teruji oleh waktu dan telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengapa Noni pantas dipertimbangkan menjadi obat alami untuk penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah Anda. Malah, herbal ini dapat dikatakan sebagai obat alami yang punya khasiat lengkap untuk gangguan pada pembuluh darah.

Mengapa? Gangguan pada pembuluh darah dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Jadi supaya suatu jenis herbal bisa dianggap bermanfaat, maka herbal itu harus dapat mengatasi sekaligus beberapa penyebab tersebut.

Apa saja yang dapat menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah? Berbagai sumber medis menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga masalah kesehatan utama yang bisa memicu gangguan itu, yakni kolesterol tinggi, darah tinggi, dan vasokonstriksi.

Jadi agar layak dijadikan obat alami untuk penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah, maka herbal Noni juice harus punya kemampuan untuk mengatasi tiga masalah tersebut. Mari kita lihat bagaimana Noni terbukti sanggup menangani masing-masing masalah kesehatan itu.

Masalah Kesehatan Pertama: Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat yang ada secara alami di dalam darah kita, serta diperoleh dari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi. Apabila jumlah kadar kolesterol di dalam darah sudah berlebihan, khususnya LDL yang disebut kolesterol “jahat”, itu akan merusak lapisan tipis pada dinding pembuluh darah arteri.

Jika lapisan ini rusak, akan muncul semacam “lubang” atau “celah” pada bagian dalam pembuluh arteri. Sewaktu kolesterol LDL melintasi pembuluh yang lapisan dindingnya sudah rusak, kolesterol bisa menyelip ke celah-celah di dinding pembuluh arteri itu. Ini memicu reaksi pertahanan alami dari sel-sel darah putih untuk masuk ke aliran darah dan memakan kolesterol di sana.

Baca juga:  Penyempitan Pembuluh Darah: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Namun jika keadaan ini terus-menerus berlangsung hingga bertahun-tahun, maka kolesterol dan sel-sel putih akan bercampur dan berubah menjadi plak di dinding pembuluh arteri. Plak tersebut kemudian membentuk semacam benjolan di dinding arteri.

Seiring waktu benjolan itu bisa membesar dan semakin menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dan proses ini dapat berlangsung di seluruh bagian tubuh Anda. Pada akhirnya, masalah ini akan mengakibatkan penyakit serius yang terkait penyumbatan pembuluh darah, seperti serangan jantung, stroke, dan kematian pada jaringan-jaringan tubuh.

Noni Menurunkan Kolesterol dalam Darah


Dilakukan sebuah pengujian ilmiah pada tahun 2014 oleh Grace Santhy Sasnan dan rekan-rekannya untuk melihat kemampuan Noni dalam menurunkan kolesterol. Yang ikut serta dalam pengujian ini ialah pria dan wanita usia di atas 30 tahun yang telah didiagnosis memiliki hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi). Selama 2 minggu (14 hari) mereka diberikan ekstrak Noni sebanyak 1 gram setiap hari.

Bagaimana hasilnya? Perbandingan hasil tes kolesterol dalam darah (lipid profile) pada sebelum dan sesudah pengujian memperlihatkan adanya penurunan rata-rata kadar kolesterol LDL dan kolesterol total dari para peserta.

Untuk rata-rata kadar kolesterol LDL tercatat penurunannya sebesar 15,5% (33,0 mg/dL), dan untuk rata-rata kadar kolesterol total penurunannya sebesar 13,8% (26,6 mg/dL). Hasil ini menjadi dasar ilmiah untuk menunjukkan bahwa herbal Noni punya kemampuan sebagai obat alami penurun kolesterol, sehingga turut mengatasi masalah penyumbatan pembuluh darah.

Masalah Kesehatan Kedua: Darah Tinggi

Tekanan darah di atas angka 120 per 80 sudah tergolong tinggi. Semakin tinggi angka tekanannya, maka semakin besar juga tekanannya pada dinding-dinding pembuluh arteri. Bila dibiarkan terus terjadi, tekanan yang berlebihan itu dapat merusak lapisan di dinding-dinding arteri.

Jika lapisan dinding-dinding arteri sudah rusak, maka prosesnya bisa menjadi sama seperti di atas. Pada dinding-dinding arteri akan muncul “celah” atau “lubang” yang bisa dimasuki kolesterol LDL. Lalu sel-sel darah putih akan bereaksi dan masuk ke dalam aliran darah untuk memerangi LDL.

Baca juga:  Inilah Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah yang Mesti Diwaspadai!

Kemudian sel-sel darah bisa bercampur dengan kolesterol dan membentuk plak di dinding arteri. Seiring waktu plak semakin banyak terbentuk dan terus menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika dibiarkan berlarut-larut, Anda bisa mengalami serangan jantung, stroke, atau penyakit-penyakit serius lain akibat penyumbatan pembuluh darah.

Noni Menurunkan Tekanan Darah


Sebuah penelitian ilmiah pada tahun 2008 dilakukan oleh Afa Kehaati Palu dan rekan-rekannya untuk meninjau manfaat Noni juice dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Selama penelitian dilakukan pengujian selama 4 minggu untuk menguji manfaat Noni ini.

Para pesertanya ialah pria dan wanita berusia 28 – 56 tahun, telah didiagnosis memiliki hipertensi, dan tidak sedang mengonsumsi obat darah tinggi resep. Selama 4 minggu mereka diminta meminum sekitar 60 ml Noni juice, dua kali sehari, sebelum makan pagi dan makan malam.

Bagaimana hasilnya? Perbandingan tes tensi darah pada sebelum dan sesudah pengujian menunjukkan adanya penurunan rata-rata tekanan darah pada para peserta. Rata-rata tekanan darah mereka sebelum memulai pengujian yaitu 144 per 83. Setelah pengujian, rata-rata hasil tensi mereka turun menjadi 132 per 76.

