Penyebab kanker tenggorokan atau penyebab kanker nasofaring dikarenakan oleh mutasi atau perubahan sel-sel  tenggorokan. Mutasi ini menyebabkan sel sehat terus menggandakan diri dalam jumlah besar dan tidak terkontrol sebagai pemicu kanker tenggorokan atau pemicu kanker nasofaring.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker nasofaring. Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Tenggorokan –  (Penyebab Kanker Nasofaring)


Padahal sel sehat seharusnya melewati proses ‘kematian’ sebelum digantikan oleh sel sehat yang baru. Keadaan tidak normal ini sangat berbahaya, sehingga menimbulkan benjolan dan sering disebut ‘daging tumbuh’. Jika pertumbuhan sel tidak normal ini tergolong jinak – disebut sebagai tumor, sedangkan pertumbuhan yang ganas dan menyebar – disebut sebagai kanker.

Para ahli medis dan dokter tidak mengetahui penyebab yang jelas dari terjadinya mutasi genetika tersebut. Namun, mereka berhasil menemukan berbagai faktor yang memperbesar risiko seseorang untuk terkena kanker tenggorokan.

Awalnya sel tumor hanya menyerang 1 bagian tubuh saja, namun lama-kelamaan saat serangan bertambah ganas hal ini dapat menyerang organ terjauh lainnya, melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga serangan kanker tak dapat dihentikan secara alami. Itu hanyalah salah satu ciri-ciri kanker tenggorokan.

Genetika Sebagai Penyebab Kanker Tenggorokan


Memang ada beberapa faktor bawaan yang sulit dihindari seperti genetika, maksudnya Anda memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker. Sekalipun ini adalah faktor yang sulit dihilangkan, Anda sebenarnya dapat menekan kemunculan sel kanker dalam tubuh Anda dengan menghindari faktor pemicu kanker nasofaring lainnya yang akan kita bahas dalam artikel ini!

Makanan Berlemak Sebagai Penyebab Kanker Tenggorokan


Seperti apa faktor pemicu kanker tenggorokan yang bisa Anda waspadai? Secara umum, kanker terjadi karena kurang asupan buah dan sayuran yang seimbang. Beberapa orang yang gemar mengonsumsi makanan berlemak, daging yang berwarna merah (contohnya; sapi), dan produk susu – juga dapat berisiko mengidap kanker tenggorokan.

Nikotin Sebagai Penyebab Kanker Tenggorokan


Tak hanya itu, kanker tenggorokan juga dapat terjadi karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan mengisap rokok. Kandungan nikotin dalam rokok dan Acetaldehyde dalam alkohol adalah kombinasi yang cocok bagi keberadaan kanker.

Baca juga  Kanker Tenggorokan

Virus Sebagai Penyebab Kanker Tenggorokan


Adapula kondisi medis tertentu yang juga menjadi pemicu kanker tenggorokan, seperti; keberadaan human papilloma virus (HPV) yang menginfeksi tenggorokan dapat menyebabkan kanker orofaringeal. Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) berupa naiknya asam lambung ke tenggorokan dapat menjadi pemicu lainnya. Sama halnya dengan penularan virus Epstein-Barr (EBV) melalui air liur.

Maka hentikan kebiasaan berbagi makanan atau minuman dengan peralatan yang sama. Begitu pula dengan kebiasaan melakukan aktivitas seks oral yang berisiko membawa berbagai penyakit. – Sumber: Throat Cancer Causes

Jika Anda sudah mengetahui penyebab kanker tenggorokan, apa yang perlu Anda lakukan? Tentu saja, setiap orang yang ingin hidup sehat dan terhindar dari kanker akan berupaya menghindari pemicu kanker tenggorokan.

Kembangkan kebiasaan hidup yang sehat sejak awal, asupan buah dan sayuran memang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker tenggorokan, namun Anda tetap perlu waspada sewaktu memilihnya – hindari sayuran dan buah yang telah terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang justru menjadi penyebab kanker. Pilihlah yang benar-benar segar dan baru.

Jangan biarkan makanan Anda terkontaminasi dengan udara polusi dan jagalah kondisi tenggorokan Anda tetap bersih. Hindari apapun yang dapat melukai tenggorokan, termasuk makan ‘gorengan’ yang tampaknya lezat dan menggoda Anda untuk mencicipinya.

Tak ada istilah, ‘kalau sedikit tidak apa-apa’ – ingatlah ‘sedikit-sedikit lama-kelamaan menjadi bukit’. Apakah Anda ingin menumpuk beragam pemicu penyakit dalam tubuh Anda, seperti kanker tenggorokan? Tentu tidak, Anda juga perlu mengetahui jenis obat kanker tenggorokan alami guna melengkapi persiapan Anda dalam menghadapi kanker.

😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1