Share:

Terakhir Diedit:

Tahukah Anda bahwa setelah kanker tenggorokan diperiksa, langkah selanjutnya yang dokter lakukan ialah menentukan jangkauan, atau stadium kanker tenggorokan. Mengetahui stadium kanker nasofaring akan membantu Anda dalam menentukan pilihan pengobatan kanker. Juga menentukan kanker tenggorokan stadium 1, kanker tenggorokan stadium 2, kanker tenggorokan stadium 3, atau kanker tenggorokan stadium 4.

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker tenggorokan yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker nasofaring ditetapkan!

Stadium Kanker Tenggorokan – (Stadium Kanker Nasofaring)


Stadium merupakan istilah onkologi yang digunakan untuk menentukan di mana letak kanker tenggorokan dan berapa luas penyebarannya. Setelah tahap kanker tenggorokan ditentukan sesuai dengan ciri-ciri kanker tenggorokan, barulah dokter dapat merekomendasikan pengobatan tertentu.

Tahapan kanker tenggorokan biasanya diawali dengan angka Romawi I sampai IV. Setiap sub kategori kanker tenggorokan memiliki kriteria tersendiri untuk setiap tahapannya. Secara umum, stadium I kanker tenggorokan menunjukkan tumor yang lebih kecil dan masih terbatas pada satu area tenggorokan. Stadium selanjutnya menunjukkan tingkat keparahan kanker, hingga stadium IV merupakan tingkat yang paling parah dari serangan kanker.

Stadium kanker tenggorokan sepenuhnya dinilai dengan evaluasi klinis dan studi pencitraan guna menentukan stadium kanker. Stadium kanker nasfaring bisa menjadi panduan prognosis (outlook for cure). Kanker tahap awal seringkali dapat diobati dengan operasi atau radiasi, sementara kanker stadium lanjut mungkin memerlukan terapi kombinasi.

Sistem TNM


Sebagian besar ahli kanker menggunakan sistem yang dikembangkan oleh American Joint Committee on Cancer, dikenal sebagai sistem stadium TNM.

T – merupakan singkatan dari kata tumor yang memaksudkan seberapa besar ukuran tumor (Primer) dan letak keberadaannya. N – merupakan singkatan dari kata node atau kelenjar getah bening yang memaksudkan penyebaran tumor menuju kelenjar getah bening di sekitar serangan kanker. M – merupakan singkatan dari metastasis yang memaksudkan penyebaran kanker menuju organ tubuh lainnya.

Baca juga  Penyebab Kanker Tenggorokan Yang Perlu Diwaspadai

Kanker yang muncul pada saat serangan awal disebut dengan kanker primer. Kanker bisa menyebar dari tempat awal serangan ke bagian tubuh yang lain, kanker demikian sering disebut dengan istilah kanker sekunder. Penting untuk dipahami bahwa bahkan jika kanker tenggorokan ditemukan di bagian lain tubuh Anda karena hasil penyebaran sel kanker.

Maka, ini tetap disebut kanker tenggorokan. Misalnya, jika kanker usus besar telah menyebar ke hati, itu disebut kanker kolon metastatik (istilah lain dari metastasis yang berarti penyebaran), bukan kanker hati. Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang stadium kanker nasofaring dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi pengobatan Anda.

Berikut penjelasan kanker tenggorokan stadium 1, kanker tenggorokan stadium 2, kanker tenggorokan stadium 3, atau kanker tenggorokan stadium 4. – Sumber: Throat Cancer Stages

Kanker Tenggorokan Stadium 1

Pada Kanker Tenggorokan Stadium 1 diketahui bahwa ukuran sel kanker ialah kurang dari 7 cm yang masih berada di tenggorokan.

Kanker Tenggorokan Stadium 2

Pada Kanker Tenggorokan Stadium 2 diketahui bahwa ukuran sel kanker telah tumbuh lebih besar namun tetap berada di dalam tenggorokan. Berdasarkan pemeriksaan belum terlihat adanya penyebaran sel kanker menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya.

Kanker Tenggorokan Stadium 3

Pada Kanker Tenggorokan Stadium 3 diketahui bahwa ukuran kanker telah tumbuh melampaui tenggorokan dan sekarang mungkin sudah menyebar ke jaringan atau organ terdekat. Kanker bisa jadi sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.

Kanker Tenggorokan Stadium 4

Pada Kanker Tenggorokan Stadium 4 diketahui bahwa ukuran sel kanker bisa bermacam-macam dan telah tumbuh di luar tenggorokan. Kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening atau organ yang lebih jauh.

Membuat keputusan perawatan yang bijak dimulai dengan mengetahui stadium atau perkembangan dari penyakit ini. Stadium kanker tenggorokan merupakan salah satu faktor terpenting dalam mengevaluasi pilihan pengobatan kanker tenggorokan yang tersedia.

Baca juga  Pencegahan Kanker Tenggorokan Yang Dapat Dilakukan

Jika Anda mencurigai keberadaan kanker tenggorokan, cobalah untuk segera melakukan pemeriksaan medis di tempat yang tepercaya. Demikianlah ulasan kanker tenggorokan stadium 1, kanker tenggorokan stadium 2, kanker tenggorokan stadium 3, atau kanker tenggorokan stadium 4.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.