Para peneliti menjelaskan bahwa efek penurun tekanan darah tersebut kemungkinan berasal dari kemampuan Noni juice untuk menghambat Angiotensin Converting Enzyme (ACE) serta untuk mengikatkan diri sekaligus menghambat reseptor AT1.

Diketahui bahwa ACE serta reseptor AT1 merupakan agen pemicu terjadinya penyempitan pembuluh darah dan kenaikan tekanan darah. Berbekal kemampuannya ini, herbal Noni bukan hanya efektif untuk obat darah tinggi alami, tetapi juga untuk mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Masalah Kesehatan Ketiga: Vasokonstriksi

Vasokonstriksi adalah kondisi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke bagian-bagian tubuh tertentu. Sebenarnya vasokonstriksi adalah proses alami tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu.

Tetapi apabila vasokonstriksi terus terjadi dalam waktu lama, maka dapat memicu hipertensi, detak jantung tak beraturan, disfungsi ereksi, hingga serangan jantung atau stroke. Ada cukup banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi ini. Namun yang paling umum ialah makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi.

Makanan dan minuman pemicu vasokonstriksi yaitu yang mengandung kafein, mengandung banyak garam, banyak kolesterol, dan banyak karbohidrat. Kadang kondisi ini juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat atau zat tertentu.

Noni Melebarkan Pembuluh Darah


Sebuah riset ilmiah yang dilakukan pada tahun 2018 oleh Arum Reyan Safitri dan Rita Ismawati menganalisis keefektifan teh buah Noni dalam menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi. Selama meriset, mereka menemukan bahwa Noni punya fungsi sebagai vasodilator (melebarkan pembuluh darah) sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Mereka menjelaskan bahwa fungsi vasodilator itu berasal dari senyawa aktif di dalam buah Noni, bernama scopoletin. Dalam 1 gram buah Noni terkandung sebanyak 290,02 ppm scopoletin.

Cara kerja scopoletin sebagai vasodilator ialah dengan merelaksasi (mengendurkan) otot-otot polos pada dinding pembuluh darah sehingga terjadi vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah). Sebenarnya selain scopoletin ada juga kandungan Noni lain yang membantu mengatasi vasokonstriksi.

Opinion of the Scientific Committee on Food on Tahitian Noni™ juice menuliskan bahwa di dalam 100 gram produk Tahitian Noni juice terdapat asam amino arginine sebanyak 30-44 mg. Asam amino arginine merupakan prekursor (pendahulu) untuk nitric oxide. Itu artinya Noni juice dapat membantu tubuh untuk memproduksi nitric oxide.

Nitric oxide juga berfungsi sebagai vasodilator untuk merelaksasi otot-otot pada bagian dalam dinding pembuluh darah, sehingga mereka melebar dan melancarkan peredarah darah. Jadi dengan fungsi dari kandungan senyawa scopoletin dan arginine, herbal Noni mampu menjadi obat alami pelebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan penyumbatan.

Noni Juice Obat Alami Penyumbatan & Penyempitan Pembuluh Darah yang Efektif

Gangguan penyumbatan pada pembuluh darah bisa disamakan seperti saluran pipa yang tersumbat oleh endapan kotoran. Supaya saluran pipa lancar lagi, diberikanlah semacam cairan kimiawi untuk menghancurkan endapan kotoran itu.

Noni Juice Obat Pembersih Penyumbatan & Penyempitan Pembuluh Darah

Herbal Noni dapat bertindak bagaikan cairan penghancur endapan kotoran itu. Noni dapat “membersihkan” masalah kolesterol tinggi dan darah tinggi yang menyebabkan endapan-endapan plak penyumbat pembuluh darah. Namun kemampuan Noni lebih dari sekadar pembersih “saluran” pembuluh darah.

Noni juga dapat berfungsi sebagai vasodilator yang artinya mampu melebarkan kembali pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan begitu herbal Noni juice punya khasiat lengkap, yaitu sebagai obat alami untuk penyumbatan maupun untuk penyempitan pembuluh darah.

Efek Noni pada pembuluh darah umumnya bisa mulai dirasakan dalam waktu 1 – 2 bulan atau kurang. Dalam waktu tersebut banyak pengguna Noni juice yang mulai merasakan bahwa masalah kolesterol tinggi dan darah tinggi mereka sudah membaik.

Jadi apabila Anda ingin mencoba obat alami untuk gangguan penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah, pertimbangkanlah manfaat lengkap dari Noni juice yang dijelaskan di artikel ini. Apalagi herbal ini adalah satu-satunya herbal yang telah teruji oleh waktu manfaatnya untuk menangani berbagai jenis penyakit. Juga didukung oleh beragam riset ilmiah yang komprehensif, yang melibatkan para ahli dari banyak bidang kesehatan.


Referensi Noni Juice Obat Alami Penyumbatan & Penyempitan Pembuluh Darah:

Sasnan, Grace Santhy, dkk. (2014). Effect of Morinda citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 13(8): 1319-1326. DOI: 10.4314/tjpr.v13i8.17

Palu, Afa Kehaati, dkk. (2008). The Effects of Morinda citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. Functional Food and Health. 39: 446-453. DOI: 10.1021/bk-2008-0993.ch039

Safitri, Arum & Ismawati, Rita. (2018). Efektifitas Teh Buah Mengkudu dalam Menurunkan Tekanan Darah Lansia dengan Hipertensi. Amerta Nutrition 2018: 163-171. DOI: 10.2473/amnt.v2i2.2018.163-171


Advertisement
Alinesia