Share:

Tahukah Anda bahwa kanker tenggorokan sering dianggap sebagai bentuk kanker yang paling serius? Kanker ini berkembang di tenggorokan dan menghalangi seluruh bagian, khususnya saat penyakit ini berkembang. Bagaimana pencegahan kanker tenggorokan atau pencegahan kanker nasofaring dilakukan?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi seputar pencegahan kanker tenggorokan, mulai dari menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, meningkatkan konsumsi sayuran, serta mewaspadai keberadaan virus. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Pencegahan Kanker Tenggorokan – (Pencegahan Kanker Nasofaring)


Sel ganas tumor ini menyerang lapisan dalam tenggorokan sehingga terjadi penyumbatan. Pada tahap selanjutnya, tumor merusak kelenjar getah bening dan bagian tubuh lainnya. Pencegahan kanker nasofaring bisa dilakukan dengan menghindari penyebab tumor.

Menurut sebuah penelitian antara 30-50% dari semua kasus kanker dapat dicegah. Pencegahan kanker tenggorokan merupakan strategi jangka panjang yang paling efektif dalam mengendalikan pertumbuhan kanker.

Kebijakan dan program nasional harus dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran, mengurangi paparan faktor risiko kanker dan memastikan bahwa masyarakat diberi informasi dan dukungan yang mereka butuhkan untuk menerapkan gaya hidup sehat.  – Sumber: Throat Cancer Prevention

Sebenarnya tidak ada cara yang terbukti benar-benar mampu mencegah terjadinya kanker tenggorokan seutuhnya. Tapi untuk mengurangi risiko kanker tenggorokan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini!

Berhenti Merokok Sebagai Pencegahan Kanker Tenggorokan


Ketahuilah bahwa sekitar 60% kanker faring dan laring di Australia disebabkan oleh merokok. Berhenti merokok atau jangan pernah mencoba untuk merokok. Jika Anda merokok, berhentilah merokok mulai dari sekarang. Jika Anda tidak merokok, jangan pernah coba untuk memulainya. Mengapa? Karena berhenti merokok bisa sangat sulit untuk dilakukan, bisa jadi Anda membutuhkan bantuan ekstra dari orang-orang disekitar Anda.

Baca juga  Obat Kanker Tenggorokan Tradisional Terbaik Khas Indonesia

Cobalah untuk mendiskusikannya bersama dengan dokter sehubungan dengan manfaat dan strategi berhenti merokok yang aman. Strategi pengobatan, produk pengganti nikotin dan konseling dapat dilakukan atas bimbingan dokter.

Kendalikan Konsumsi Alkohol Sebagai Pencegahan Kanker Tenggorokan


Sedangkan sekitar 30% kanker tenggorokan di Australia disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih. Alkohol juga merupakan faktor risiko penting pemicu kanker. Orang yang minum lebih dari jumlah yang disarankan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kanker. Untuk mengurangi risiko terkena kanker tenggorokan, maka konsumsi alkohol harus dihentikan atau dikurangi menjadi 1 kali minum per hari.

Untuk orang dewasa yang sehat, ini dapat berarti minum satu gelas sehari. Begitu pula dengan wanita dari semua umur dan pria berusia diatas 65 tahun. Bagi pria yang lebih muda konsumsi alkohol dua gelas sehari masih diterima.

Tingkatkan Konsumsi Sayuran dan Buah Sebagai Pencegahan Kanker Tenggorokan


Pilihlah makanan sehat yang penuh dengan buah serta sayuran. Buah dan sayuran segar yang mengandung vitamin dan antioksidan yang direkomendasikan dalam meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko terkena kanker. Orang yang merokok atau minum alkohol biasanya mengalami kekurangan vitamin di tubuh mereka, ini juga salah satu alasan penyebab kanker tenggorokan.

Jadi, diet sehat dengan nutrisi yang tepat bisa membantu orang mengurangi risiko penyakit. Vitamin dan antioksidan dalam buah maupun sayuran dapat mengurangi risiko kanker tenggorokan. Makanlah berbagai buah dan sayuran segar yang menyehatkan.

Konsumsi berlebihan makanan yang tidak sehat juga bisa memicu serangan kanker. Oleh karena itu hindarilah konsumsi junk food dan disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau yang mengandung anti oksidan guna mengurangi risiko terjadinya kanker.

Baca juga  Pengobatan Kanker Tenggorokan Yang Tersedia

Waspadai Keberadaan HPV Sebagai Pencegahan Kanker Tenggorokan


Lindungi diri Anda dari HPV. Beberapa kanker tenggorokan diduga disebabkan oleh infeksi menular seksual yang dikarenakan oleh human papilloma virus (HPV). Anda dapat mengurangi risiko HPV dengan membatasi jumlah pasangan seksual dan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks. Pertimbangkan pula vaksin HPV, yang telah tersedia untuk anak laki-laki, anak perempuan, dan wanita muda dan pria di beberapa negara maju.

Pencegahan kanker tenggorokan telah menjadi masalah serius, karena banyak orang tidak menyadari gejala dan penyebab penyakit ini. Langkah-langkah pencegahan kanker nasofaring yang disebutkan di atas tidak hanya akan membantu Anda menghindari kanker tenggorokan, tapi juga akan membantu Anda dalam menjalani gaya hidup sehat. Jika belum yakin juga, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kanker tenggorokan.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.